Ads

Jumat, 15 April 2011

Sejarah Box Car Racer

Berhubung saya akan menampilkan lirik-lirik lagu dari Box Car Racer dalam waktu dekat ini, maka saya mencoba untuk menampilkan sedikit informasi mengenai mereka.


Box Car Racer adalah Project Sampingan dari Tom DeLonge Blink 182 ( lead vocals, rhythm guitar, bass ) dan Travis Barker Blink 182 ( drums, percussion, keyboards, piano ). Tom DeLonge menciptakan Box Car Racer karena dia ingin berexperiment dan merekam lagu-lagu yang menurut Tom DeLonge tidak cocok dengan Jati Diri Music Blink 182. Tom DeLonge kemudian bersama drummer satu Band-nya, Travis Barker dan salah teman dekatnya yang juga dari Poway, California, David Kennedy ( lead guitar, vocals ) yang saat itu masih di Hazen Street, bersama-sama membentuk Band Baru Box Car Racer.


Nama Box Car Racer sendiri sebenarnya di ambil dari kata Bockscar, nama pesawat B-29 Bomber yang menjatuhkan Bomb Atom di Kota Nagasaki, Jepang pada perang dunia ke-2. Nama itu juga di ambil sebab lagu Box Car Racer liriknya berkisar antara Cinta dan Perang. Band Box Car Racer kemudian berdiri di tahun 2002.




Di awal terbentuknya Band, Tom DeLonge adalah pemegang Bass, tetapi, ketika mereka akan Tour untuk pertama kalinya, Tugas Bass di serahkan kepada anggota baru mereka, Anthony Celestino.


Dalam Album Box Car Racer, banyak sekali di undang pemain tambahan seperti penampilan satu Anggota Blink 182 yang tersisa, Mark Hoppus dalam lagu "Elevator". Tim Armstrong dari Rancid dan Jordan Pundik dari New Found Glory juga tampil di album mereka dalam lagu "Cat Like Thief".


Box Car Racer berhenti aktif di musim gugur 2002 setelah mereka menyelesaikan Tour mereka di tahun tersebut. Tom DeLonge telah menyatakan bahwa Box Car Racer telah memenuhi sasaran dan oleh karena itu akan berhenti berfungsi untuk selamanya ( mengingat bahwa memang band ini adalah side project ).


Walaupun Band ini telah bubar, tampaknya pembentukan Band ini mempengaruhi internal Blink 182, sehingga akhirnya menjadi salah satu penyebab Blink 182 melakukan Hiatus sampai dengan 2008. Hal ini terjadi karena Mark Hoppus merasa di khianati oleh Tom DeLonge, alasan lainnya adalah karena Tom DeLonge meminta istirahat selama setengah tahun dari Tour untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga, walaupun pada saat itu jadwal Tour telah di buat.


Setelah Blink 182 Hiatus, Tom DeLonge kemudian kembali merekrut David Kennedy untuk membantuk Angel & Airwaves ( AVA ) yang masih aktif sampai saat ini, walaupun Blink 182 sudah berhenti dari hiatus.


Ok, itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: