Ads

Sabtu, 09 April 2011

Membatasi Orang Yang Bisa Melihat Status Anda dalam Facebook

May 23, 2009

Mungkin Anda sering kali berada dalam keadaan terpaksa di mana Anda harus menerima request permintaan berteman di facebook dengan Boss-boss (atasan), orang tua atau orang-orang yang secara langsung memberitahukan Anda bahwa mereka sudah meng-add facebook Anda. Padahal sebenarnya Anda ini adalah maniak facebook yang suka membuat statu Aneh-aneh dan tidak jelas, apalagi yang namanya status seperti "Rese bos gw marah-marah mulu", "Lagi maen game di jam kantor", etc.


Nah, jika Anda menerima friend request mereka, maka konsekuensinya adalah Mau tidak mau Anda tidak boleh sembarangan membuat status lagi karena status Anda pasti akan ketawan oleh mereka dan akibatnya bisa di ketok pala Anda oleh mereka karena status facebook Anda tersebut.


Ada juga orang yang membuat dua facebook karena masalah ini, satu adalah facebook untuk teman-teman umum dan satu lagi untuk teman-teman kantor, karena jika sudah ada teman kantor, maka cepat atau lambat, bos bos Anda yang maniak facebook juga akan meng-add Anda nantinya. Atau ada juga yang sengaja tidak mengupload foto dan menggunakan nama yang berbeda untuk sekedar menghindari di add oleh 0rang-orang yang Anda tidak inginkan untuk melihat status Anda.


Tampaknya facebook aware akan hal ini dan pihak facebook telah mengeluarkan option baru dalam mengumbar status Anda dengan tetapi menjaga privacy Anda. Facebook mengeluarkan Aturan di mana Anda bisa membuat sebagian orang yang ada di friendlist Anda tidak bisa melihat status, album, wall message dan atribut lain dari facebook Anda.




Untuk melakukan hal ini caranya sangat mudah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat limited profle friend list. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya"




  1. Pilih menu utama, hinglight Friends, lalu pilih "All Friends" dari menu drop-down.

  2. Click Create New List di bagian atas list teman-teman Anda

  3. Akan muncul semacam window untuk menentukan friendlist baru tersebut.

  4. Masukan Nama Friendlist tersebut (misalnya : Boss)

  5. Lalu pilih teman-teman Anda yang ingin Anda masukan ke dalam friend list tersebut

  6. Setelah semua orang sudah Anda tambahkan, klik Create List untuk membuat List.

  7. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah:



facebook,tutorial


Gambar Cara Membuat Friend List di dalam facebook


Walaupun Anda telah membuat friend list untuk orang-orang yang Anda tidak ingin bisa melihat perubahan status, album atau wall Anda, tetapi hal ini belum membuat mereka tidak bisa melakukan hal tersebut. Membuat friendlist adalah langkah pertama, langkah berikutnya adalah mengatur privacu setting Anda dan mengcustomize-nya sehingga mereka tidak bisa melihat perubahan status Anda.


Cara untuk memblok mereka dari melihat perubahan status Anda sangatlah mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:




  1. Highlight Setting (di menu utama) dan pilih privacy setting

  2. Pilih Profile di page berikutnya

  3. Kecuali tulisan Profile, Anda bisa setting semua setting yang lain agar tidak bisa dilihat oleh friend list tertentu.

  4. Berikut ini adalah list dari profile yang bisa Anda block untuk tidak di lihat oleh orang-orang tertentu

    • Basic Information, meliputi Network (Jaringan facebook kita), Sex (Jenis Kelamin), Birthday, Relationship Status, Interested in, Looking For, Political View (Partai) dan Religious View (Agama)

    • Personal information, meliputi Aktifitas, interest / hobby, favorite music, tv, movies, buku, quotation dan about me

    • Status and Links, meliputi status yang Anda buat dan links yang Anda publish.

    • Photos Tagged Of You, foto yang ada kitanya (kita di tag)

    • Video Tagged Of You, video yang ada kitanya (kita di tag)

    • Friend, list teman kita di facebook

    • Wall Post, postingan Wall Message di facebook kita

    • Education info, pendidikan kita

    • Work Info, pekerjaan kita

    • Anda juga bisa mensetting di halaman Contact Information siapa saja yang bisa melihat IM Screen Name, Mobile Phone, other phone, current Adress, Web Site dan e-mail Anda.



  5. Setelah Anda sudah menentukan profile mana yang ingin Anda ubah settingan privacy-nya, klik combo box dari settingan profile tersebut dan kemudian pilih customize.

  6. Akan muncul window Who Can See This? Pilih beberapa option di bawah ini

    • EveryOne On Facebook, tandai ini maka semua user yang punya id facebook akan bisa melihat status Anda, kecuali mereka yang Anda exclude di Expect These People

    • Friend Of Friends, tandai ini jika Anda hanya ingin orang yang bisa melihat status Anda hanyalah Teman facebook Anda, dan teman dari teman facebook Anda, kecuali mereka yang Anda exclude di Expect These People

    • Only Friend, tandai ini jika Anda hanya ingin orang yang bisa melihat status Anda hanyalah Teman facebook Anda saja, kecuali mereka yang Anda exclude di Expect These People

    • Some Friend, tandai ini jika Anda hanya ingin orang yang dapat melihat profile Anda adalah orang-orang yang telah Anda tulis di sini namanya, atau friendlistnya (White List).

    • Only Me, Hanya Anda dan Network pilihan Anda yang bisa melihat Profile Anda

    • Network, Anda bisa memilih semua network Anda, sebagian Network Anda atau Anda membuat profile Anda tidak bisa dilihat sama sekali oleh orang-orang di network Anda

    • Expect These People, Mereka adalah orang-orang yang Anda tidak ingin agar mereka melihat stat atau profile Anda. Cukup masukan nama friend list ke dalam Except These People maka mereka tidak akan bisa melihat perubahan profile anda lagi.



  7. Sebenarnya, Anda tidak perlu membuat friend list untuk melakukan hal ini, tetapi dengan friend list pekerjaan Anda jadi berkurang banyak karena ada beberapa kategori profile yang harus Anda setting dan pastinya mengupdate 10 profile sekaligus dengan puluhan Nama akan cukup merepotkan. Jadi ada baiknya anda gunakan friend list, jadi jika Anda hanya perlu mengatur friendlist nya saja tanpa perlu bulak balik setting privacy.


facebook,profile


Gambar setting privacy profile facebook



Ok itu saja, semoga bermanfaat

3 Responses to “Membatasi Orang Yang Bisa Melihat Status Anda dalam Facebook”

  1. sarmila says:

    jika kita adalah org yg diblok melihat profile teman, apa ada cara utk melihatnya kembali tanpa pengetahuan pemilik akun? thx

  2. ridwan says:

    sore mas, saya ingin bertanya…sy baru saja putus dengan pacar saya dan id saya diblokir olehnya dan bagaimana sy bisa melihat aktifitas/status nya mantan saya tanpa dia tau kita bisa melihat statusnya…mohon informasi yg bermanfaatnya, terima kasih dan kalau memangbisa tolong kirim via email sya ..terimaksih sekali lagi

  3. Wah kalo dah di block gak bisa gan, satu satunya cara adalah pinjem fb temen agan yang ada dia di friendlistnya… atau agan bikin fb baru, dengan nama sembarangan, terus add dia, kali aja bakal di approve

    hehehe

Tidak ada komentar: