Ads

Jumat, 22 April 2011

Cara Memainkan File RM / RMVB / RAM

Bagi teman-teman yang belum tau apa itu RM / RMVB, RMVB adalah RealMedia Variable Bitrate yaitu ( CMIW) teknologi format video / film yang menggunkaan variable bitrate yang dikembangkan oleh Real Network dimana dengan variable bitrate tersebut dapat di hasilkan video dengan kualitas gambar bagus tetepi dengan ukuran yang cukup kecil.


Sebenarnya, banyak sekali software multimedia untuk memainkan file video dengan extension rm / ram / rmvb. Salah satu contoh yang paling populer mungkin adalah VLC ataupun Media Player Classic yang menggunakan K-Lite Codec Pack. Tetapi anehnya, saya sering sekali menemukan video rm / ram / rmvb yang tidak bisa dimainkan di vlc maupun di Media Player Classic. Malah, kadang-kadang ada video rm / rmvb / ram yang awalnya bisa dimainkan di VLC maupun Media Player Classic, tetapi setelah beberapa waktu menjadi tidak dapat dimainkan lagi di kedua software pemutar video tersebut.


Untuk kasus terakhir ini, walau frekuensinya tidak sering, tetapi terasa cukup mengganggu. Saya sendiri pernah mengalami hal ini. Akhirnya setelah saya mencari-cari di paman google soal masalah ini, saya mendapatkan informasi bahwa RMVB itu adalah file buatan RealMedia. Tentu saja tidak ada tempat lain yang paling tepat untuk menemukan RAM / RM / RMVB Player selain di situs internet sang pembuat format ini, yaitu di real.com.




Ternyata dugaan saya tepat, di real.com saya berhasil menemukan software pemutar file RM / RMVB / RAM. Nama Player-nya adalah RealPlayer. Berikut ini adalah pengertian RealPlayer yang saya kutip dari Wikipedia.


RealPlayer merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk memainkan streaming audio dan video melalui internet secara real-time. Player yang mendukung berbagai macam format video dan audio ini kini hadir dengan versi terbarunya yaitu RealPlayer 11. Player ini memiliki banyak sekali fitur seperti Video Recording, DVD Burning, LivePause & PerfectPlay, TurboPlay, kemampuan untuk men-download streaming audio dan video dari Internet, dan fitur terbarunya yaitu SuperPass.


Dengan disertakannya fitur Mozilla-compatible plug-in, dapat menonton dan mendengarkan video dari browser web tanpa membuka RealPlayer. Menikmati musik favorit dan situs berita hanya dengan satu klik.


RealPlayer merupakan salah satu aplikasi all-in-one yang dapat memutar beragam digital media, beberapa fitur utama RealPlayer adalah radio online yang dapat didengar kurang lebih dari 5.200 stasiun musik di seluruh dunia. Aplikasi ini mendukung hampir seluruh format media utama, meliputi QuickTime MPEG-4, WINDOWS MEDIA, dan DVD. Selain itu tersedia juga fitur turbo play yang dapat meningkatkan proses streaming sehingga mempercepat loading klip video


Di real.com tersedia tiga versi RealPlayer, yaitu RealPlayer SP, RealPlayer Premium dan RealPlayer Super Pass. Dari ketiga tipe RealPlayer tersebut, yang gratis hanyalah RealPlayer SP, dan itulah Software RealPlayer yang saya download.


Perlu di ketahui bahwa Installer RealPlayer SP yang kita download, sebenarnya hanyalah sebuah installer online ( hanya 571 KB ) , jadi saat proses installasi, maka installer-nya akan melakukan download kembali. Tetapi jika installasi anda gagal dengan cara ini, maka Installer RealPlayer akan memberikan anda link untuk installasi secara offline, yaitu mendownload installer-nya yang versi full ( sekitar 25 MB ).


Berikut ini adalah link file installer RealPlayer SP versi offline, klik di sini. Saya tidak tau sampai kapan link tersebut valid, tetapi sampai saat tulisan ini di buat, link tersebut masih valid kok.


Setelah proses installasi selesai, maka RealPlayer akan muncul dan sekarang, Anda bisa memainkan semua file rmvb / ram / rm yang sebelumnya tidak bisa anda mainkan di player Anda. Tentu saja Anda harus menggunakan RealPlayer untuk memainkannya.


Ok itu saja untuk saat ini, semoga tulisan ini bermanfaat.


Tidak ada komentar: