Ads

Jumat, 15 April 2011

Tentang Postingan Mario Teguh di Twitter

Mar 25, 2010

Well, sebenarnya saya rada telat untuk membahas hal ini karena jujur saja, baru kemarin saya tau berita tentang hal ini saat membaca salah satu thread di kaskus.us. Untung saja, Thread di kaskus itu menceritakan tentang diskusi antara Mario Teguh dengan Ibu Mariana dari Jurnal Perempuan. Diskusi tersebut berlangsung di Metro TV, tepatnya kemarin tanggal 24 Maret 2010.


Setelah membaca sekilas, saya mulai mencari-cari artikel tentang hal ini, dan juga menonton streaming acara diskusi tersebut di Metro TV.


Setelah mendapatkan beberapa informasi, berikut ini adalah pendapat saya tentang Twit Pak Mario Teguh.


Yang pertama-tama ingin saya bahas adalah, bahwa twit Pak Mario Teguh yang bahas di bicarakan sebenarnya tidaklah lengkap. Yang banyak beredar adalah sebagai berikut:


Berikut sebagian wejangan-wejangan Mario Teguh yang diposting Sabtu (20/2/2010) malam:





  1. Pada akhirnya kita harus memilih wanita yang baik untuk istri, pria yang baik untuk suami, dan membangun keluarga yang baik.

  2. Jodoh itu di tangan Tuhan. Akan lebih baik jika kita periksa apakah kita mempersulit orang yang ingin memperjodoh kita.

  3. Wanita yang pantas untuk teman pesta, clubbing, begadang sampai pagi, chitcat yang snob, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri.

  4. Hidup berbahagialah dengan istri anda yang baik, atau suami anda yang anggun. Tidak ada kebahagiaan selain kebaikan.


Dengan Postingan, Wanita yang pantas untuk teman pesta, clubbing, begadang sampai pagi, chitcat yang snob, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri, Mario Teguh mendapat kecaman dari banyak pihak bahwa beliau adalah seorang Sexiest yang memandang wanita sebelah mata.


Bahkan Mario Teguh Mendapat Protest yang sangat keras dari Peneliti studi Gender LIPI Jaleswari Pramodhawardani ( di ambil dari detiknews ).


Peneliti studi Gender LIPI Jaleswari Pramodhawardani ( Dani ) menilai Mario Teguh telah melakukan blunder dan gegabah. "Apa hubungannya perempuan yang tak layak dikawini dengan perokok dan suka dugem? Nggak ada hubungannya. Mario Teguh terlalu gegabah mengatakan seperti itu," kata Dani kepada detikcom, Minggu (21/2/2010).


Menurut pengamat gender LIPI ini, Mario Teguh telah membuat blunder dengan pernyataannya yang ditulis di twitter. Padahal publik sudah menilai sosok Mario merupakan motivator ulung yang selalu menempatkan orang lain dalam kerangka positif thinking. "Konstruksi Mario Teguh mempertegas konstruksi patriarkal perempuan. Perempuan dilihat sebagai benda di luar dirinya. Kenapa dia nggak memperkarakan hal-hal yang merugikan orang lain," protes dia.


Jaleswari menilai dengan pandangan itu, Mario telah menempatkan perempuan seperti hak milik. Pandangan ini tentu saja sangat tidak menghargai perempuan. "Itu konstruksi patriarkal betul, bahwa apa yang baik dan buruk didefinisikan oleh laki-laki," bebernya.


Sebelumnya diberitakan, Mario Teguh, motivator yang kerap memberikan motivasi lewat layar kaca diprotes di dunia maya. Di akun twitternya, dia menulis perempuan yang suka dugem dan perokok tidak layak untuk dinikahi.


Di akun twitternya yang dia posting Sabtu (20/2/2010) malam, Mario menyebut bahwa perempuan yang suka merokok, dugem, dan sebagainya tidak layak untuk dinikahi.


Kontan saja, postingan Mario Teguh tersebut mendapat hujan protes. "Kok Mario Teguh kayak ABG labil ya?" demikian sindir salah satu pengguna twitter, Minggu (21/2/2010). "Super cupu," sindir yang lainnya.


Menanggapi berbagai kecaman terhadapnya di twitter, Mario Teguh memutuskan untuk menutup akun twitter yang dia miliki.


"Dengan berat hati kami akan menghapus acc MarioTeguhMTGW sebelum jam 12:00," tulis Mario di twitternya. (yid/anw)


Yang tidak diketahui oleh Jaleswari Pramodhawardani dan ( kemungkinan ) banyak orang lainnya adalah bahwa keempat Posting tadi belum semuanya, masih ada Postingan lainnya. Total Postingan Mario Teguh ada 12 Nomer. Dengan Twit, "Wanita yang pantas untuk teman pesta, clubbing, begadang sampai pagi, chitcat yang snob, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri." adalah Postingan Nomer 6.


Setelah Postingan Nomer 6 itu, masih ada Postingan Nomer 7. Isinya adalah, "Pria, yang pas ( sama ) dengan Nomer 6, tidak mungkin jadi Suami yang memuliakan istri dan menghebatkan Anak-anak."


Jika di cek di sini, Apa yang Mario Teguh katakan sebenarnya adalah benar. Dan dia tidak memihak wanita maupun Pria karena kedua-duanya dia tegur. Secara logika, siapa sih yang punya rencana untuk menikahi Wanita yang pesta terus, suka Clubing, Begadang kelayapan gak jelas kemana, Ngomongnya tinggi walau kenyataannya enggak, suka ngerokok dan mabok-mabokan?


Sama juga hal-nya, Wanita Juga pasti tidak punya rencana untuk menikahi Cowok yang sifatnya kaya gitu kan? So What's Wrong?


Nah Mario Teguh juga sebenarnya menyesalkan apa yang di tuliskan di detiknews.com ( Hal itu sebenarnya yang ia ungkapkan saat diskusi pertama kali di Metro TV ). Kemungkinan ia menyindir untuk artikel dengan judul, "Perempuan Perokok Tak Layak Dinikahi ", Nah Lo???? Dengan Judul yang di pelintir sedemikian rupa, makin banyak saja orang yang berpikiran buruk tentang Pak Mario Teguh.


Berikut ini adalah artikelnya ( Source : Detiknews )



Perempuan Perokok Tak Layak Dinikahi
Tim Pro Kontra - detikNews


Jakarta - Mario Teguh, motivator terkenal, menuliskan pendapat bahwa perempuan yang suka dugem dan perokok tidak layak untuk dinikahi. Sebagiak pihak mendukung, sebagian pihak memprotes. Bila Anda mendukung, pilih pro!

(asy/asy)

Nah, Artikel ini membuat orang ( terutama wanita ) yang tidak pernah membaca twiter asli Pak Mario Teguh mejadi marah. Padahal Apa yang Pak Mario Teguh katakan adalah sebagai berikut, "Wanita yang pantas untuk teman pesta, clubbing, begadang sampai pagi, chitcat yang snob, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri."


Pak Mario menyebut Pesta, Clubbing, Begadang, Snob, Merokok dan Mabuk. Pak Mario Teguh juga tidak mengatakan bahwa mereka tidak layak di nikahi, ia hanya mengatakan bahwa mereka tidak akan di rencanakan untuk jadi Istri. Tidak Layak di Nikahi dan Tidak direncanakan untuk jadi istri adalah hal yang berbeda. Jika tidak layak, maka Wanita tersebut di anggap tidak pantas menikah. Sementara tidak di rencanakan berarti, mengatakan bahwa Kebanyakan Cowok tidak punya rencana untuk menikah dengan wanita dengan sifat tersebut, tetapi terkadang hal bisa berjalan di luar rencana dan bisa saja kita jatuh cinta pada orang seperti itu, dan kemudian menikah dengan wanita tersebut. Pernikahan mereka tentu di anggap pantas, hanya saja, karena hal ini tidak di rencanakan, maka kemungkinan hal ini terjadi sangat kecil. Itulah yang saya tangkap dari tulisan pak Mario Teguh.


Selain itu banyak juga kesalahpahaman yang terjadi, salah satunya adalah soal Moderator. Banyak kekeliruan yang mengatakan bahwa Twitter Mario Teguh tidak di tulis oleh Mario Teguh sendiri, melainkan oleh seorang Moderator. Sebenarnya adalah, Memang yang entry twitter bukanlah Mario Teguh sendiri, tetapi semua pesan adalah dari Mario Teguh. Sang Moderator hanya merapikan kembali perkataan Mario Teguh sehingga bisa muat 140 karakter dan Moderator juga bertugas untuk menghapus pesan-pesan yang tidak pantas ( Jorok, Kasar ataupun Sara ).


Tetapi tampaknya banyak yang menyalahpahami tugas moderator ini dan menganggap bahwa Moderatorlah yang menulis semua pesan Mario Teguh, dan pesan tersebut berasal dari pikiran Moderator sendiri. Berikut ini adalah salah satu contoh pesan kekecewaan dari salah satu selebritis yang saya anggap mungkin keliru menafsirkan fungsi dari Moderator ( CMIIW ).


(Source : detikhot )



Senin, 22/02/2010 12:40 WIB
Kecewa, Farhan Tinggalkan Twitter Mario Teguh
Eny Kartikawati - detikhot

Farhan (ebi/hot) Jakarta Presenter Farhan termasuk salah satu orang yang kecewa pada motivator Mario Teguh. Ia kecewa karena Mario Teguh ternyata tidak menulis sendiri tweet-tweetnya.


"Begitu saya tahu selama ini yang menulis bukan Mario Teguh, saya langsung unfollow," ujar Farhan, saat berbincang dengan detikhot melalui telepon, Senin (22/2/2010).


Kekecewaan Farhan pada Mario teguh bukan hanya karena hal di atas. Ia juga termasuk orang yang tidak bisa menerima dengan postingan di akun twitter Mario Teguh Open Forum no.6 (#MTOF 6) pada Sabtu (20/2) malam.


Sekadar mengingatkan, dalam postingannya, Mario menyebutkan, "Wanita yang pas untuk teman pesta, clubbing, begadang sampai pagi, chitcat yang snob, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri."


"Pak Mario Teguh tidak menyadari bahwa apa yang diomongin bisa sangat powerfull. Saya juga kecewa karena Pak Mario tidak menyadari efek judgement dari dia," urai presenter 'Tatap Muka' di TVone itu.


Kekecewaan Farhan makin bertambah, karena kini Mario Teguh menutup akun Twitternya setelah banyak komentar kasar. Menurutnya sebagai seorang motivator, Mario Teguh seharusnya bisa memberi contoh bagaimana menghadapi suatu masalah, ketika masalah benar-benar datang dalam hidup.


"That's the real problem (komentar kasar-red). Tapi sebagai seorang motivator, Pak Mario tidak menghadapi masalah itu. Seharusnya kalau ada masalah hadapin dong," tandasnya.


(eny/eny)


Nah dari perkataan "Begitu saya tahu selama ini yang menulis bukan Mario Teguh, saya langsung unfollow", saya pikir ini kekeliruan, karena walau Pak Mario tidak menulis sendiri, tetapi semua pikiran berasal darinya, dan ia juga memonitor comment-comment yang masuk.


Dan mengenai masalah Pak Mario menutuo Account twitter-nya, saya rasa tidak begitu masalah karena Account Twitter tersebut baru berumur 21 hari dengan followers sebanyak 23.000 orang, di mana di twitter pendapatnya susah di kontrol. Di mana di sana banyak Caci Maki dan kata-kata kotor.


Dengan ditutupnya twitter Pak Mario Teguh, bukan berarti Pak Mario Teguh menutup interaksi dengan penggemarnya, hanya saja Pak Mario Teguh mulai memilih untuk menggunakan media lain, yaitu Facebook dan Milis. Facebook Pak Mario Teguh telah memiliki 821.000 friendlist dan milis 26.000 anggota. Jadi Pak Mario lebih memilih untuk menggunakan kedua media tersebut dimana kedua media tersebut ( menurut Pak Mario ) lebih mudah di kontrol dalam penyampaian pendapat.


Mario Teguh, walaupun benar, tetapi Beliau juga tetap meminta maaf kepada semua pihak yang dilukai oleh postingan twitter-nya secara langsung maupun tidak langsung. Tetapi Beliau tidak meminta maap atas Posting itu sendiri karena Beliau ( dan saya juga ) yakin dan percaya bahwa Apa yang di posting tersebut merupakan sebuah kebenaran. Dari sini bisa terlihat jiwa besar Beliau.


Ok tanpa banyak Cincon lagi, berikut ini adalah link Movie Streaming diskusi Pak Mario Teguh di Metro TV.


Link Streaming Metrotvnes.com


Ok, itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: