Ads

Sabtu, 02 April 2011

Setting Subtitle AVI Video

Masih ingatkan cerita gw di hari sebelumnya, soal gw download file film Jumong yang terbagi menjadi 3 file. Nah niat gw menggabungkan ketiga file tersebut sebenarnya adalah agar film tersebut nantinya dapat menggunakan subtitle (Teks) yang telah gw download. Tetapi betapa terkejutnya gw, saat filmnya nyala, dengan Media Player Clasic gw, kolom caption & subtitle di optionsnya mati sementara pake Windows Media Player 10 menu subtitle-nya malah gak ada.


Wuih nyesek banget rasanya, apalagi waktu gw nyari file video Jumong dan Cara nyantuin file-nya itu tengah malam saat gw ngantuk-ngantuk. Kesel boleh kesel, tapi gw belum putus ada. Kenapa harus putus asa, selama ada paman Google di sisi kita.



Akhirnya, setelah mencari kesana kesini, ketemulah jawaban dari pertanyaan gw. Sebenarnya jawabannya sangat simple, dan mungkin hampir semua orang sudah tau jawabannya. Hanya saja gw yang udik gak tua jawabannya.


Untuk menyatukan suatu file AVI dengan subtitle-nya (file .srt) adalah dengan cara meletakan keduanya di satu folder yang sama dengan nama yang sama. Misalnya, judul video Jumong71.avi, maka subtitlenya harus dinamai Jumong 71.srt. Simple bangetkan???? He he he...


Setelah itu, gw langsung cari kesana kemari subtitle subtitle untuk video avi yang gw punya yang belum ada subtitle-nya. Biasa, kalo baru tau masih nora gw. Akhirnya gw nemuin situs subtitle yang lumayan lengkap, namanya http://www.subtitlesbox.com. Sedangkan untuk film-film asia, kita bisa cari subtitle-nya di http://www.d-addicts.com/.


Ok gitu aja, semoga bermanfaat.



21 Responses to “Setting Subtitle AVI Video”

ardo says:
December 27, 2008 at 8:22 am (Edit)

ga bisa…bro…
aq baru download transprter 3d di
di indo webster…aq juga download
subbtitlenya cara gabunginnya gimnz..??
thx…regard
admin says:
December 27, 2008 at 2:19 pm (Edit)

Bos mang playernya apa? Kalo playernya windows media player, cukup namain aja file tekstnya sama dengan file videonya. Misalnya nama filenya tranport 3d.avi, ganti nama subtitilenya jadi tranport 3d.srt terus langsung mainkan aja filmnya di Windows Media Player or Media Player Classic bawaan K-Lite. Maka teksnya akan muncul secara otomatis tanpa bos perlu melakukan setting apa-apa.
avan says:
December 30, 2008 at 7:16 pm (Edit)

harus ada yg disetting di windows media playernya ga sich? gw donlod IronMan di indowebster + subtitle indonya, trus gw jg dah nyamain namany (IronMan.avi + IronMan.str) di satu folder. tp pas di jalanin pake Windows Media Player or Media Player Classic, subtitlenya ga keluar ~.~
admin says:
December 30, 2008 at 10:01 pm (Edit)

bukan str bos tapi srt, terus kalo emang asalnya zip atau rar ya harus di extract dulu, terus coba buka file srt nya dengan notepad, isinya teks dan ada waktu waktu bukan, kalo iya, coba buka filenya dengan cara klik file -> Open.

Jika masih error, coba ganti media player classicnya dengan yang saya gunakan, dah saya upload di sini, dan pastikan pas install anda mencentang installasi ffdshow.

Silakhan mencoba, kalo masih error harap lapor
avan says:
December 30, 2008 at 10:33 pm (Edit)

haha.. gw salah ketik itu, maksudnya “.srt”,
sebelumnya pernah bisa, beberapa hr kemudian jd ga bisa2 sampe sekarang, film2 yg sudah pernah bisa jg jd ga bisa. isi file “.srt”nya benar kok, isinya subtitle dr film tersebut, ada waktu dr setiap teks yg akan keluar.
ffdshow itu apa y? mungkin ga instalasi ffdshow itu terhapus tanpa media playernya ikut terhapus?
admin says:
December 31, 2008 at 8:24 pm (Edit)

Saat install media player classickan ada pilihan ffdshow. Terus coba di media player classic cek view-options, coba lakukan 1 dari beberpa pilihan dibawah ini:
- Di directshow Options pilih VMR 9 (Windowed) or VMR 7 (renderless) or VMR 9 (renderless)
- RealMedia Video tandai directX 7 atau 9
- Quicktime Video tandai directX 7 atau 9
- di VMR7/9 & Direct 7/9 Setting tandai VMR9 Mixer Mode

Kalo masih ndak bisa nanti tanya lagi, coba ini dulu aja
avan says:
January 1, 2009 at 6:29 am (Edit)

thanks tuk info2nya, akhirnya saya coba instal ulang windows media playernya, dah skrng sudah bs. kemungkinan kemarin ffdshownya terhapus. karna sebelumnya untuk menggunakan file srt tersebut saya menggunakan sebuah software u/ menggabungkan file .avi dengan .srt, hanya saja proses penggabungannya itu membutuhkan waktu yg lama.setelah baca blog ini ternya bisa hanya dengan menyamakan nama filenya saja,lalu saya uninstal software tesebut. mungkin dalam proses uninstalnya software tsb ikut menghapus ffdshow-nya. sekali l thanks buat info2nya. :)
admin says:
January 1, 2009 at 9:13 pm (Edit)

Sep sama sama bos

senang bisa membantu
steven says:
March 1, 2009 at 11:15 pm (Edit)

lo bego sih
Tya says:
March 3, 2009 at 6:53 am (Edit)

makasih bwt infonya..
Sy juga baru tau..
jd, yg udik g cuma situ doang..
saya jga.. malah lebih parah..
hehehheheehehe..
Thx
admin says:
March 8, 2009 at 11:31 pm (Edit)

@steven, maaf pak, maklum orang deso

@ttam sama sama, senang bisa membantu
jipank04 says:
June 17, 2009 at 10:28 am (Edit)

oh ya cari subtitle yang bahasa indonesia itu di situs apa cz ku pengen tw artinya film nya kurt cobain and documentarnya yang about a son itu
Johan Firdaus says:
June 17, 2009 at 7:35 pm (Edit)

Wah saya juga gak tau gan, susah nyarinya kalo subtitle bahasa indo, mungkin cari di glodok aja kali ya gan, di abang2x dvd bajakan

hehehe
odhing69 says:
September 18, 2009 at 6:45 pm (Edit)

bos ikut nimbrung ah !!
avi sama subtitle gw dah beres tp gw mau nyetel di compact disc TV blom gw coba sih, klo avi kebaca ga ya di compact disc, sama subtitlenya juga klo mang sekiranya ga kebaca solusinya gimana yaaa?
tadinya gw pikir mungkin gw salah di burningnya musti pake create DVD file tapi avi ga kebaca saat gw mau add file create DVDnya harus format *.bup, *.vob, sama *.ifo makin kusut gw tolong bos solusinya.
Johan Firdaus says:
September 18, 2009 at 10:46 pm (Edit)

Setau gw, AVI itu bisa di baca di dvdplayer yang ada tulisan support Div-X nya, tapi untuk subtitle nya sendiri setau gw sih gak support

Terus untuk Create DVD, pake Nero AVI bisa kok, tapi cara setting subtitlenya gw gak tau karena gw sendiri belum pernah nyoba

coba deh tanya paman google, atau nanti kalo ada ( n ada dvd kosong :p ) gw coba coba deh
siputra says:
October 22, 2009 at 10:38 pm (Edit)

filmku kok gak ada subtitlenya padahal sudah download subtitle indonesianya, nama srt dan filmnya sudah sama terus letaknya sudah dalam satu folder,gmn tuh tolong donk kasih tau solusinya?trims atas jawabannya
Johan Firdaus says:
October 24, 2009 at 2:37 pm (Edit)

Juragan playernya coba di ganti pake Media Player Classic

Pastiin nama filenya kaya gini
namafile.avi
namafile.srt

Di satu folder

kalo gak bisa juga, coba uninstall dulu media player classicna, abis itu install K-Lite media player classic versi terbaru
siputra says:
October 25, 2009 at 5:21 pm (Edit)

filmku itu keterangannya winamp media file,itu sama gak dengan .avi mas?
Johan Firdaus says:
October 25, 2009 at 10:28 pm (Edit)

Gak masalah, wmv juga bisa kok pake text, coba aja K-Lite nya di update dulu
nike says:
February 26, 2010 at 10:04 pm (Edit)

thanks, it’s works
Johan Firdaus says:
February 27, 2010 at 6:34 am (Edit)

your welcome

Tidak ada komentar: