Ads

Minggu, 03 April 2011

[Movie Review] A Battle Of Wits

A Battle Of Wits memiliki Tema yang lumayan mirip dengan Film Romance Of Three Kingdom ataupun Battle Of Red Clief, bedanya settingan film ini terjadi jauh sebelum jaman tiga kerajaan, yaitu pada jaman tujuh kerajaan / 7 kerajaan (7 kingdom / seven kingdom) di china. Masa 7 kerajaan ini adalah masa di mana china terbelah menjadi 7 kerajaan sebelum akhirnya ketujuh negri tersebut berhasil disatukan oleh Liu Bang yang kemudian membentuk Dynasty HAN (Dynasty sebelum Jaman 3 kerajaan). Di masa 7 kerajaan ini pulalah muncul Sun Tzu dengan Art Of War-nya.



Tetapi di film ini tidak di bahas soal Liu Bang, Sun Tzu ataupun HAN melainkan yang di bahas adalah sebuah negri kecil yaitu negri Liang. Negri Liang merupakan negri kecil yang berada di antara dua negri besar yang sedang berperang, yaitu negri Zhao dan negri Yan. Zhao yang pada saat itu akan menyerang negri Yan, harus terlebih dahulu menaklukan negri Liang.

Liang yang hanya memiliki 4000 tentara panik saat mendengar 100.000 tentara Zhao akan datang menyerang. Kaisar Liang mengalami dilema antara melawan dan menyerah hingga akhirnya dia memutuskan untuk meminta bantuan kepada suku Mozi untuk mengirimkan tentara. Suku Mozi sendiri adalah suku yang terkenal dengan kemampuannya dalam mempertahankan suatu kota dalam berperang. Suku Mozi selalu siap membantu siapa saja dan berprinsip bahwa dia akan menolong semua negara yang meminta bantuannya tanpa imbalan dan tanpa bayaran. Prinsip mereka adalah mencitai seluruhnya tanpa pandang bulu.


Tentara Zhao sudah semakin dekat dengan negri Liang, tetapi bantuan dari suku Mozi belum juga tiba. Karena panik akhirnya Raja Liang memutuskan untuk menyerah tetapi sebelum penyerahan diri mereka di terima, satu orang utusan Mozi tiba. Nama utusan tersebut adalah Ge Li. Ge Li ternyata adalah satu-satunya utusan yang dikirimkan oleh suku Mozi untuk membantu mempertahankan negri Liang. Walaupun awalnya semua tentara dan penduduk Liang ragu dengan kemampuang Ge Li, tetapi dengan cepat Ge Li mampu membuktikan dirinya kepada penduduk negri Liang.


Pertempuran antara Negri Liang (4000) dengan Tentara Zhao (100.000) pun akhirnya berlangsung. Dalam pertempuran ini, berbagai macam intrik dan trik dilakukan oleh kedua belah pihak sehingga membuat film ini menjadi semakin menarik. Bisakan Ge Li mempertahankan negri Liang? Harus tonton sendiri filmnya untuk tau jawabannya. He he he...


Film Battle Of Wits ini diperankan oleh Andy Lau. Jika banyak fans Romance Of Three Kingdom yang kecewa dengan akting Andy Lau sebagai Zhou Yun di film Romance Of Three Kingdom (Sebenarnya si lebih kecewa sama ceritanya, tapi Andy Lau yang jadi kambing hitam), maka di film ini Akting Andy Lau sangat bagus dan memuaskan.


Dari segi sejarahnya saya kurang tau apakah penyerangan Zhao ke Liang ini adalah fakta atau hanya fiksi, tetapi saya juga pernah baca manga dari Jepang tentang cerita suku Mozi, negri Liang dan negri Zhao. Di mana ceritanya sangat mirip (tentu saja yang versi manga banyak bagian yang tidak masuk akalnya). Judul dari manga tersebut adalah Boku (bo ku). Manga yang sangat bagus ini tampak kurang populer, mungkin karena Ge Li disana digambarkan sebagai orang tau dengan wajah jelek. Yang parah, saya mengkopi manga ini dari teman saya, tetapi teman saya malah belum baca manga ini. Baru setelah dia baca baru dia tau bahwa Bo Ku adalah manga yang bagus kualitas ceritanya.


Sama seperti di Film Battle Of Wits, character di bo ku ini ada semua dan characternya sangat mirip, mulai dari Pangeran Liang, Pemanah, penggali terowongan dan lainnya. Dari segi cerita juga sama, tetapi di manga yang berjumlah 7 seri ini, ceritanya lebih panjang dan lebih banyak strategi-strategi Ge Li yang ditampilkan. Saya sarankan jika Anda suka dengan film ini, cari manga dengan judul Bo Ku untuk mengetahui cerita ini lebih lanjut. Mengenai apakah film ini berdasarkan manga boku, sampai saat ini saya juga masih belum tau.


Ok, saya rasa cukup reviewnya. Film A Battle Of Wits sangat cocok untuk Anda yang suka film perang mideval, terutama untuk film mideval china. Jika Anda suka dengan buku Taiko, Romance Of Three Kingdom, pedang bintang hikoza, ataupun jika Anda suka dengan game-game romance of three kingdom, kessen, total war, nobunaga ambition, dynasty warrior, ataupun jika Anda suka film seperti Last Samurai, 300 Warrior, Joan Of Arc, Brave Hard dan lainnya, maka film ini sangat cocok untuk Anda.

Tidak ada komentar: