Ads

Sabtu, 02 April 2011

Materi Kuliah Keamanan Komputer : Pendahuluan

Gk tau kenap neh tengah malam gini, gw masih blm tidur n malah ngotak ngatik file di komputer gw. Maksudnya gw mau rapiin, tapi malah ketemu file-file jaman gw kuliah dulu. Di antara file-file tersebut gw temuin materi yang menarik. Yaitu tentang Keamanan Komputer dari dosen gw.


Materinya sendiri sangat bagus, berikut ini ringkasannya, Gw juga sengaja Upload File Doc-nya ke Ziddu. Nanti kalo dah baca ringkasannya, kira-kira tertarik, download aja, linknya ada di bagian bawah artikel, setelah ringkasan. Yang Gw upload baru bab 1 - pendahuluan, besok gw upload terusannya.



Berikut ini adalah Ringkasannya:


DIKTAT KULIAH KEAMANAN KOMPUTER
Pendahulan
- Modal dasar
Berisi hal-hal yang perlu di ketahui sebelum mempelajari modul ini
- Cara belajar
Hal-hal yang harus dilakukan untuk memahami materi ini
- Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan
Hal-hal yang memotivasi kita untuk mempelajari materi ini, seperti
* information-based society
* Infrastruktur Jaringan komputer
* LAN
* Internet
* security hole
- Kejahatan Komputer semakin meningkat karena :
Penyebab kejahatan komputer, meliputi
* E-Commerce, online banking, Electronic data Interchange (EDI)
* Server
* Hukum
* Bug, dan lain-lain
- Klasifikasi kejahatan Komputer
* Annoying
* Dangerous
* Fisik (physical security)=> Wiretapping, Denial of service (DOS), Syn Flood Attack
* personel => user, password
* communications
* operasi
* Karakteristik Penyusup juga dijelaskan, diantaranya:
# The Curious (Si Ingin Tahu)
# The Malicious (Si Perusak)
# The High-Profile Intruder (Si Profil Tinggi)
# The Competition (Si Pesaing)
* Istilah bagi penyusup :
# Mundane
# lamer (script kiddies)
# wannabe
# larva (newbie)
# hacker
# wizard
# guru
- ASPEK KEAMANAN KOMPUTER
* Privacy / Confidentiality
* Integrity
* Authentication
* Availability
* Access Control
* Non-repudiation
- SECURITY ATTACK MODELS
* Interruption
* Interception
* Modification
* Fabrication
- SECURITY BREACH ACCIDENT
Contoh kasuh Penembusan keamanan mulai dari tahun 1996 - 2000
- MEMAHAMI HACKER BEKERJA
Contoh-contoh kasuk hacker bekerja, mulai penerapan Social Enginering sampai ke Script Linux-nya
- PRINSIP DASAR PERANCANGAN SISTEM YANG AMAN
- LAPISAN KEAMANAN
Keterangan tentang berbagai lapisan keamanan
* Fisik => Ruangan, Komputer, BIOS, Back UP, Log File
* lokal => User
* Root => Tips trick setting penggunaan user Root
* File => Tips Trick atur akses file
* Password dan Enkripsi => Brute Force, Dictionary
* Kernel => Kernel Dari sistem operasi
* Jaringan

Kalo tertarik, bisa download documentnya di sini.


Nah itu dia ringkasan Bab I, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: