Ads

Jumat, 15 April 2011

Joging Tiap Pagi

Mungkin dulu saya tidak akan pernah berpikir bahwa saya akan joging tiap pagi hari. Saya yang sering sekali sakit ( terutama sakit Batuk Bronkitis ) seperti yang pernah saya ceritakan di sini, sini dan sini kini bisa selalu dalam keadaan fit.


Dulu Batuk Bronkitis saya terutama di sebabkan oleh kurang olahraga dan kurang kena sinar matahari. Kini setelah saya mulai jogin tiap pagi, badan saya selalu segar dan sulit sekali sakit. Bahkan jika sorenya saya kehujanan, esok paginya saya tetap sehat, padahal biasanya jika saya kehujanan pasti paginya saya langsung pilek.


Bagaimana ceritanya sampai saya bisa joging tiap pagi? Apa kiatnya sehingga saya bisa rajin lari pagi? Olah raga terus setiap hari?




Nah awalnya, saya ini bukan orang yang suka olah raga pagi, walaupun saya termasuk orang-orang yang bangun pagi.


Berbeda dengan saya, Ayah saya yang dulu pernah kena sakit jantung koroner sekarang selalu menjaga kondisi tubuhnya dengan berolah raga joging / lari pagi tiap harinya. Kini beliau alhamdulillah selalu dalam keadaan fit.


Nah suatu hari, Ayah saya mengatakan ia menemukan tempat di mana banyak orang-orang dilingkungan saya lari pagi di sana. Tempatnya seperti lapangan di mana orang bisa bulak balik tanpa terganggu dengan mobil. Dengan motivasi ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, akhirnya Ayah saya berhasil membujuk saya untuk bergabung bersama beliau, lari pagi, keesokan harinya.


Nah semenjak itulah saya jadi rajin lari pagi, dan tidak lama kemudian ibu saya juga ikut-ikutan lari pagi setiap hari. Kami berangkat selepas salat subuh. Kami berlari mengitari lapangan tersebut sebanyak 10 kali dan lalu pulang. Kira-kira menghabiskan waktu sebanyak 30 menit. Tidak terlalu lama, dan sampai rumah, saya masih punya banyak waktu untuk mandi dan mengadakan persiapan lainnya untuk berangkat ke kantor.


Lalu bagaimanakah tips & trick agar kita bisa selalu rajin lari pagi, mengubah life style kita yang awalnya life style seorang pemalas menjadi seorang yang rajin? Berikut ini adalah tips & trick yang bekerja untuk saya.




  1. Temukan patner untuk melakukan olah raga, di contoh saya, Ayah saya adalah orang yang memotivasi saya untuk ikut joging. Jika suatu hari saya malas, maka ia akan terus mengganggu saya sampai saya bersedia untuk lari pagi. Hal ini sangat penting karena dengan adanya patner, maka orang tersebut akan memastikan bahwa Anda tetap berlari.

  2. Punya tempat lari yang jelas. Pastikan jalur lari pagi Anda jelas, hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak merasa malas di tengah-tengah dan lalu langsung pulang ke rumah. Jadi Tujuan Anda harus jelas mau lari kemana saja. Hal ini memastikan bahwa Anda tidak menyerah di tengah jalan.

  3. Jika Anda malas sekali, gunakan IPOD / mp3 player / HP untuk mendengarkan lagu selama Anda berlari. Pastikan lagu yang Anda putar adalah lagu-lagu bersemangat, bukan lagu lagu sedih ataupun lagu lagu cinta yang slow. Suara lagu-lagu yang bersemangat akan secara tidak sadar membuat Anda bersemangat juga. Hal ini sangat efektif jika Anda tidak menemukan patner dalam berlari ataupun jika Anda merasa malas sekali.

  4. Buat jadwal yang jelas. Jika memang Anda tidak bisa lari pagi setiap hari, pastikan Anda memiliki jadwal yang jelas. Misalnya setiap sabtu dan minggu, maka pastikan orang lain ( terutama keluarga ) tau jadwal Anda sehingga mereka bisa memaksa Anda untuk menepati jadwal Anda jika saja Anda menjadi malas secara tiba-tiba.

  5. Motivasi terus diri Anda. Pastikan Anda mengingat effek-effek baik yang Anda dapatkan dari lari pagi tersebut. Misalnya adalah berat yang ideal, badan yang fit dan mood yang baik.

  6. Berusahalah untuk mengenal orang-orang lain yang lari pagi, sehingga dengan semakin Anda mengenal orang-orang yang punya kebiasaan sama dengan Anda, maka Anda akan semakin semangat. Bahkan Anda bisa bertukar tips tentang hal tersebut.

  7. Masih banyak lagi, cari sendiri aja :P


Lagi pagi memiliki effek yang sangat baik bagi diri saya, berikut ini adalah beberapa effect baik yang saya rasakan setelah Saya lari pagi setiap hari selama hampir 3 bulan.




  1. Saya menjadi sulit terkena penyakit, efek ini adalah efek yang paling saya rasakan karena biasanya saya sangat mudah terkena flu ringan.

  2. Badan saya menjadi fit, segar dalam melakukan berbagai macam hal.

  3. Berat badan saya menurun, kini badan saya terasa ringan dan bentuknya membaik.

  4. Memiliki Mood yang baik. Dengan lari pagi di pagi harinya, kini saat kekantor mood saya menjadi sangat baik. Tanpa sadar saya menyapa orang-orang yang saya temui dengan senyuman. Saya berbicara dengan begitu lepas dan gembira. Semenjak berolah raga mood saya selalu dalam keadaan bagus.

  5. Menghilangkan stress. Dengan berolahraga, tanpa sadar kita juga menghilangkan stress. Karena kita menggerakan anggota tubuh kita, dan dulu saya pernah baca, saat berlari tubuh kita menghasilkan hormon tertentu yang bisa menghilangkan stress, emosi dan memperbaiki mood.

  6. Mendapatkan kenalan baru. Orang yang punya kesenangan lari pagi akan bertemu dengan orang-orang yang lari pagi juga serta menarik teman-teman baru yang juga suka lari pagi. Hal ini akan memperluas pergaulan Anda.

  7. Masih banyak lagi, cari sendiri :p


Ok untuk sementara itu saja dari Saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: