Ads

Jumat, 22 April 2011

[Anime Review] Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack

Anime Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack merupakan kelanjutan dari Gundam ZZ ( Gundam Double Zeta ), tepatnya bersetting di Tahun 0093 Universal Centuries, 5 tahun setelah gerakan Neo Zeon di hentikan.


Di film ini, Char Aznable mencoba memaksa penghuni bumi agar meninggalkan bumi untuk pindah ke koloni luar angkasa dengan maksud agar bumi tidak bertambah rusak oleh tangan manusia. Untuk memaksa mereka pergi, Char Aznable mengancam akan menimbulkan kiamat di bumi, yaitu dengan cara menabrakan mining colony Axis dengan bumi.


Untuk menghentikan Char, Earth Federation mengirimkan sebuah pesawat dengan nama Londo Bell untuk menghadang Char Aznable. Kapten pewasat Londo Bell bukan lain adalah sang legenda, Bright Noa. Karakter yang selalu muncul di trilogi Gundam sebelumnya. Bukan hanya Bright Noa saja legenda yang ada di pesawat itu. Di Londo Bell juga terdapat seorang Amuro Ray, pahlawan dari Mobile Suit Gundam ( First Gundam ) yang juga muncul sebagai pahlawan dalam Gundam Zeta.


Amuro Ray, walaupun jasa-jasanya begitu besar, tetapi sampai saat ini masih berpangkat letnan dalam Earth Federation. Hal ini dikarenakan sampai saat ini, Earth Federation masih belum percaya sepenuhnya kepada New Types.


Pertempuran Antara Londo Bell dengan Neo Zeon bentukan Char Aznable cukup seru. Apalagi di sini, bertempurlah Rival yang sudah bersaing sekitar 14 tahun antara Amuro Ray dengan Char Aznable. Di film ini, Char Aznable menggunakan Mobile Suit MSN-04 Sazabi sementara Amuro Ray menggunakan Mobile Suit RX-93 Nu Gundam ( Yang lebih dikenal dengan Nama Nu Gundam saja ).


Bagi saya film ini cukup memuaskan. Di film ini tampak terlihat bahwa Char Aznable sudah lelah dan putus asa karena tampaknya semua cara sudah ia lakukan untuk melindungi bumi dari kerusakan. Karakter Amuro Ray di sini sudah sangat dewasa dan bijak. Bright Noa juga tampaks semakin wise.


Film ini mungkin adalah Film Final dari perselisihan yang selalu terjadi antara Zeon dengan Earth Federation dan antara Char Aznable dan Amuro Ray. Yang sulit disini adalah, Anda seakan-akan sudah mengenal kedua karakter ini dengan sangat baik sehingga Anda selalu berharap bahwa bisa terjadi perdamaian antara mereka berdua.


Cerita film ini cukup memuaskan dan pertempurannya juga tidak membosankan. Cukup baiklah, tetapi ending-nya bagi saya kurang memuaskan dan sedikit menggantung. Tapi ya itulah ciri khas Gundam.


Ok itu saja review dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: