Ads

Sabtu, 16 April 2011

Java Applet tidak Jalan di Firefox

Setelah Update ke Firefox terbaru, tepatnya Mozilla Firefox 3.6, Mozilla Firefox saya tidak bisa menjalankan java applet. Mozilla Firefox seakan-akan tidak mengenali Java yang telah terinstall di komputer saya. Padahal saat saya menggunakan Browser lain untuk browsing internet, saya sama sekali tidak menemukan masalah ini.


Akhirnya setelah googling ke sana dan ke sini, saya menemukan masalahnya.


Mulai Mozilla Firefox 3.6, Mozilla Firefox hanya bisa menjalankan aplikasi Java Applet jika dan hanya jika plugin ( add ons ) Java di Mozilla Firefox di aktifkan. Nah pertanyaannya dari mana kita bisa mendapatkan plugin tersebut?


Plugin untuk menjalankan Java Applet di firefox bisa di dapatkan dari installasi jre ( java runtime evironment ) itu sendiri. Tapi JRE-nya sendiri khusus Java 6 update 15 dan setelahnya. Jadi jika Java Anda ada di bawah itu, maka kemungkinan nasib Anda sama seperti saya, tidak bisa menggunakan java applet di firefox. Solusinya, cukup download JRE terbaru saja.


Download JRE bisa di lakukan di http://java.com/download/ , saat ini saya sudah update yang ke 21. Download yang off line isntaller saja, jadi gak pake lama install-nya dan kemungkinan berhasilnya lebih tinggi. Setelah Java terupdate di install, cukup restart Mozille Firefox anda, maka setelah itu dia akan mengenali plugin java.


Ok itu saja, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: