Ads

Sabtu, 09 April 2011

SI BUDAK : FRED DOUGLAS

dari milis


Fred Douglas adalah seseorang yang benar-benar memulai segalanya dari nol. Dari kecil dia tidak memiliki apa-apa, bahkan nyawanya saja bukan miliknya. Fred Douglas adalah seorang anak Budak Belian. Dari lahir dia sudah dijadikan sebagai jaminan untuk melunasi hutang majikan orang tuanya.


Karena ia dia jadikan jaminan, Fred Douglas jarang sekali bertemu dengan ibunya. Ibu Fred hanya bisa menemui Fred di malam hari di mana ibunda dari Fred harus menembuh jarak dua belas kilometer dengan berjalan kaki. Parahnya lagi, walau sudah berjalan jauh, ibu fred hanya punya sisa waktu 1 jam untuk menghabiskan waktu dengan anaknya.



Fred Douglas tidak mempunyai kesempatan belajar. Seorang budak belian tidak diperkenankan untuk belajar menulis ataupun membaca. Tetapi Fred memiliki keinginan kuat untuk belajar. Walaupun dilarang, Fred secara diam-diam belajar membaca dan menulis tanpa sepengetahuan orang lain. Karena keinginan kuat dan usahanya yang luar biasa dalam belajar, Fred akhirnya bisa mengalahkan teman-temannya yang kulit putih dalam hal pelajaran.

Kehidupan sebagai budak tampaknya membuat seorang Fred Douglas muak. Di usianya yang ke-21, Fred melarikan diri dari perbudakan dan bekerja sebagai seorang pesuruh di New York dan di New Bedford. Begitu muaknya Fred dengan perbudakan membuat dirinya merasa harus berperan serta dalam menghapus perbudakan dari muka bumi ini. Di Nantucket, Fred berpidato, mendesak dihapuskannya perbudakan. Kesan yang ditimbulkannya sedemikian baik sehingga ia diangkat menjadi agen Lembaga Anti Perbudakan di Massachussetts.

Sementara ia berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memberikan ceramah, ia tetap belajar. Ia kemudian dikirim ke Eropa untuk berpidato dan menjalin persahabatan dengan beberapa orang Inggris yang kemudian memberinya 750 dolar untuk menebus kebebasannya sebagai seorang budak.


Ia menerbitkan surat kabar di Rochester dan kelak memimpin New Era di Washington. Bertahun-tahun lamanya ia menjadi kepala District of Columbia dan bisa menandingi setiap orang kulit putih mana pun.


Bahkan seorang budakpun bisa berhasil jika dia memiliki keinginan dan usaha yang kuat? Jika Anda merasa Anda selalu gagal karena segala kekurangan Anda pada waktu Anda dilahirkan, maka tanyakan kalimat ini pada diri Anda? Apakah keadaan Anda lebih buruk dari Fred Douglas pada waktu ia dilahirkan?

Tidak ada komentar: