Ads

Jumat, 15 April 2011

[Anime Review] Mobile Suit Gundam ( First Gundam )

Tiga minggu terakhir ini saya habiskan untuk menyaksikan Film Gundam. Jika sebelumnya saya pernah mereview film Gundam Seed Destiny di Senangnya Nonton Gundam Seed Destiny dan di Gundam Seed Destiny Keren Abis. Selain itu, serial Gundam lainnya yang pernah saya review adalah Gundam Wing, tepatnya di Selesai Juga Saya Nonton Gundam Wing , maka kali ini saya akan mereview film seri animasi Gundam yang pertama yang berjudul Mobile Suit Gundam yang kini lebih di kenal dengan sebutan First Gundam.


Hampir sama dengan Gundam Wing dan Gundam Seed serta Gundam Seed Destiny, dalam Mobile Suit Gundam ( First Gundam / Gundam 0079 ), dunia yang digunakan sebagai settingnya terpisah menjadi dua kubu, yaitu kubu yang mendiami koloni di luar angkasa dan penduduk bumi.




Cerita Mobile Suit Gundam di awali dengan narasi yang menceritakan bahwa di tahun 0079, Principality of Zeon ( Zeon ) dan Earth Federation Space Force (EFSF) mengadakan perperangan. Zeon yang saat itu tinggal di koloni-koloni luar angkasa menyatakan kemerdekaan mereka dari Earth Federation. EFSF menolak hal ini sehingga akhirnya Zeon melakukan penyerangan terhadap EFSF sebagai perang untuk memerdekakan diri mereka.


Perang antara Zeon dan EFSF ini mempengaruhi semua wilayah di bumi dan juga semua koloni luar angkasa serta koloni di bulan. Zeon walaupun merupakan negara kecil tetapi memiliki keunggulan dari EFSF karena mereka memiliki teknologi robot yang bisa di kendarai manusia yang di kenal dengan sebutan Mobile Suit. Perperangan antara Zeon dan EFSF mengakibatkan kematian lebih dari setengah populasi manusia yang ada saat itu. Setelah kejadian tersebut, walau tidak ada perjanjian damai, tidak juga ada penyerangan besar-besaran. Keadaan vakum selama 8 bulan terakhir.


Setelah narasi berakhir, cerita beralih ke lokasi Side 7, sebuah koloni EFSF di luar angkasa. Di tempat tersebut, kapal perang EFSF dengan nama Whita Base datang secara rahasia untuk mengambil senjata EFSF terbaru yang masih rahasia. Tetapi ternyata pengambilan senjata tersebut ketahuan oleh pihak Zeon dan perperanganpun terjadi. Di sini banyak sekali warga sipil yang tewas.


Dalam keadaan yang genting tersebut, Amuro Ray, seorang warga sipil, tanpa sengaja menemukan RX-78 Gundam, yang kemudian ia gunakan dan akhirnya bisa mengalahkan tentara Zeon. Amuro Ray kemudian dengan para warga sipil yang lain mengikuti white base untuk menghindari bahaya dari Zeon.


Dari sinilah ceritanya kemudian berkembang. Amuro Ray dari seorang warga sipil biasa, akhirnya dipaksa untuk menjadi tentara karena keadaan. Jika Anda pernah menonton Gundam Seed, maka bisa di bilang Gundam Seed mengambil inti ceritanya dari sini. Perbedaannya adalah jika Kira Yamato dalam Gundam Seed tetap bisa mempertahankan sifatnya, di dalam Mobile Suit Gundam anda akan perlahan-lahan melihat Amuro Ray berevolusi dalam sikapnya. Anda akan melihat Amuro Ray menjadi dewasa dalam film ini.


Dalam Mobile Suit Gundam, Amuro Ray memiliki lawan yang juga hebat. Ia adalah Char. Orang bertopeng yang tampaknya selalu hadir dalam setiap series di Gundam.


Amuro Ray tidak berjuang sendirian, ia nantinya akan ditemani oleh awak-awak kapal White Base ( seperti Bright Noa ) dan bersama White Base ia akan terus bertualang. Selain awak White Base, Amuro juga akan banyak bertemu dengan tentara EFSF lainnya. Di sini dunia tentara akan sangat terasa dan keadaan perang benar-benar terlihat. Tidak seperti seri seri Gundam Modern di mana perang antara satu negara bisa di selaikan oleh beberapa robot Gundam. Perang di dalam Mobile Suit Gundam terasa lebih nyata karena banyaknya tentara, baik itu dari pihak musuh, maupun dari pihak kawan. White Base bukanlah satu-satunya senjata EFSF.


Selain itu, dalam serial ini Anda akan banyak melihat kejadian-kejadian yang biasa di lihat dalam perang, yaitu kematian. Akan ada banyak orang-orang yang tewas dalam cerita ini. Sebagian orang baik, dan sebagian lagi jahat.


Mungkin dari situ saja untuk segi cerita. Tetapi selain dari cerita, ada yang ingin saya tambahkan. Film Seri Mobile Suit Gundam sebenarnya, pada saat pertama kali di luncurkan merupakan product gagal. Series ini awalnya di rencanakan akan keluar sebanyak 52 episode, tetapi karena kurangnya response, akhirnya di turunkan menjadi 43 episode saja. Oleh karena itu, mungkin anda akan melihat banyak cerita yang belum terselesaikan.


Tapi, setelah Bandai mendapatkan izin untuk membuat Mainan model Gundam, penerimaan Gundam menjadi berubah. Gundam menjadi semakin menarik, dan saat di tayangkan ulang, seri Gundam malah meningkat ratingnya.


Mobile Suit Gundam atau First Gundam adalah awal revolusi dari banyak film berbasis mecha. Film-film seperti Gundam berikutnya ataupun film seperti Macross maupun Pat Labor. Gundam telah menciptakan gengre baru dalam dunia anime.


Terakhir, bagi anda yang mungkin ingin mencari film dan mendownloadnya, saya sarankan untuk mencarinya di idws, coba aktif tanya tanya di forumnya. Berikut ini link forumnya, mungkin di situ anda bisa menemukan seriesnya.


Note:


Walaupun di Mobile Suit Gundam ceritanya sepertinya banyak yang belum kelar, saya dapat informasi bahwa nantinya akan ada lanjutan cerita ini di Gundam Zeta maupun Char Counter Attack. Tetapi sampai saat ini saya belum tau pasti karena memang belum lihat lanjutannya.


Tidak ada komentar: