Ads

Sabtu, 02 April 2011

KISAH SEEKOR KUPU - KUPU

Artikel dapet dari milis:

Seseorang menemukan kepompong seekor kupu-kupu. Suatu hari lubang kecil muncul di salah satu bagiannya. Dia duduk mengamati calon kupu-kupu ketika berjuang memaksa dirinya melewati lubang kecil itu. Kupu-kupu pun berhenti. Kelihatannya ia telah berusaha semampunya dan tak bisa lebih jauh lagi. Akhirnya, orang tersebut memutuskan untuk membantunya. Dia mengambil sebuah gunting dan memotong sisa kekangan dari kepompong itu.




Kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Namun, dia mempunyai tubuh gembung dan kecil, sayap-sayapnya pun mengkerut. Orang tersebut terus mengamati dan berharap suatu saat sayap-sayap itu akan mekar dan melebar sehingga mampu menopang tubuh kupu-kupu hingga akhirnya dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Semuanya tak pernah terjadi. Kenyataannya, kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap-sayap mengkerut. Dia tidak pernah bisa terbang.



Yang tidak dimengerti dari kebaikan dan ketergesaan orang tersebut adalah bahwa ternyata kepompong yang menghambat perjuangan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil adalah jalan Allah untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu itu ke dalam sayap-sayapnya sedemikian sehingga dia akan siap terbang begitu memperoleh kebebasan dari kepompong.



Laksana kupu-kupu itu, hambatan dan perjuangan adalah suatu yang kita perlukan dalam hidup. Jika Allah membiarkan kita hidup tanpa hambatan dan perjuangan, mungkin justru akan melumpuhkan kita. Kita mungkin tidak sekuat yang semestinya dibutuhkan untuk menopang cita-cita dan harapan yang kita mintakan. Kita mungkin tidak akan pernah dapat "terbang".



Sesungguhnya Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang


Kita memohon kekuatan…


Dan Allah memberi kita kesulitan-kesulitan untuk membuat kita tegar


Kita memohon kebijakan...


Dan Allah memberi kita berbagai persoalan hidup untuk diselesaikan agar kita makin bijaksana


Kita memohon kemakmuran...


Dan Allah memberi kita otak dan tenaga untuk dipergunakan dalam mencapai kemakmuran


Kita memohon keteguhan hati...


Dan Allah memberi bencana dan bahaya untuk diatasi


Kita memohon cinta...


Dan Allah memberi kita orang-orang bermasalah untuk diselamatkan dan dicintai


Kita memohon kemurahan dan kebaikan hati...


Dan Allah memberi kita kesempatan-kesempatan yang silih berganti



Begitulah cara Allah membimbing kita...


Apakah jika kita tidak memperoleh yang kita inginkan, berarti bahwa kita tidak mendapatkan segala yang kita butuhkan?


Kadang Allah tidak memberikan yang kita minta, tapi dengan pasti Allah memberikan yang terbaik untuk kita, tapi kebanyakan kita tidak mengerti, mengenal, bahkan tidak mau menerima rencana Allah, padahal justru itulah yang terbaik untuk kita.


* ` * berukhuwah dalam cinta-Nya *

Tidak ada komentar: