Ads

Sabtu, 09 April 2011

[ Walkthrough] Pirates : Rule The Carribean

Jun 13, 2009

Pirates : Rule The Carribean adalah sebuah game / apps tambahan di Facebook. Jika Anda pernah bermain Mafia Wars atau Mob Wars, game ini memiliki game play yang mirip (hampir sama malah) dengan Mafia / Mob Wars. Perbedaan mendasar antara game ini dengan Mafia Wars / Mob Wars adalah tema dari game ini, jika dalam Mafia Wars temanya adalah Mafia, maka di Pirates temanya adalah Bajak Laut. Tulisan saya tentang Mafia Wars bisa di cek di sini.


Dalam game Pirates : Rule The Carribean Anda Bisa melakukan perampasan (Plunder -> basicly Job-job khusus bajak laut), Menyerang (atau di serang oleh) Bajak Laut lainnya, menaklukan dan menguasai pulau-pulau dan lalu membangun bangunan di pulau tersebut. Masih ada banyak hal lainnya yang bisa Anda lakukan dalam Pirates : Rule The Carribean, tapi untuk sementara hal yang saya sebutkan tadi sudah cukup karena action-action tadi mungkin adalah tindakan yang paling sering Anda lakukan di dalam game.



Saya rencananya akan mencoba membuat tips trick untuk game ini. Karena saya rasa, tutorial yang di berikan game ini di awal permainan tidak cukup untuk memberikan informasi yang berguna bagi pemain baru, terutama mereka yang baru pertama kali memainkan browser game. Untuk itu, saya akan coba menjelaskan lebih mendalam lagi tentang Tutorial yang di berikan game ini. Renacannya sih, saya akan membuat petunjuk / tutorial / walkthrough tambahan untuk game ini, mudah-mudahan aja sempat ya buatnya.

Perhatikan bahwa dengan menulis tulisan ini bukan berarti saya menyatakan bahwa saya ahli atau jago dalam bermain game ini. Saya hanya ingin berbagi pengetahuan saya tentang game ini. Informasi yang saya miliki tentang tulisan ini berasal dari berbagai sumber. Saya mencoba mencari berbagai referensi, bertanya di forum-forum dan juga berexperiment dengan game ini. Saya sendiri masih baru dengan game ini, jadi jika Anda melihat kesalahan, kekeliruan atau hal yang kurang tepat, harap kesedian Anda untuk menginfokan hal ini ke saya (Via Comment Aja Biar Praktis).

Bagi Anda yang tertarik dengan tulisan ini mungkin Anda bisa mencoba beberapa tulisan saya tentang game di facebook lainnya seperti MAFIA WARS dan PET SOCIETY.


Ok, langsung saja kita coba bahas game ini. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memainkan game ini adalah dengan membuat account facebook di www.facebook.com lalu setelah itu mengakses http://apps.facebook.com/piratesrule/ untuk mendaftarkan account anda untuk memainkan game ini.


Pertama kali Anda masuk Apps ini, Anda akan di sajikan dengan tutorial. Tutorial ini saya rasa kurang begitu menjelaskan inti dari permainan Pirates : Rule The Carribean. Oleh karena itu, saya akan coba jelaskan Tutorial ini, layar demi layar dengan cara lebih menditail.



Welcome Screen


Layar pertama yang akan Anda temui saat pertama kali Anda memainkan game ini adalah layar Welcome dan permohonan Untuk mengisi data Anda. Di layar ini Anda akan di minta untuk mengisi Nama (Nick) Anda, nama ini tidak perlu sama dengan nama facebook Anda karena nama ini sama sekali tidak berhubungan dengan facebook, nama ini nantinya yang akan di gunakan oleh game untuk mengenali diri Anda. Selain itu Anda juga akan di minta untuk memilih Pirate Type Anda.


Pirate Type bisa juga di bilang sebagai class Anda. Pirate Type ini akan memiliki pengaruh terhadap karakter Anda. Sebenarnya hal inilah yang membuat game ini dan game mafia wars terasa kejam, karena Anda di paksa memilih Pirate Type Anda di awal (di mana Pirate Type ini mempengaruhi recovery 3 status utama Anda yaitu Health, Energy dan Strength serta kecepatan generate Income Anda), padahal Anda sendiri tidak tau mana yang lebih penting antara Health, Energy dan Strength


Sebelum saya menjelaskan tentang Ke 3 Pirate Type yang bisa Anda pilih, saya akan lebih dulu menerangkan tentang 3 Stat yang dipengaruhi oleh Pirate Type ini (Hanya sekilas saja, untuk yang lebih ditailnya bisa di cek di bagian Upgrade Stat).




  • Health :
    Health bisa di artikan sebagai kesehatan / Nyawa (atau dalam dunia RPG lebih dikenal dengan sebutan HP). Setiap Anda menyerang (atau diserang) Bajak laut lainnya, Health Anda akan berkurang. Saya tidak akan membahas banyak tentang Fight (Pertarungan) tetapi yang bisa saya pastikan adalah saat Health Anda jatuh ketitik di bawah 20, Anda tidak akan bisa menyerang ataupun diserang orang lain sampai Health Anda pulih kembali.



  • Energy :
    Energy adalah tenaga yang Anda butuh untuk melakukan aktifitas Plunder (Job). Plunder di sini adalah suatu aktifitas untuk menghasilkan uang dengan melakukan Job tertentu. Di awal permainan, Plunder kemungkinan besar menjadi sumber utama penghasilan Anda. Energy juga Anda butuhkan untuk memberikan makanan untuk Pet Anda (Tetapi karena sistem Pet masih Beta, hal ini bisa berubah dalam waktu dekat ini).



  • Strength
    Bagi Anda yang suka menyerang orang lain. Energy adalah yang Anda butuhkan. Setiap Anda menyerang (Fight) Bajak Laut lainnya, anda akan membutuhkan Strengh. Saat Strengh Anda habis anda tidak akan bisa menyerang Bajak Laut lainnya. Perlu saya ingatkan bahwa tidak seperti Plunder, Anda bisa gagal dalam Fight. Dan saat Anda gagal, bukan saja Anda gagal mendapatkan Uang dari lawan Anda, tetapi Uang Anda pun bisa terampas. Jadi hindarilah Fight di awal-awal permainan, kecuali jika Anda punya banyak Pirate Crew.


Ada 3 Jenis Pirate Type yang bisa Anda pilih, ketiga tipe itu adalah




  • Swashbuckler
    Swashbuckler jika di artikan dalam bahasa Indonesia bisa berarti Jagoan, Pembual atau Jago Membual. Entah apa hubungan Membual dengan kelebihan yang diberikan Zynga kepada karakter dengan Tipe Swashbuckler tapi yang pasti Swashbuckler adalah karakter yang paling cepat mengumpulkan energy. Karakter ini cocok untuk mereka yang lebih suka melakukan Plunder dari pada Fight.


Berikut ini adalah Kecepatan pemenuhan Stat dari Swashbuckler:



Stat                   Kecepatan Recovery
Health 3 Menit
Energy 2 Menit
Strength 5 Menit
Income dari Property 60 Menit


  • Buccaneer
    Buccaneer jika di Indonesiakan memiliki Arti Bajak Laut. Well, Tipe Pirates ini memiliki kelebihan dalam kecepatannya me-recovery Health. Karakter ini cocok untuk mereka yang suka melakukan Fight, tetapi dengan Kecepatan Recovery Energy per 5 Menit sekali, Buccaneer membuat Anda malas untuk melakukan Plunder.


Berikut ini adalah Kecepatan pemenuhan Stat dari Buccaneer:



Stat                   Kecepatan Recovery
Health 2 Menit
Energy 5 Menit
Strength 5 Menit
Income dari Property 60 Menit


  • Scallywag
    Scallywag dapat diartikan sebagai Penjahat. Scallywag ini adalah Bajak Laut yang pintar mengatur uang. Dengan kecepatan mendapatkan uang dari Property, bajak laut satu ini akan lebih cepat menjadi kaya di bandingkan lawan-lawannya. Karakter ini cocok untuk mereka yang hanya iseng-iseng memainkan game ini. Mereka bisa membeli proprety, lalu meninggalkan game ini selama seminggu dan kembali lagi dan sadar bahwa mereka sudah memiliki uang berlimpah ruah.
    Dengan kecepatan Recovery Health dan Energy yang well balanced, karakter ini cukup tidak mengecewakan. Sebagai peringatan bahwa, walaupun di awal-awal permainan, uang sepertinya menjadi sesuatu yang berharga, tetapi saat Anda sudah memiliki banyak Property, Anda akan ada dalam keadaan dimana Anda memiliki terlalu banyak Uang dan bingung bagaimana menggunakan uang tersebut. Pada titik tersebut, Pirate Type ini tampak tidak terlalu berguna.


Berikut ini adalah Kecepatan pemenuhan Stat dari Scallywag:



Stat                   Kecepatan Recovery
Health 3 Menit
Energy 3 Menit
Strength 5 Menit
Income dari Property 54 Menit

Setelah Anda menuliskan Nama Anda dan memilih Pirate Type Anda, makan tekanlah Aye aye! Maka Anda akan dibawa ke Tutorial dari game ini. Layar pertama dari Tutorial yang Anda hadapi adalah Layar Tutorial Plunder.




Layar 1: Tutorial Plunder!


Plunder seperti saya sebutkan sebelumnya adalah Job dari Pirate. Di browser game "Pirates : Rule The Carribean" ini, Plunder adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan uang. Di layar Tutorial ini Anda hanya akan melihat 1 Pilihan Plunder, yaitu Count yer ill-gotten treasure.


Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda. Hal-hal tersebut Adalah




  • Description:
    Merupakan keterangan dari Plunder yang Anda lakukan

  • Payout:
    Adalah hasil yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan Plunder yang Anda lakukan. Hasil ini bisa beruba uang, experience dan loot atau kombinasi dari ketiga hal tersebut. Memiliki Pet bisa meningkatkan hasil payout Anda.

  • Ye Need :
    Adalah persyaratan yang harus Anda miliki untuk melakukan kegiatan plunder tersebut. Hal ini bisa berupa energy, item ataupun pet.


Jika Anda sudah memahami semua hal tersebut, kliklah Plunder dan nikmati Payout plunder pertama Anda.


Sebagai catatan bahwa saat permainan dimulai Anda akan melihat lebih dari satu list Plunder, dan beberapa Plunder akan dikelompokan menjadi Group Plunder. Plunder yang bisa Anda akses di tentukan oleh level Anda. Semakin tinggi level Anda, semakin banyak pilih jenis Plunder yang bisa Anda kerjakan.


Setelah Anda mengklik Plunder, maka Anda akan dibawa kelayar Tutorial Berikutnya. Tutorial kedua ini adalah Tutorial Fight.


Layar 2: Tutorial Fight!



Di layar Tutorial ini Anda hanya melihat 1 orang saja sebagai lawan Anda. Tetapi saat nanti anda memutuskan Fight setelah Tutorial, Anda akan melihat list orang-orang dengan level yang sama dengan Anda di kolom fight. Yang perlu menjadi perhatian Anda adalah kolom Crew. Kolom Crew ini menunjukan jumlah Crew yang dimiliki oleh Pirate tersebut.


Saya belum tau pasti bagaimana Formula untuk menentukan hasil Fight, tetapi kemungkinan besar Hasil Fight ditentukan oleh jumlah crew yang Anda miliki, Weapon and Armor, Ship Ability serta status Attack dan Defense Anda. Tiap Crew Anda hanya bisa menggunakan 1 Weapon, 1 Armor dan 1 Ship. Jadi jika Anda hanya memiliki 3 crew member, jangan membeli senjata, armor ataupun ship lebih dari 3 karena item-item tersebut tidak akan digunakan. Ingat bahwa Weapon, Armor dan Ship tersebut adalah inventory Yang anda miliki, artinya tidak peduli jika Crew Anda memiliki Inventory berbagai macam, saat Anda mengajak mereka berperang, maka Andalah yang harus menyediakan inventory untuk mereka. Jika Anda tidak memiliki inventory yang cukup, maka sisa crew Anda yang tidak mendapatkan inventory akan melakukan Fight tanpa Inventory tersebut.



Contoh:
Anda punya 3 Crew (4 Jika Anda di hitung), 5 Weapon, 2 Armor dan 1 Ship. Maka saat Anda melakukan Fight, Anda akan menggunakan 4 Weapon, 2 Armor dan 1 Ship. Maka Disini akan ada 2 orang Crew Anda yang berperang tanpa armor dan 3 Crew Anda yang berperang tanpa Ship.

Saat pertarungan di mulai, item-item yang digunakan oleh Crew Member Anda akan dipilih secara otomatis oleh permainan. Permainan akan memilih item-item terbaik terlebih dahulu, jadi Anda tidak perlu kuatir jika Anda punya weapon-weapon buruk dan bagus, maka secara otomatis komputer akan memberikan weapon bagus terlebih dahulu kepada semua crew Anda. Jika weapon bagus habis, dan crew Anda masih ada yang belum mendapatkan weapon, maka komputer Akan mulai memberika weapon buruk kepada mereka.


Walaupun saya tau faktor-faktor tersebut diatas benar-benar mempengaruhi hasil Fight, tetapi saya tidak tau bagaimana Zynga menggunakan stat-stat tersebut dalam formula penentuan pemenang. Yang pasti sebisa mungkin menghindari untuk menyerang Pirate dengan jumlah Crew yang jauh lebih besar dari Anda karena tampaknya Jumlah Crew karena tampaknya saya selalu kalah saat menyerang Pirate dengan jumlah crew yang lebih besar dari crew Pirate saya.


Setelah Anda menekan tombol Attack maka Anda akan di bawa ke layar Berikutnya yaitu Me Crew.


Layar 3: Me Crew



Di Tutorial Me Crew ini akan mendapat satu invite request dari Captain Wiggins (Komputer player). Cukup Accept request dari dia untuk melanjutkan ke layar berikutnya.


Crew adalah bagian dari Pirate Anda. Anda bisa merecruit atau di recruit oleh Pirate lainnya. Yang harus menjadi perhatian di sini adalah saat Anda berhasil meng-invite seorang Crew, maka Anda hanya berhasil meng-invite orang itu saja, sementara Crew milik orang tersebut tidak terinvite. Weapon, Armor dan Ship yang Crew Anda gunakan adalah Weapon, Armor dan Ship yang Anda miliki di inventory Anda dan bukan yang menjadi inventory mereka.


Crew Anda butuhkan untuk melakukan Fight, Plunder dan hal-hal lainnya. Ada baiknya Anda menginvite teman-teman Anda secepatnya karena rata-rata Browser Game sejenis Pirate ini mengutamakan Pirate dengan Crew yang banyak. Semakin banyak Crew Anda, semakin banyak Orang Yang Anda invite dan semakin tinggi kemungkinan ada yang membeli DAVEY JONES POINTS mereka ataupun mengklik iklan mereka.


Setelah Anda menerima Permohonan bergabung dari Captain Wiggins maka Anda akan di bawa ke bagian Akhir Tutorial, yaitu Pirate Island. Pirate Island bisa di bilang juga sebagai Properties. Properties adalah sumber utama pendapatan Anda.


Setiap Properties yang Anda miliki akan memberikan pendapatan kepada Anda per Jam (Kecuali untuk Pirate Type Scallywag, Pirate Type Scallywag mendapatkan pendapatan setiap 54 menit). Memiliki Property adalah Hal yang sangat penting, terutama jika anda memiliki item-item yang memerlukan biaya perawatan seperti Armor ataupun Ship.


Layar 4 : Pirate Islands



Di layar Tutorial ini Anda hanya melihat 1 buah pilihan Property, tetapi nanti saat Anda dalam permainan Anda akan melihat beberapa list Proprety Yang bisa Anda beli. Semakin tinggi level Anda, semakin banyak jenis Property Yang bisa Anda beli.


Yang harus Anda perhatikan di layar Proprety Adalah Income. Income ini adalah pendapatan Yang akan digenerate secara terus menerus selama waktu tertentu, bahkan di saat Anda tidak online.


Berikut ini adalah Tips membeli Properties. Saat membeli Propreties (Baik itu Pirate Island ataupun Operations) usahakan untuk membelinya dalam kelipatan 10 (Kecuali Brothel Island, khusus Brothel Island, belilah Properties ini di saat Anda sudah memenuhi kriteria). Karena jika Anda membeli 1 per satu maka harga dari properties tersebut akan naik perlahan-lahan, tetapi jika Anda langsung membeli 10, maka harganya akan dikalikan langsung dengan 10 dan harganya properties tersebut kemudian naik 10x kenaikan biasa.


Contoh, Anda ingin membeli Secret Cave (Saat Properties Secret Cave yang Anda miliki harga Properties ini adalah 5000) sebanyak 10 buag. Jika Anda membeli secret Cave pertama kali, maka uang yang akan Anda keluarkan adalah 5.000, lalu saat Anda membeli 1 secret cave lagi, maka Anda akan mengeluarkan uang sebesar 5.500. Pembelian berikutnya adalah 6.000. Berikut ini adalah tablenya:



Pembelian ke Harga
1 5.000
2 5.500
3 6.000
4 6.500
5 7.000
6 7.500
7 8.000
8 8.500
9 9.000
10 9.500
Total 72.500

Dengan cara ini maka total uang yang Anda keluarkan untuk 10 Secret Cave adalah 72.500, lalu harga secret cave setelah 10 pembelian ini adalah 10.000


Jika saja Anda membeli secara langsung ke 10 secret cave tersebut maka uang yang akan Anda keluarkan untuk 10 Secret Cave adalah sebesar 5000 * 10 = 50.000, kemudian harga Secret Cave akan melonjak menjadi 10.000.


Walaupun di tutorial ini hanya di tunjukan Pirate Island, sebenarnya Property itu terdiri dari dua jenis, yaitu Pirate Island dan Operation. Berbeda dengan Pirate Island yang bisa di bangun kapan saja selama kita punya uang, Operation hanya bisa di bangun saat Anda telah memiliki Pirate Island tertentu.


Misalnya saja Anda ingin membagun operartion : Treasure Stash , coba cek syarat operation tersebut. Di sini di butuhkan secret cave untuk membangun operation tersebut, maka Anda hanya bisa membuat operation tersebut sebanyak jumlah secret cave yang Anda miliki. Setelah Anda membuat Treasure Stash, maka sisa Secret Cave Anda akan berkurang sebanyak operation yang Anda buat. Harga Pirate Island yang berkurang tersebutpun turun kembali mengikuti harga Pirate Island sesuai dengan jumlah Pirate Island bersangkutan yang dimiliki oleh player. Oh iya, sistem kenaikan harga di Pirate Island juga berlaku di Operation, jadi ada baiknya anda membangung operation 10 - 10 juga.


Setelah ini maka Anda akan mulai bermain. Ok, itu saja informasi awal tentang Pirate yang bisa saya berikan. Rencananya kalo reaksinya baik dan mulai banyak yang bermain, saya akan buat walkthrough berikutnya. Sampai di sini saja dulu.


Bagi Anda yang ingin meng-add saya, silakan add facebook saya lalu kemudian add pirate saya, jangan lupa cantumkan kata pirates saat meng-add agar saya tau siapa yang mengadd.


Terima kasih



Iklan Dari Kumpul Blogger :

Tidak ada komentar: