Ads

Jumat, 15 April 2011

Software Game Sudoku ( Create in Visual Basic 6.0 )

Mungkin temen-temen ingat saya pernah bilang kalo saya akan buat game Sudoku. Bagi yang lupa, coba cek di sini untuk merefresh ingatan teman-teman. Nah, sebenarnya saya telah selesai membuat game ini, tapi sayangnya, walau sudah jadi secara inti permainan, tetapi sebenarnya game ini masih bisa di tingkatkan. Yang masih saya bingung adalah, bagaimana membuat soal yang valid untuk suatu Sudoku, karena walaupun di sini game yang saya buat sudah pasti ada jawabannya, tetapi saya masih belum tau apakah jawaban tersebut bisa di dapatkan dengan tanpa mencoba-coba.


Lalu saya juga bingung soal bagaimana menentukan difficulty dari suatu Sudoku. Seperti apakah Sudoku yang sulit, seperti apakah Sudoku yang mudah. Kemungkinan hal ini nantinya harus saya dapatkan dari bank soal sudoku, tetapi saya tidak punya Bank Soalnya. Kalo ada yang punya dan mau share, nanti akan saya usahakan saya buat yang ada difficulty-nya.




Perlu di ingakan bahwa jawabannya tidak perlu di sediakan jawabannya, saya sendiri bisa cari Algoritmanya di internet. Yang penting soalnya sudah ada.


oK, Langsung saja, bagi Anda yang ingin mencoba Sudoku buatan saya, bisa di unduh / download di link ini.


Beberapa keterangan dalam Game Sudoku ini:


Untuk Layar Utama, Anda di sini tinggal mengklik kolom yang kosong, dan tinggal isi angka yang di inginkan.


* tombol Hint adalah untuk mengisi Kolom kosong dengan jawaban pasti.


* Tombol Resign di gunakan untuk berhenti bermain dan menggunakan soal yang lain


* Check error di gunakan untuk menentukan petunjuk




  • Full : Jika Anda mengisi angka yang salah pada suatu kolom, maka Jawaban Anda akan merah, jika benar maka akan berwarna hitam

  • Semi : Jawaban Anda akan berwarna merah jika tidak mengikuti kaidah sudoku, teks tetap akan hitam walaupun Anda mengisi kolom dengan jawaban yang salah, jika saja teks itu tidak melanggar kaidah sudoku

  • Off : Jawaban akan tetap berwarna hitam


Ok itu saja, semoga bermanfaat

Note :

Game Sudoku ini saya deklarasikan sebagai Free Game / Free Ware. Anda bisa kirim game ini kemana saja, tetapi ingat bahwa saya tidak bertanggung jawab terhadap game ini. Apapun effect ( baik atau buruk ) yang di berikan kepada Anda / Komputer Anda / dan lainnya oleh game ini ( secara langsung / tidak langsung ), di luar tanggung jawab saya.


Game ini boleh di sebarkan ataupun tidak, semua terserah Anda. Pastikan game ini tidak di otak atik atau di olah ulang. Buatnya simpel kok.


Thanks

2 komentar:

Shandy De Reckle mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Shandy De Reckle mengatakan...

bagi project samplenya dunk gan... lagi ada tugas kuliah ni... theanks...