Ads

Jumat, 15 April 2011

Menebak Usia Mumi

Ini cerita beberapa tahun yang lalu, sewaktu jaman orde baru .Cerita tentang sayembara menebak usia mumi di Giza, Mesir .Puluhan negara diundang oleh pemerintah Mesir, untuk mengirimkan tim ahli paleoantropologi-nya yang terbaik . Tapi,Indonesia lain dari yang lain, namanya juga jaman orde baru yang waktu itu masih bergaya represif misalnya penculikan aktivis. Pemerintah mengutus seorang Komandan Intel dari sebuah Kodam


Tim Yunani tampil pertama kali membawa peralatan mutakhir, ukur sana ukur sini, catat ini dan itu, kemudian menyerah tidak sanggup .Pakar Inggris perlu waktu yang lama, tapi taksirannya keliru .Tim Jerman menyatakan usia mumi itu tiga ribu dua ratus tahun (3200) lebih sedikit, juga salah .Tim Jepang juga menyebut di seputar angka tersebut, salah juga.Tim Amerika keok. Semua negara nyerah.


Giliran dari Indonesia maju, Komandan Intel ini bertanya pada panitia :


"Bolehkah dia memeriksa mumi itu di ruangan tertutup,"


"Boleh, silahkan," Jawab panitia.


Lima belas menit kemudian, dengan tubuh berkeringat pak komandan itu keluar dan mengumumkan temuannya kepada tim juri.


"Usia mumi ini lima ribu seratus dua puluh empat tahun tiga bulan tujuh hari," Katanya dengan lancar, tanpa keraguan sedikit pun.


Ketua dan seluruh anggota tim juri terbelalak dan saling berpandangan, heran dan kagum. Jawaban itu tepat sekali!! Bagaimana mungkin pakar dari Indonesia ini mampu menebak dengan tepat dalam waktu sesingkat itu dan tanpa alat-alat canggih? Hadiah pun diberikan. Ucapan selamat mengalir dari segala penjuru. Pemerintah bangga bukan kepalang.


Menjelang kembali ke Indonesia, di lobby hotel, sang Komandan dikerumuni wartawan dalam dan luar negeri.


"Anda luar biasa," kata mereka .


"Bagaimana cara anda tahu dengan persis usia mumi itu?"


Komandan Intel itu dengan enteng menjawab :


"Saya gebuki, ngaku dia."

Tidak ada komentar: