Ads

Jumat, 15 April 2011

[Anime Review] Mobile Suit Zeta Gundam ( Gundam 0087 )

Mungkin Anda masih ingat dengan Review Saya terhadap Anime Mobile Suit Gundam ( First Gundam / Gundam 0079 ). Nah, Kali ini saya akan mereview sequel dari Anime tersebut yang berjudul Mobile Suit Zeta Gundam.


Anime Mobile Suit Zeta Gundam, ceritanya bersetting di delapan tahun setelah kejadian dari Anime First Gundam, tepatnya di tahun 0087, oleh karena itu, Mobile Suit Zeta Gundam juga dikenal dengan sebutan Gundam 0087.


Di akhir Gundam 0079, Pesawat Luar Angkasa White Base yang dipimpin Bright Noa dan tentara Earth Federation Space Force (EFSF) lainnya berhasil mengalahkan Zeon, dengan begitu perang akhirnya berakhir. Nah semenjak itu, Awak-awak white base menjadi pahlawan, termasuk didalamnya, Amuro Ray. Earth Federation seusai perang juga mulai mengendorkan pengawasannya terhadap luar angkasa. Untuk menjaga wilayah Luar Angkasa sekaligus untuk memburu sisa-sisa tentara Zeon, Earth Federation membentuk tentara khusus yang di sebut dengan Titan. Karena Earth Federation mengendorkan pengawasannya terhadap Luar Angkasa, Titan menjadi semacam penguasa Luar Angkasa. Mereka bertindak sewenang-wenang terhadap warga koloni luar angkasa.


Cerita Mobile Suit Zeta Gundam terpusat pada seorang anak remaja bernama Kamille Bidan. Kammille tinggal di koloni luar angkasa yang ada dalam penguasaan Titan. Suatu saat Koloni tersebut di serang oleh Pemberontak yang ingin melawan Titan yang di kenal dengan Name AEUG. Penyerangan tersebut dipimpin oleh Quattro Bajeena yang sangat mirip dengan Char Aznable, seorang Jendral Zeon di film pertama.




Dalam penyerangan ini, Kamille memutuskan untuk bergabung dengan AEUG. Ia kemudian mencuri Gundam Mark II, dan membawanya ke pada Quattro Bajeena. Certia tentang Zeta Gundam di mulai dari sini.


Dalam petualangannya, Anda akan melihat Kamille bertemu dengan berbagai pihak yang berperang. Kamille juga akhirnya bergabung dengan Argama, pesawat berwarna putih yang dipimpin oleh Bright Noa.


Di Bumi Kammile akan bertemu lebih banyak tokoh Gundam Pertama seperti Amuro Ray, Mirai, Katz ( salah satu dari Trio Bocah di Gundam 0079 ), Kai dan Hayato. Mereka semua ( kecuali Katz ), walau bukan merupakan Anggota AEUG, tetapi mereka juga melakukan perlawanan terhadap Titan di Bumi dengan bendera bernama Karaba. Karaba sendiri dipimpin oleh Hayato.


Selain berperang melawan Titan, AEUG juga nantinya akan berurusan dengan tentara AXIS, yaitu tentara Zeon yang masih tersisa yang kini dipimpin oleh Haman Khan yang berperang sebagai regent selama Pemimpin mereka, anggota keluarga Zabi terakhir, Mineva Lao Zabi, masih kecil dan belum bisa memimpin.


Berbeda dengan First Gundam, di Zeta Gundam, ceritanya lebih kompleks dan lebih dewasa. Anda akan melihat bagaimana seseorang tumbuh dalam hal sikap. Anda akan melihat bagaimana seorang Kamille Bidan bisa menjadi dewasa dari sifat awalnya yang pasti banyak tidak disukai orang.


Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah mengetahui bagaimana karakter-karakter di First Gundam beraksi kembali, kali ini, dengan status sebagai seorang pahlawan.


Ok itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: