Ads

Sabtu, 02 April 2011

Memecah File dengan HJSplit

Semalam seperti cerita gw sebelumnya, gw kan pulang tengah malem dari Kantor. Nah, gw iseng-iseng deh nyari Jumong no 71 & 78. Karena sebelumnya gw dapet Jumong dari http://aznv.tv. Tapi sayang, di tengah-tengah episode, pihak aznv.tv memutuskan agar untuk pengaksesan film dari servernya hanya bisa dilakukan secara online, sehingga kalo mo nonton harus sambil streaming, gak bisa download seperti biasa lagi. Server mereka akan menolak semua request kecuali jika yang mengakses server mereka adalah Winamp.



Karena itu, kemudian gw mencari dan ketemu sisa episode-nya di Mega Upload, untuk sekarng download Mega Upload dah gak perlu install spy ware (Tool Bar Zanggo) lagi (baca this). Semuanya dalam format RMVB kecuali untuk 2 episode. Dua Episode itu formatnya rada aneh. Yaitu filenya di bagi 3 dengan ekstension .001 , .002, .003, tepatnya Jumon71.avi.001, Jumon71.avi.002 & Jumon71.avi.003.

Sebenarnya untuk file-file tadi setelah kita download bisa langsung di main kan dengan Windows Media Player Clasic, tapi yang jadi masalah, film tersebut tidak punya subtitle. Dan setelah gw Donwload Subtitle-nya dari http://d-addict.com/, ternyata subtitle yang ada hanya tersedia untuk 1 film penuh, dan bukan untuk yang terpecah-pecah.


Awalnya gw search di answerr.yahoo.com, ketemu cara gabungan file tersebut dengan Windows Movie Maker, tapi prosesnya lama dan hasilnya jelek. Gak tau kenapa, walau di Ask Yahoo dia jadi jawaban terbaik, gw masih ragu kalo jawaban itu adalah jawaban yang paling benar. Kenapa? Karena gw yakin awalnya file .001, .002 dan .003 tersebut aslinya adalah sebuah file Avi. File avi tersebut kemudian oleh peng-Upload di pecah menjadi 3 bagian untuk memudahkan dalam proses upload oleh peng-upload dan proses download oleh user nantinya. Nah gw yakin, untuk menggabungkan ketiga file tersebut, software yang paling tepat untuk menggabungkannya lagi adalah software yang memecahnya. Dan gw yakin, software itu tidak terbatas hanya pada pemecahan file film, tapi juga file lainnya.


Akhirnya dengan mata mengantuk, badan lemes, gw coba search informasi ke paman google soal menggabungkan file .001, .002 dst. Akhirnya sampailah gw ke suatu link yang akhirnya dari link tersebut melempar gw ke beberapa link hingga akhirnya sampai ke link penyedia software Gratis.


HJSplit, itulah nama software tersebut. Software ini bisa di gunakan untuk memisahkan dan menggabungkan kembali suatu file. Fungsi software ini sangat terasa pada saat Anda ingin mengupload suatu file, tetapi ukuran file tersebut besar, sehingga harus membagi-bagi ukuran file tersebut, sehingga saat suatu file gagal di upload, anda tidak terlalu kecewa.


HJSplit dapat di download secara cuma cuma alias gratisan or free di http://www.freebyte.com/ atau gw juga Upload filenya diziddu kalo-kalo web dia lagi error, klik Download untuk mendownloadnya. Tapi ingat, versi terabru selalu ada di web freebyte.


Dalam memecah suatu file, tidak seperti winrar yang membatasi pilihan ukuran split yang dihasilkan perfile-nya, HJSplit memberikan kita kebebasan dalam menentukan ukuran perfile yang ingin kita buat. Nanti output file tersebut adalah sebagai berikut [Nama Asli File][.][Exntesion Asli][.][No urut file secara 3 Digit].


Untuk menggabungkan file, caranya juga mudah. Kita tinggal di minta memilih file dengan Extension .001 lalu memastikan bahwa file-file lanjutannya ada di dalam satu folder yang sama. Maka secara otomatis, HJSplit akan menggabungkan file tersebut. Mudahkan?


Selain itu HJSplit juga memiliki fasilitas Compare dan CheckSum yang gw belum tau fungsinya. Tapi yang penting, sekarang gw udah ketemu cara gabungan file Jumong gw tadi, dan bisa gunain subtitlenya. Akhirnya gw langsung tidur dah. Bangun-bangun, semua file yang gw download dah selesai ke download semua.


Hu hu hu



9 Responses to “Memecah File dengan HJSplit”

Jo Point Of View » Blog Archive » Setting Subtitle AVI Video says:
November 2, 2008 at 8:44 pm (Edit)

[...] ingatkan cerita gw di hari sebelumnya, soal gw download file film Jumong yang terbagi menjadi 3 file. Nah niat gw menggabungkan ketiga [...]
okiman says:
March 21, 2009 at 11:04 pm (Edit)

bos kalo misal yang file dipo.avi.007 tapi yang laen blom dapet misal yang .006 n file yang .007 itu bisa diliat gak yaa tanpa perlu file2 lainnya TQ
admin says:
March 22, 2009 at 6:47 am (Edit)

Bisa kok bos, pake K-LITE Media Player Classix aje, langsung filenya di tarik ke Media Player Classic
poi says:
March 29, 2010 at 3:23 pm (Edit)

halo kawan…aku udah download movie avi.001, 002, 003…….tapi kok cman 001 aja yang bisa ditonton di K-Lite window media classic…..002 and 003 nya…ndak bisa ditonton…..gmana tuh kawan
Johan Firdaus says:
March 29, 2010 at 6:21 pm (Edit)

@poi: memang tidak bisa gan, filenya harus di gabungkan dulu. Pastikan file 001, 002 dan 003 ada dalam satu folder. Buka hjsplit -> join -> pilih file 001 nya gan, nanti terserah file gabungannya mo di save di mana
poi says:
March 30, 2010 at 1:55 pm (Edit)

trims kalo begitu kawan atas infonya………
Johan Firdaus says:
March 30, 2010 at 6:50 pm (Edit)

Ya sama sama gan
wawan says:
July 10, 2010 at 9:12 pm (Edit)

kenapa pake hjsplet? bukannya di ekstrak pake ekstraktor kaya winzip atau 7zip udah bisa…? kalo memecah file pake ekstraktor juga bisa kan?
Johan Firdaus says:
July 12, 2010 at 10:52 pm (Edit)

Mecah file pake extractor bisa juga si, tapi kelemahannya adalah prosesnya lumayan lama. Karena prosesnya adalah di kompres dulu, terus baru di pecah. Terus kalo pake winrar juga mecahnya hanya bisa dalam ukuran tertentu ( ukuran disket, atau 100 MB ), jadi kurang fleksibel.

Tidak ada komentar: