Ads

Minggu, 03 April 2011

[Tips & Trick] Searh Engine Optimization (SEO) Blog Wordpress Anda dengan Meta Tags Keyword & Meta Tags Description

SEO atau Searh Engine Optimization adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang pemilik web site (web master) dalam rangka meningkatkan posisi web site dia di mata search engine (terutama google, yahoo, msn, astalavista). Banyak cara dalam melakukan SEO, salah satunya adalah dengan penggunaan meta tag.


Saat spider suatu search Engine (Google misalnya) men-crawler (menelusuri) web site Anda, dia menyelusuri text-text yang ada di web site (atau blog) Anda dan kemudian mencatat keyword-keyword penting yang ada di web site Anda. Dari semua text yang di lihat oleh search engine, text-text yang pasti dimasukan ke dalam database dia adalah keyword yang di temukan di Tag Title (<Title> </Title>), meta tag key words (<meta name="keywords" content="key1, key2, key lainlain" />) dan meta tag description (<meta name="description" content="deskripsinya">).


Penggunaan meta tag keyword adalah yang terpenting bagi search engine karena hampir semua kata yang ada di meta tag keyword akan disimpan di dalam search engine. Tetapi pastikan Anda tidak membanjiri meta tag keyword ini dengan kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan blog Anda, atau kata-kata yang sama secara berulang-ulang dan tidak perlu, karena hal ini malah akan membuat web site Anda di block dari search engine karena telah melakukan Black Hat SEO, yaitu SEO secara tidak legal dengan maksud untuk mengelabui Search Engine.


Sedangkan untuk Meta Tag description, selain di lihat oleh search engine, juga dapat di lihat oleh user. Karena meta tag description sering di jadikan text tulisan yang ditampilkan oleh searh engine dibawah judul sehingga user bisa melihat gambaran dari web site kita yang telah kita tulis di web site kita. Hal ini tentu saja akan membuat user lebih yakin untuk mengklik web site kita dari pada web site lainnya jika gambaran yang kita buat di web site kita memenuhi kriteria web site yang user cari.



Lalu bagaimana cara membuat meta tag tampil di web site Anda? Caranya cukup mudah, cukup tampilkan tag


<meta name="keywords" content="key1, key2, key lainlain" />


dan


<meta name="description" content="deskripsinya">


di web site anda, maka web site Anda dalam waktu singkat akan mulai meningkat posisinya di search result (Saya telah membuktikannya sendiri). Meta tag sendiri tidak akan tampil di web site Anda.


Lalu bagaimana dengan Anda pemilik blog (terutama wordpress) jika ternyata Anda baru mengetahui pentingnya meta tag saat ini setelah blog Anda jumlahnya lebih dari 100. Apakah Anda harus menambahkan satu persatu meta tag di setiap post yang Anda buat? Wuihh dengernya saja udah malas, apalagi mengerjakannya, tapi jangan khawatir, saya bisa menambahkan meta tag keyword dan meta tag description ke 130 post di blog saya (blog ini yang di buat dengan wordpress) kurang dari waktu 5 menit. Lah kok bisa? Ya bisa donk.


Caranya pake worddpress Plugin. Kenapa harus tambah plugin, karena blog wordpress secara default tidak mendukung penggunaan meta tag. Jadi tanpa usaha tambahan, blog wordpress tidak akan menampilkan meta tag keywords ataupun meta tag description. Oleh karena itu, kita harus menambahkan plugin wordpress ke blog kita. Penasaran caranya, begini caranya.




  1. Download Plugin wordpress add-meta-tags di sini. Anda juga bisa melihat petunjuk lengkap dan download terupdate di http://www.g-loaded.eu/2006/01/05/add-meta-tags-wordpress-plugin/, tetapi jika pake speedy aksesnya lumayan berat.

  2. Setelah itu extract filenya, lalu letakan file add-meta-tags.php ke dalam folder plugin wordpress Anda, tepatnya di /wordpress/wp-content/plugins/, untuk lebih mudahnya soal upload file ke webhosting, coba cek penggunaan ftp untuk hosting anda

  3. Setelah di upload, maka masuk ke setting plugin wordpress Anda tepatnya di setting->meta tag

  4. Anda akan masuk ke setting plugin meta tag, atur semua settingan sesuai keinginan Anda

  5. Site Description => Kosongkan jika Anda ingin menggunakan site description yang ada di settingan wordpress Anda, jika Anda isi makan site description yang digunakan adalah yang Anda tulis di sini. Site description merupakan meta tag yang tampil di halaman utama anda (home page)

  6. Site Keywords => Jika dikosongkan, maka yang digunakan sebagai keyword home page Anda adalah semua kategori (termasuk yang tidak ada post-nya), jika dilengkapi maka keyword home page Anda adalah yang ditulis di kolom ini.

  7. Site-wide META tags => Meta tag ini akan ditampilkan di semua halaman blog Anda (tidak begitu penting dan tidak perlu diisi)

  8. Klik Update Option maka setelah ini, semua halaman Anda akan memiliki meta tag keyword dan description. Untuk setiap post, keyword yang digunakan adalah tag wordpress dari post tersebut, sedangkan descriptionnya akan di generate oleh plugin ini, atau anda bisa mengganti description yang digunakan dengan cara menggunakan custom field yang ada di halaman buat post, terus buat key dengan nama description, lalu masukan deskripsi anda tentang post tersebut. (Enak banget, semua post Anda sekarang sudah punya meta tag key word yang berasalah dari tag wordpress Anda sehingga Anda tidak perlu add satu persatu key word lagi, hehehe).


Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, Anda hanya perlu menuggu beberapa hari saja sebelum posisi search blog Anda di search engine akan meninggkat. Lumayankan walau naiknya cuma 1 halaman or malah satu tingkat.


Terakhir, berhubung saya juga newbie alias pemula di dalam dunia Search Engine Optimization (SEO), maka jika ada tulisan saya yang salah atau kurang tepat, harap diinfokan ya melalui comment, tentu dengan bahasa yang baik (alias jangan ngeflame :) ).


Ok, gitu aja, sampe ketemu di artikel berikutnya



20 Responses to “[Tips & Trick] Searh Engine Optimization (SEO) Blog Wordpress Anda dengan Meta Tags Keyword & Meta Tags Description”

arif ust says:
January 18, 2009 at 11:25 am (Edit)

Kunjungan Blog Arifust Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://arifust.web.id terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.
buzandroses says:
January 18, 2009 at 12:31 pm (Edit)

Berkunjung balik :p

Btw blogroll saia di hapus ya Om ? hooo

thx
admin says:
January 18, 2009 at 8:17 pm (Edit)

@buzandroses:
Iya saya hapus bos, soalnya di blog situ sekarang blog roll na pake combo box, gak keliatan blog saya, kalo mo ditampilin lagi, blog roll na pake yang biasa aja bos, jangan pake yang combo box, gak ada yang liat soalnya :)
yenni says:
January 19, 2009 at 2:40 pm (Edit)

Makasih udah mampir di blogspot saya, mas Johan (saya sok akrab juga he he).
Nah…nih artikel kayaknya bisa bantu saya.
Ceritanya aplikasi saya di adsense nya google tu di approve tapi saya trus bingung…mesti ngapain…caranya gimana biar bisa optimal.
Btw…mampir ke wordpress saya ya. Makasih
admin says:
January 19, 2009 at 8:27 pm (Edit)

Waduh mba yenni, setau saya wordpress tuh punya TOS (Term Of Service) yang menyatakan akan memban blog yang digunakan untuk tujuan profit (salah satunya adalah memasang adsense), jadi setau saya gak boleh pasang wordpress di adsense, lagipula setau saya widget dia di buat sedemikan rupa sehingga gak support javascript, mending kalo mo masang wordpress pake blogspot aja atau pake wordpress.org dengan hostingan sendiri, Rumah Web bisa jadi solusi untung hostingan murah.

hihihihi
admin says:
January 19, 2009 at 8:32 pm (Edit)

Tambahan, untuk adsense yang adtext (text yang di klik itu) cuma bisa untuk artikel bahasa english aja, mending mba pake adtext yang lokal aja, coba pake Kumpul Blogger, adminnya dapat dipercaya dan banyak yang sudah di bayar dengan minimum payout (baru dibayar kalo udah nyampe saldo minimal) 10 rebu untuk back BCA dan 50.000 untuk bank mandiri, dengan jasa yang didapat tiap clicknya 300 untuk text, 400 untuk banner.
aa.LiL says:
January 24, 2009 at 6:00 am (Edit)

thanks mas atas info nya…

kebetulan saya lagi cari2 tutor tentang meta tag..

keep share..
admin says:
January 24, 2009 at 3:49 pm (Edit)

Sama sama, semoga berguna infonya
Rivai says:
February 5, 2009 at 8:55 pm (Edit)

Wow! keren, thanks testimoninya Video SEO From Lynda.com di kaskus
admin says:
February 6, 2009 at 9:30 pm (Edit)

sama sama kk
Bebas Berpendapat says:
February 10, 2009 at 6:04 pm (Edit)

Wah… Maksih ya atas infonya…. Mudah2an blog saya bisa dikenal oleh Search Engine..

Amin….

Heheheh…
admin says:
February 10, 2009 at 8:09 pm (Edit)

amiinnn
Jo Point Of View » Blog Archive » Membuat iklan di blog Anda lebih effektif dan lebih sering di klik says:
February 22, 2009 at 1:03 pm (Edit)

[...] traffic ke blog Anda dengan beberbagai macam cara seperti SEO (Coba cek salah satu trick SEO di sini), Blog Walking, aktif dalam forum dan menyertakan url blog Anda sebagai signature Anda. Tetapi yang [...]
fleacool says:
April 4, 2009 at 5:54 pm (Edit)

mangtabs gan :)
keep posting
tipsandcara says:
April 19, 2009 at 11:51 pm (Edit)

wah…saya bingung ttg SEo mah…nyerah gak yah. Abis ga naik2 PR nya
btw link exchange mas???saya pasang linknya yah…..berharap byk link saya juga dipasang.
admin says:
April 20, 2009 at 7:33 pm (Edit)

Hehehe ok gan, saya add link na
Joseph says:
July 16, 2009 at 2:02 am (Edit)

Saya newbie nih gan..
mau tanya sedikit yah, dan dimasukin kemana yah?

Apakah di header.php diantara dan ?

Thanks in advance
Johan Firdaus says:
July 17, 2009 at 9:10 pm (Edit)

Di bagian tag head gan ( kalo tag head na ada di header.php, berarti di taro di sana aja gan )

tapi kalo mo pake plugin ini, gak usah setting, biar pluginna aja yang atur
diamy says:
December 15, 2010 at 6:51 am (Edit)

tips bgus buat qt2 yg pemula
Johan Firdaus says:
December 15, 2010 at 7:04 pm (Edit)

Sep, senang bisa membantu

Tidak ada komentar: