Ads

Sabtu, 02 April 2011

Romance Of Three Kingdom

Romance of Three Kingdom (ROTK) adalah suatu Novel Semi Sejarah yang bercerita tentang Zaman tiga kerajaan di China. Novel ini dimulai dari masa-masa akhir Dynasty Han sampai dengan ke masa-masa awal Dynasty Jin dimana akhirnya semua tiga kerajaan runtuh.

The Story

Note : Bagi yang ingin mengetahui biografi karakter ROTK secara detail, based on novel, cek aja di Kisah Tokoh-tokoh Romance Of Three Kingdom.

Cerita ROTK dimulai dari Zhang Zhao menerima buku "Essential Arts of Peace", dengan buku itu ia pun bisa memanggil Angin dan memerintahkan Hujan. Dengan kemampuannya itu, ia berhasil membuat banyak pengikut, dan akhirnya ia memutuskan untuk mengadakan pemberontakan terhadap dynasty Han yang sudah sangat Corrupt akibat Kaisarnya hanya mendengarkan Kasim. Kelompok pemberontak ini dikenal dengan nama The Yellow Turban.



Dari sini muncul banyak pahlawan, di antaranya adalah Liu Bei, seorang penjual sendal yang juga memiliki darah Liu Bang (pembentuk dynasty Han). Liu Bei bersama ke dua sodara Angkatnya Guan Yu dan Zhang Fei bergabung dengan Liu Yan seorang imperial Protector yang mengumpulkan kekuatan untuk melawan Yellow Turban.

Pahwalan Yang muncul lainnya adalah Cao Cao, Sun Jian, Yuan Shao, Dong Zhuo dan lainnya. Tidak butuh waktu lama akhirnya pemberontakan dapat di taklukan. Tetapi pemberontakan ini sebenarnya hanyalah awal dari kehancuran Dynasty HAN. Dari sini, muncul banyak kekuatan baru. Kaisar Han-pun di perebutkan oleh para Pahlawan tadi untuk dilindungi dan di jadikan Kaisar Boneka.

Kaisar Han di kuasai secara bergantian, mulai dari He Jin, Dong Zhuo, Li Jue, Cao Cao dan terakhir Cao Pi. Perperangan terjadi di mana-mana, Hingga akhirnya hanya tersisa tiga kekuatan besar yaitu Liu Bei, di dukung oleh Zhuge Lian, Guan Yu, Zhang Fei, Zhao Yun dan lainnya. Lalu Cao Cao di dukung oleh Zhang Liao, Xiahou Dun, Cao Ren, Xun Yu, Guo Jia & Sima Yi. Terakhir adalah Sun Quan (Anak ke-2 Sun Jian) yang di dukung oleh Zhou Yu, Lu Su, Lu Meng, Lu Xun, Gan Ning dan lainnya.

Setelah Cao Cao wafat, Cao Pi anak Cao Cao memutuskan untuk menghapus Dynasty Han yang sudah melemah, dan mendirikan Dynasty-nya sendiri. Cao Pi kemudian membentuk Dyansty Wei, di susul Liu Bei membentuk Dynasty Shu dan terakhir Sun Quan dengan Dynasty Wu.

Setelah Liu Bei Wafat, Shu di pimpin oleh anaknya Liu Chan dan di bantu oleh Zhuge Liang. Tetapi Liu Chan sangat tidak kompeten & terlalu banyak percaya kepada kasimnya Huang Hao, sehingga setelah beberapa tahun Zhuge Liang Wafat, Shu Dapat ditaklukan Oleh Wei ditandai dengan menyerahnya Liu Chan kepada Wei. Wei sendiri akhirnya hancur karena pemberontakan Anak Sima Yi, Sima Zhao . Sima Zhao lalu membentuk Dynasty-nya sendiri yaitu Dynasty Jin. Lalu terakhir Jin di bawah pimpinan Sima Yan, anak SiMA Zhao pun mampu menghancurkan Wu sehingga akhirnya China bersatu kembali dalam satu Dynasty yaitu Dynasty Jin.

The Book



Untuk cerita lengkapnya, coba saja cari buku ini di Gramedia, ada bukunya, tebal-tebal dan di bagi kedalam beberapa Jilid, dengan satu jilidnya harganya sekitar Rp 130.000. Atau Jika uang Anda pas-pasan dan punya mata yang kebal melototin monitor, coba aja baca cerita ini secara online di www.threekingdoms.com. Bahasanya Inggris tentu saja.

Selain itu coba baca juga Anak Naga, manga jepang yang ceritanya di dasarkan dari Cerita ROTK, walaupun makin lama makin ngawur Ceritanya.



The Game

Nah sebenarnya, kebanyakan orang pasti lebih kenal dengan ROTK melalui Game daripada melalui Novelnya sendiri. Gw saja tau Novel ini pertama kali dari Game Romance Of Three Kingdom VI di PS1 & ROTK IV di PC. Sebenarnya ada banyak sekali game yang di buat dengan Tema ROTK. Di antaranya adalah:

Source : Kongming.net
Romance Of Three Kingdom I    ( MS-DOS, NES, MS-DOS )

Romance Of Three Kingdom II   ( MS-DOS, NES, SNES, Genesis )

Romance Of Three Kingdom III  ( MS-DOS, SNES, Genesis, Sega CD, PS, Nintendo DS )

Romance Of Three Kingdom IV   ( MS-DOS, SNES, Saturn, Sega 32X, PS )

Romance Of Three Kingdom V    ( MS-DOS, SNES, PS, PSP )

Romance Of Three Kingdom VI   ( Windows, PS, Dreamcast )

Romance Of Three Kingdom VII  ( Windows, PS2 )

Romance Of Three Kingdom VIII ( Windows, PS2 )

Romance Of Three Kingdom IX   ( Windows, PS2 )

Romance Of Three Kingdom X    ( Windows, PS2 )

Romance Of Three Kingdom XI   ( Windows, PS2 )

Dynaty Warrior                ( PS )

Dynaty Warrior II             ( PS2 )

Dynaty Warrior III            ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior III : XL       ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior IV             ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior IV : XL        ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior IV : Empires   ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior V              ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior V : XL         ( PS2, XBOX )

Dynaty Warrior V : Empires    ( PS2, XBOX )

Warrior Orochi                ( PS2, XBOX )

Warrior Orochi II             ( PS2, XBOX )

Dynasty Tactic                ( PS2 )

Dynasty Tactic II             ( PS2 )

Dragon Throne:

Battle of Red Cliff           ( WINDOWS )

Fate of the Dragon            ( WINDOWS )

Fate of the Dragon II         ( WINDOWS )

Kessen II                     ( PS2 )

Destiny of an Emperor         ( NES )

Destiny of an Emperor II      ( NES )

Destiny of an Emperor III     ( SNES, GENESIS )

Weh banyak bangetkan, yang sudah gw maenin si gak semua.
Cuman
ROTK II, III, IV, VI, VII, VIII, IX, X, XI
Dyansty Warrior 3, 4, 4:XL, 4:Empires, 5, 5:XL, 5:Empires
Warrior Orochi
Dynasty Tactic I, II
Dragon Throne: Battle of Red Cliff

He he he
The Movie

Nah, untuk film seri, film ini juga pernah ditayangin di indonesia, judulnya Sam Kok. Tapi sayangnya, gak meledak, karena Film ini orangnya terlalu banyak, jadi gak jelas. Ceritanya loncat-loncat dan gak semua event di tampilkan, dan jika nonton di jamin Ngantuk. Sedangkan untuk film bioskop-nya ada tuh kemaren, tapi gw belum nonton.

The Sites:
Tertarik dengan ROTK, coba kunjungi 2 situs ini, di jamin pengetahuan anda tentang ROTK akan meningkat drastis:

- http://www.threekingdoms.com/
- http://kongming.net/

43 Responses to “Romance Of Three Kingdom”

infogue says:
May 14, 2008 at 9:58 am (Edit)

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://buku.infogue.com/romance_of_three_kingdom
aji says:
May 27, 2008 at 9:04 pm (Edit)

3 kingdom cerita yg bgs. nyolong2 waktu kecil baca di toko buku gak kuat beli. gw kenal dr game waktu itu RTK2 di kompie gw yg 1 (17 thn yg lalu) semua dimainin kecuali RTK5.gak pernah nemu RTK5 ada yg udh main?
yg terakhir mau keluar di ps 3. atau udah? ;-) .
artikel bagus jo! salut.
admin says:
May 27, 2008 at 9:59 pm (Edit)

Weks, thank you bosss

jadi terharu ternyata artikel gw ada yang baca

sep sep sep
hendrik doank says:
May 29, 2008 at 7:45 pm (Edit)

klo g c, ud maenin versi PS-y aj..
pas tw ad yg buat PSP-y, g pngn bngt dapetin, tp blon ktm ampe skrng, yg g tw c, ROTK V.. hiks3x..
ad yg bs bnt gak?
admin says:
May 29, 2008 at 8:20 pm (Edit)

Waduh Sory Bos Hendrik, gak bisa bantu neh kayaknya, wong aye PSP aja gak punya.
he he he

Mungkin yang lain bisa bantuuu…???
Anak Buah Bos Berwin says:
July 15, 2008 at 8:44 pm (Edit)

Bos, bagi yang mau download gratis novel Romance Of Three Kingdom yang versi bahasa Indonesia terjemahan langsung dari Bank Berwin anak kaskus, langsung aja donlod di sini:
http://rapidshare.com/files/129882090/Romace_of_The_Three_Kingdom_Terjemahan_Berwin_kaskus.rar

Hehehehe
Anak Buah Bos Berwin says:
July 19, 2008 at 12:00 am (Edit)

Donlod na disini aja bos, untuk ebook Romance Of Three Kingdom versi indo http://rapidshare.com/files/130673853/Microsoft_Word_-_Romace_of_The_Three_Kingdom.pdf, link yang di sebelumnya gw kasih udah gak aktif
ramadhani says:
August 12, 2008 at 3:11 pm (Edit)

wow, udah maenin banyak amat itu ROTK nya? gue baru maen yang IV ama XI. pengen maen yang laen tapi gak nemu dimana mana. ada yang bisa di download ga ya? di kongming,net cuma dapet yang ke VI. ga ada yang versi PC kecuali pake emulator. ada yang versi PC ga ya?
admin says:
August 15, 2008 at 9:33 pm (Edit)

Waktu itu gw liat yang ROTK X versi PC di jual di tempat jualan software yang ada di stasiun UP. Coba aja lu cek di sana, masih ada apa enggak. Kalo donlod gw gak tau lokasinya
HuangLiao says:
August 29, 2008 at 9:47 am (Edit)

Weqs, ebat postnya bang! Tp kyknya perlu diupdate lagi deh. DW IV yg bwt PC dah lama keluar soalnya. Judulnya Dynasty Warriors 4: Hyper. Wa belon maen sih. Yg Warrior Orochi juga dah keluar yg versi PC.

Wa maen RTK pertama RTK VI. Ga bisa maen yg laen, soalnya ga punya PS2 :P

Tapi klo bisa ktemu ROTK X nya diupload yah? :D
admin says:
August 29, 2008 at 10:27 pm (Edit)

ROTK X ukurannya gede, pake spidut bisa bertahun tahun uploadnya T_T

Mendyng kalo elu tinggal di daerah yang dilalui KRL jakarta bogor, beli aja di statiun UP, di sana ada toko software harga atuannya kalo cd 6000 kalo dvd 22000, murahkan dari pada beli di mangga 2

huhuhu
Anak Buah Bos Berwin says:
November 2, 2008 at 11:26 pm (Edit)

Kalo yang gak suka rapidshare, gw upload juga linknya di http://www.ziddu.com/download/2558333/RomaceofTheThreeKingdombyBankBerwin.rar.html
Jo Point Of View » Blog Archive » [Movie Review] A Battle Of Wits says:
January 15, 2009 at 9:03 pm (Edit)

[...] yang suka film perang mideval, terutama untuk film mideval china. Jika Anda suka dengan buku Taiko, Romance Of Three Kingdom, pedang bintang hikoza, ataupun jika Anda suka dengan game-game romance of three kingdom, kessen, [...]
Jo Point Of View » Blog Archive » [Movie Review] A Battle Of Wits says:
January 15, 2009 at 9:03 pm (Edit)

[...] yang suka film perang mideval, terutama untuk film mideval china. Jika Anda suka dengan buku Taiko, Romance Of Three Kingdom, pedang bintang hikoza, ataupun jika Anda suka dengan game-game romance of three kingdom, kessen, [...]
XQ says:
February 21, 2009 at 7:31 pm (Edit)

Thanks… akhirnya bisa baca dlm bhs Indo. Sblmnya gw dapet yg versi bhs Inggris, bacanya sampe mabok n blm selesai2 smp sekarang, haha…..
admin says:
February 22, 2009 at 12:04 pm (Edit)

sama sama gan, mang mantab ceritannyaaaa
tapi kalo baca cuma kuat baca sekali aja

soalnya banyak banget

wekekkeke
Ronny says:
April 13, 2009 at 10:34 pm (Edit)

Bro Jo, penggemar Romance of Three Kingdom baik game or ceritanya.
Gua juga sama, suka dan lumayan hafal cerita komplitnya.
Gua baca buku Lo Guanzhong seri 1-8.

Btw, gua lagi nyari game Romance of Three kingdom IX yang ada di PS2.
Gua dulu punya game itu, tapi dah rusak (ga bisa baca DVDnya). Kalo ada, gua mau beli.
Kalo lu juga koleksi, gua copy aja deh. Thanks banget atas bantuannya.
admin says:
April 13, 2009 at 11:19 pm (Edit)

Kalo di jabotabek mending ke glodok aja bos, di sana masih ada tuh toko yang jual gamenya, atau kalo di luar jakarta, bisa cari di forum jual beli kaskus, banyak yang jual, harganya miring pula
Kie says:
April 23, 2009 at 7:26 pm (Edit)

Bos RoTK X Mau dong ribet bgt nyarinya.. gw dah cari donlodannya dimana2 ga ketemu, gw dah keliling2 toko software katanya udah ga ada.. tolong yang punya ROTK X buat PC di kasi info buat saya, dimana jualnya dll, gw samperin kl perlu kerumah buat copy doang..

soalnya denger2 gameplaynya beda jadi penasaran banget..

Thanks Lho..
admin says:
April 23, 2009 at 9:12 pm (Edit)

Di forum fjb kaskus ada yang jual bos

neh linknya
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=866851

Hubungi ts nya aja, saya pernah beli di dia kok, jadi bisa di percaya
NoA says:
April 27, 2009 at 10:17 am (Edit)

ada yang taw link DL DW V XL g? yang DW IV Hyper gw donlot di torrent… send me please ^o^ tengQ
ABI says:
April 30, 2009 at 9:20 pm (Edit)

sy punya romanceXI u/ PC klo ada yg mo, silahkan kerumah atau ganti copyan, itung 2x berbagi kesenangan ama temen tee hee (-_<)
admin says:
May 1, 2009 at 12:23 am (Edit)

tuh udah ada yang nawarin, tapi transaksinya antara bos abi aja ya, saya gak ikut campur

hehhee
bau says:
May 11, 2009 at 9:09 pm (Edit)

mau nanya neh dmana jual dvd sam kok yg 14 dvd 84 eps itu?toloong y..
admin says:
May 11, 2009 at 11:17 pm (Edit)

Kalo maksudnya yang dulu pernah di tayanin di SCTV, gw kemaren pernah liat di Glodok (harco glodok lt 3 Hall), tapi bajakan, 84 Episode di empet2x jadi 50 CD (dulu pas jaman blm ada dvd). Dia memang kaga di gelar, tapi ada katalog koleksi film2x cina. Nanti pas kita mau di bakarin dulu.

Kalo yang original gw kaga tau beli di mana, pernah nyari tapi kaga ketemu

btw, gw saranin jangan beli film ini karena kualitas gambarnya jelek banget, ceritanya di paksain, karakternya kaku, nontonnya jadi ngantuk terus. Apa lagi text indonesianya parah, karakter yang muncul ada banyak di kasih tulisan bahasa cina, tapi kaga di translate, lu kaga bakal tau nama2x karakter yang nongol. Paling yang ketawan cuma CAO CAO, Liu Bei, Guan yu ama Zang Fei. Karekater lainnya susah banget ngealinnya karena nama yang di tongolin kaga di artiin. Apa lagi sebagian karakter, umur muda sama tuanya beda yang main (contoh zhuge liang).

huhuhu
bau says:
May 12, 2009 at 9:17 am (Edit)

jd solusinya gmana?gw mw ceri.tanya dgn nonton juga kalo baca seh ud bsa dri buku sam kok.kalo nonton film resminya:three kingdom resurection of dragon ma red cliff udah tp ga lengkap cuma intinya aja.mw yg lengkap sm perang nya gmn:perang guan du,wu zhang plains.dll solusinya gmana?tolong y
bau says:
May 12, 2009 at 9:20 am (Edit)

jd solusinya gmana buat nonton film lengkapnya dgan perang2 nya kyk guan du ,wu zhang plains.kalo film resminya cuma singkatny aj..apa mw kmu yg bkin filmnya?hehe
mike says:
August 11, 2009 at 10:58 pm (Edit)

waduh gue salut banget banyak yg suka sam kok juga, padahal itu jagoan gue waktu dulu. Emang sampe sekarang gue masih suka sama jaoan kong ming. Terakhir nonton film bioskop yg terbaru cuma zhou you yg ditonjolin dan agak ngawur sedikit ceritanya.
Bravo…
Johan Firdaus says:
August 13, 2009 at 10:29 pm (Edit)

iya om mike, cerita sam kok memang gak pernah bosen2x liat n dengernya, n gw setuju yang film memang secara cerita rada ngawur dikit, tetapi secara overall bagus kok
Ken-d says:
August 19, 2009 at 4:25 pm (Edit)

wew…ternyata di indo banyak jg yg doyan samkok…gw jadi teringat JaDul waktu maen kompi masih pake dos…gw maen dr yg ke 1…gambarnya masih culun2 abis…mana 1 action 1 turn pula…lu bayangin ajah masa kasih duit ke jendral kudu 1 bulan…wakakakakkakakaka…gw maenin samkok dari 1-11 yg luput cuman yg ke 10…abis PS 2 gw jebol jadi gak bs maenin deh…wekekekekekekekek…tapi banyak yg gw udah lupa dalemnya…still enak di maenin tetep…wekekekekekekke…
ada game koei jadul jg judulnya agak lupa…kl gak salah…king of bandit…itu ceritanya kita musti satuin china sebelum waktu tertentu supaya kita bs mencegah mongol hancurin cina…lumayan seru sih tapi agak susah…

lagi harepin yg ke 12 keluar kl bs…sayang makin ke atas makin ada yg ilang fiturnya…tapi kl yg 1 sampe 11 di gabung fiturnya…ituh bs jadi game Turn Based Strategy paling keren…

Kalo filmnya yg dulu di tayangin di SCTV menurut gw jelek banget…dulu taon 90 an awal gw pernah nonton filmnya…masih jamannya HVS…sewa 2 mahal tapi suka ajah nontonnya…waktu ituh liat masih keren…tau tuh film jaman kapan di bikinnya…wekekekkekekeke yg pasti beda ama yg di SCTV…

Kl yg di bioskop emang begituh…tapi jangan salah…itu yg di utamain kongming ama zhou yu nya tetep…kl di perhatiin ituh udah kasih liat kl zhou yu udah berupaya matiin si kongming tapi gagal…semua yg dia rencanain udah di pikirin ama kongming…yah kongming emang org paling jenius waktu ituh…salut !!!
Ken-d says:
August 19, 2009 at 4:28 pm (Edit)

ada beberapa film lainnya soal samkok…gw pernah liat ada yg judulnya The Legend of God Of War Guan Yu…trus ada lagi yg laennya…lupa…
Johan Firdaus says:
August 19, 2009 at 7:46 pm (Edit)

Salut ama bos ken-d, emang di indo tuh pengemar serial ini banyak banget, aye juga pernah nonton film yang di sctv, terus beli cd filmnya ( 50 Biji lebih, itu 1 cd isinya 1 1/2 episode ), Sayang kurang bagus gambar n ceritanya jadi bikin ngantuk.

Untuk game-game yang bos ken-d bilang saya belum liat semuanya tuh, jadi pengen nyari, apa lagi yang king of bandit, tapi kalo gambarnya jadul, matanya cape juga kali maennya

harapan saya si, nanti di buat game, temanya ROTK tapi gameplaynya mirip kaya Total War, keren abis tuh pasti
heri says:
September 18, 2009 at 1:23 pm (Edit)

bos, kalau gamenya di mana bisa di download, tolong dong..dari kemaren gw cariin ga dapat2 link nya
Johan Firdaus says:
September 18, 2009 at 5:43 pm (Edit)

Coba cek di sini
yanto says:
November 11, 2009 at 7:50 pm (Edit)

da kluar lom RTK XII?
Johan Firdaus says:
November 11, 2009 at 9:03 pm (Edit)

Belum denger kabarnya tuh gan saya
nui says:
January 1, 2010 at 7:53 pm (Edit)

hallo lam kenal ya. gw nui penggemar sam kok juga niy. kalau ada yang punya koleksi lengkap rtk dari 1 sampai 10 saya beli deh. link yang di kaskus dah tutup tu katanya. jadi kalau ada yang punya usul tolong ya.thxxxxxxxxxxx
Johan Firdaus says:
January 1, 2010 at 8:04 pm (Edit)

Kalo ROTK 1 - 5 si kayakna asal rajin googling pasti bisa ketemu, terutama yang versi emulator untuk console

Untuk ROTK VI - XI coba aja cari di forum FJB kaskus, kayak na pernah liat ada yang jual deh
derry says:
January 5, 2010 at 2:38 pm (Edit)

dulu sempet beli 2 cd game RTK, fate dragon ama red cliff battle.
sayang yang ada sisa cuma fate dragon.
ada minat, bolehlah YM saya
Johan Firdaus says:
January 5, 2010 at 6:55 pm (Edit)

kurang minat gan, dulu pernah maen, biasa aja game nya kalo yang fate dragon
fundji says:
March 9, 2010 at 1:58 pm (Edit)

Mas mw tny dmn q bs download gratis game RTK VI versi PC, tolong yo mas…!!!
Johan Firdaus says:
March 9, 2010 at 7:18 pm (Edit)

wah kurang tau saya tuh, saya soalna dulu maennya di PS1, kalo gak maen pake emulator aja, dulu kayakna pernah liat iso-nya di idws
bigail says:
March 21, 2011 at 11:38 am (Edit)

tau gk, dimana web utk download Romance of Three Kingdoms IX buat PC??
atau ada yang jual gk yh?? dimana???? lg nyari nh..Thx

Tidak ada komentar: