Ads

Sabtu, 09 April 2011

[TOKOH] KISAH MICHAEL FARADAY

Dari Milis


Michael Faraday di masa mudanya adalah seorang yang melarat. Dia tinggal atas sebuah kandang kuda di kota London. Micael Faraday di masa mudanya bekerja sebagai tukang jilid dan penjual buku. Dia menggeluti profesi tersebut selama tujuh tahun lamanya. Suatu hari ia secara tidak sengaja menemukan suatu artikel tentang listrik saat dia sedang menerima pekerjaan menjilid Encyclopedia Brittanica. Dia sangat tertarik dengan artikel tersebut sehingga membaca artikel tersebut sampai habis.


Diilhami dari artikel yang ia baca sebelumnya, Michael Faraday memutuskan untuk melakukan suatu percobaan. Dengan bermodalkan botol kecil, panci tua dan alat-alat sederhana lainnya ia melakukan penelitian dan percobaan-percobaan tentang listrik. Tampaknya antusiasme Faraday terhadap ilmu pengetahuan dilirik oleh salah seorang pembeli buku tempat ia bekerja.



Kagum dengan keingintahuan dan semagat faraday dalam melakukan percobaan-percobaan akhirnya Pembeli tersebut memutuskan untuk megajakan Faraday mendengarkan Ceramah / Seminar tentang ilmu kimia oleh Sir Humpry Davy. Ceramah dari Sir Humpry Davy tampaknya sangat mengena di jiwa Faraday hingga akhirnya ia memutuskan untuk menulis surat kepada Sir Humpry Davy.

Beberapa hari berikutnya, pada malam hari sebelum Faraday tertidur, seorang kurir utusan Sir Humphry Davy datang ke rumah Faraday yang sudah reyot. Kurir tersebut kemudian memberikan undangan kepada Faraday untuk berkunjung ke rumah majikannya. Faraday hampir-hampir tidak mempercayai hal itu.

Sir Humpry Davy ternyata mengundang Michael Faraday untuk bekerja dengannya. Tentu saja hal ini langsung di terima oleh Michael Faraday. Esok harinya, Faraday sudah memulai pekerjaan barunya membatu sang ahli kimia. Ia membersihkan alat-alat laboratorium dan membawanya ke ruang kuliah.


Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, Faraday mengikuti dan mempelajari hal-hal yang dilakukan oleh Sir Humpry Davy melakukan percobaan-percobaan. Tidak lama kemudian Michael Faraday pun juga mulai melakukan percobaan-percobaan.


Dalam waktu singkat, Michael Faraday mulai di undang untuk melakukan ceramah di depan Lembaga Ilmu Alam Inggris dan diangkat menjadi profesor di Akademi Kerajaan di Woolwich. Ia menjadi ahli ilmu alam terbesar di jamannya. Apabila ada orang yang bertanya kepada Sir Humphry Davy, apakah penemuannya yang terbesar, maka jawabannya adalah: Michael Faraday.


"MEREKA YANG BERHASIL ADALAH YANG MAMPU MEMBUAT SEBUAH PONDASI YANG KOKOH DARI BATU BATA YANG DILEMPARKAN OLEH ORANG LAIN KEPADANYA".

Tidak ada komentar: