Ads

Jumat, 08 April 2011

Robbing dalam Mafia Wars Facebook

May 10, 2009

Dilarang untuk copas artikel ini kemanapun dalam media apapun tanpa seizin saya, Johan Firdaus


Per tanggal 24 Sept 2009 Nanti, Robbing akan di hilangkan dari Mafia WARS, tidak tau apakah penghilangan ini sementara atau permanent. Yang pasti dia akan hilang dulu. Terima Kasih.


Jangan lupa untuk cek tips & tricks mafia wars laiinnya di sini.



Robbing adalah salah satu fitur mafia wars terbaru yang masih kontroversial. Walaupun saat ini masih dalam versi beta, robbing adalah salah dari sekian banyak fitur mafia wars facebook yang banyak di protes oleh para penggemar game ini. Sebelum saya menjelaskan kenapa fitur ini kontroversial dan (terkadang) menyebalkan, kita coba bahas dulu tentang fitur ini dari sudut pandang netral.


Robbing dalam mafia wars facebook dapat diartikan suatu tindakan merampok property mafia lainnya dan lalu merusaknya. Robbing dapat dilakukan dengan cara memilih menu fight -> robbing. Lalu pilih mafia dan properti milik mafia tersebut yang ingin Anda rampok (Rob). Robbing saat ini masih dalam versi beta dan bisa di akses pada saat Anda mencapai level 15. Stamina Anda akan berkurang satu setiap Anda melakukan Robbing.



Jika Anda berhasil melakukan Robbing maka Anda akan mendapatkan uang dan barang jarahan (loot item) serta Anda juga merusak properti dari mafia yang Anda serang. Properti yang rusak akan menghasilkan uang yang lebih sedikit. Semakin parah rusak suatu properti, semakin sedikit uang yang dihasilkannya.

Saat melakukan Robbing, family member yang bisa Anda bawa dibatasi jumlahnya sesuai dengan level Anda. Jadi jika level Anda adalah 30, Anda hanya bisa membawa 30 family members saat melakukan Robbing walaupun total family members Anda saat ini sudah di atas 500. Hal yang sama juga berlaku jika Anda di serang. Jadi jangan coba-coba merampok mafia dengan level jauh di Atas Anda karena kemungkinan besar Anda akan kalah di keroyok oleh mereka.

Anda juga bisa melakukan proteksi terhadap properties Anda dengan cara masuk ke menu properties dan pilih protect. Tentu saja melakukan proteksi terhadap Properti Anda akan membutuhkan sejumlah uang. Jika suatu Properties terproteksi, Anda bisa melihat 5 shield / pelindung di properti Anda. Properti yang di proteksi memiliki defense yang lebih tinggi dari properti yang tidak di proteksi. Tetapi jika Anda di serang dan serangannya berhasil maka pelindung tersebut akan hilang satu. Jika Anda gagal selama 5 kali dalam mempertahankan diri dari Rob maka kelima pelindung tersebut akan hilang dan defense dari properti Anda akan kembali ke normal.


Jika suatu properti telah rusak parah sampai level tertentu (30 %), polisi Akan datang menjaga properti Anda sehingga properti tersebut tidak bisa diserang. Tetapi uang yang di hasilkan dari Properti tersebut juga sangat jauh berkurang (terakhir saya cek si hanya mengasilkan $0 ).


Anda bisa memperbaiki properti yang rusak dengan cara masuk ke menu properti dan pilih fix properti yang ingin Anda perbaiki. Tentu saja perbaikan membutuhkan uang dan hal ini akan membuat Polisi pergi dan Properti Anda jika properti Anda sebelumnya berada di level 30 %.


Khusus Untuk Properties Louie’s Deli, Mafia Mike’s, Rent House atau Undeveloped Space tidak bisa diserang oleh mafia lainnya dan oleh karena itu properti ini adalah properti yang paling aman yang harus Anda miliki.


Semakin banyak Properti (tipe yang sama) Yang Anda miliki, maka semakin sulit Properti Anda rusak.


Nah dari gambaran diatas mungkin Anda sudah dapat sedikit informasi mengenai apa itu Rob. Sekarang kita bahas apa yang membuat orang-orang kurang menyukai Fitur ini. Coba kita cek kembali salah aturan Robbing, yaitu:


Family Members yang bisa Anda saat melakukan Rob dibatasi oleh level Anda saat melakukan Rob


Aturan ini membuat gila banyak pemain-pemain level rendah karena orang-orang dengan level jauh lebih tinggi akan terus menerus menyerang Properti mereka tanpa mereka mampu memberikan perlawan. Bayangkan jika level Anda 50 dan properti Anda di serang oleh Mafia dengan level 100, pertempuran terjadi di mana Anda membawa 50 family member melawan Mafia Family yang membawa 100 family member. Kemungkinan Anda mampu mempertahankan properti Anda sangat kecil. Dan inilah hal yang menjadi keluhan kebanyakan para pemain mafia wars facebook soal fitur Robbing ini.


Satu-satunya cara effektif untuk menghindari "lubang" ini adalah dengan tidak menonjolkan diri Anda. Hindari membuat dan tampil di hitlist karena Hitlist adalah tempat termudah untuk menemukan orang dengan level di bawah Anda. Cukup klik nama pembuat ataupun orang yang di hitlist maka mereka akan mendapatkan korban untuk di rob karena berbeda dengan fight, Anda tidak bisa menyimpan properti Anda di bank sehingga mereka bisa di Rob terus (tanpa Anda bisa melawan karena perbedaan level yang cukup jauh) menerus sampai properti Anda rusak semua. Parahkan???


Cara lainnya tapi ini kurang effektif adalah untuk meng-add orang yang menyerang Anda sebagai family members Anda. Cara untuk melihat id facebook seseorang bisa Anda cek di sini


Tetapi seperti saya sebutkan tadi bahwa Robbing masih dalam tahap beta dan kemungkinan besar perbaikan di sana sini akan terus dilakukan oleh Zynga. Kita tunggu saja perbaikan apa yang akan dilakukan oleh Zynga nantinya karena jika saya cek di forum-forum, Robbing banyak membuat orang-orang yang baru bermain mafia wars berhenti memainkannya. Dan tentu saja pemain yang berhenti adalah kabar buruk bagi Zynga.


He he he


8 Responses to “Robbing dalam Mafia Wars Facebook”

  1. bos… link Johan firdaus udah aku pasang di my website (http://www.ekurniawan.net)
    sekarang gantian donk pasang link di blognya bro firdaus. thx

    salam
    eka kurniawan

  2. admin says:

    Link sudah di add

  3. wah sekarang sistem robbing sudah hancur lebur deh oleh karena zynga kalah dalam orang di mafia wars

  4. nanti datang lagi lho bisa bisa

  5. heee, masa si, tapi mungkin juga, tapi kemungkinan dengan aturan yang lebih baik

Tidak ada komentar: