Ads

Sabtu, 02 April 2011

Penggunaan FTP Untuk Hosting Anda

Sebelumnya di beberapa artikel saya tentang hosting 000webhost seperti membuat-web-site-dengan-web-hosting-domain-gratis, mengexport-blog-anda-ke-dalam-bentuk-blog-wordpress dan membuat-sub-domain-dalam-hosting-anda saya selalu menginfokan cara mengupload file Anda ke web dengan menggunakan file manager Yang Ada di CPanel. Tetapi cara upload menggunakan File Manager dengan menggunakan file manager, selain tidak praktis, uploadnya juga di batasi, maximal sekali upload 5MB.


Tentu saja batasan 5 MB ini sangat menganjal bagi Anda, karena selain harus mimilih satu per satu filenya, kita tidak bisa meninggalkan komputer selama proses upload. Tetapi jangan takut, sekarang saya akan memberitahukan Anda cara untuk mengupload file ke hosting Anda dengan mudah dan gampang, Yaitu dengan menggunakan Aplikasi FTP Manager.


FTP Manager yang saya maksud adalah FileZilla. Software ini dapat Anda download dari sourceforge.net, di searh saja karena saya lupa lokasi tepatnya, atau anda bisa langsung download di sini. FileZilla ada software FTP-Client yang powerfull yang bisa digunakan untuk Windows 9x, ME, NT4, 2000 and XP. Jika Anda pengguna vista, di cobain deh, jalan apa enggak di vista, soalnya belum pernah dicobain.


Setelah Anda mendownload dan menginstall filezilla maka segeralah Anda jalankan Aplikasinya. Maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:



Tampilan FileZilla


Keterangan dari bagian-bagian FileZilla:




  1. Quick Connect, disini adalah tempat Anda mengisikan data koneksi ftp Anda.

  2. Menunjukan Status dari koneksi filezilla.

  3. File Explorer dari komputer kita

  4. File Explorer dari hosting/server kita

  5. Menunjukan Status dari pertukaran file Antara Komputer kita dengan Server


Berikut ini adalah keterangan dari status filezilla



Status:
Menunjukkan status dari operasi yang dilakukan. Contohnya: “Connecting to (server)…” atau “Retrieving directory listing…”
Error:
Merupakan pesan kesalahan (ditunjukkan dengan warna merah).
Command:
Menunjukkan perintah FileZilla kepada server
Response :
Respon dari server ke FileZilla. Digit pertama menunjukkan apakah suatu operasi gagal atau berhasil. Digit pertama angka 2 atau 3 berarti perintah sukses dilaksanakan, sedangkan 4 atau 5 berarti perintah gagal dilaksanakan


Ok, setelah mengenal tampilan dari filezilla, saatnya belajar menggunakannya. Pertama, Anda lihat bagian Quick Connect. Di sini adalah tempat anda memulai koneksi pertama kali. Disini bisa kita lihat bahwa untuk melakukan koneksi kita membutuhkan data address, user, password dan port. Dari mana kita dapat data ini? Tentu saja dari hosting Anda, biasanya saat Anda daftar, anda akan diinfokan melalui email mengenai informasi ftp Anda. Atau jika Anda bingung coba tanyakan ke customer support dari web hosting Anda. Kalo yang gratisan seperti pengguna 000webhost harus bagaimana?


Untuk pengguna 000webhost, Anda bisa melihat status ftp Anda di CPanel. Caranya, login ke 000webhost, dan masuk ke CPanel Anda. Lalu dibagian Files, tepatnya di sebelah File Manager Anda klik link View FTP Details.



Klik Viep FTP details (di sebelah File Manager)


Setelah itu akan muncul informasi tentang id FTP Anda. Tampilannya seperti di bawah ini:



Informasi FTP Anda


Dari data di atas dapat di ketahui apa user Anda, apa password Anda (Maksud *use your password* adalah bahwa pasword ftp sama dengan pasword login Anda ke 000webhost.


Setelah itu, masukan data Anda ke FileZila, bagian Quick Connect. Isi Address dengan HostName, is user dan password. Lalu bagaimana dengan Port ftp-nya? Karena Port tidak diinfokan, maka anda tidak usah mengisinya, karena secara otomatis maka port yang digunakan adalah port 21, port default ftp.


Setelah itu tekan click connect, maka koneksi antara Anda dengan server akan terbentuk. Setelah ini, Anda hanya perlu click And Drag file-file yang ingin anda upload ke server, ataupun file-file yang ingin Anda download dari server. Tarik saja satu folder dari htdocs lokal Anda, ke public_html server Anda. Setelah itu Anda tinggal nonton tv, buang air besar, mandi, sikat gigi, maen PS atau apapun kesibukan Anda, dan mudah-mudahan saat Anda kembali, proses pemindahan file sudah selesai.


Cat:


Mulai 5 desember, 000webhost akan melakukan update secara berkala kepada password ftp. dengan alasan security Biasanya awal bulan, jadi Anda sudah tidak bisa akses ftp dengan password lama, coba saja cek lagi passwordnya, kemungkinan sudah berubah.


Ok gitu saja untuk hari ini, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar: