Ads

Jumat, 08 April 2011

Ternyata dari ATM Mandiri tidak bisa transfer ke BCA

Mar 19, 2009

Barusan saja saya bulak balik ke ATM. Hari ini saya baru saja deal dengan salah satu pedagang forum jual beli (fjb) di kaskus. Pedagang fjb tersebut memberikan informasi bahwa rekeningnya adalah rekening bca, karena saya pernah liat saat melakukan transfer melalui ATM Mandiri ada pilihan transfer ke rekening bersama maka saya setuju aja.


Beberapa menit yang lalu saat saya coba melakukan transfer dengan menggunakan ATM Mandiri ke bca, saya memilih transfer di menu atm-nya dan lalu memilih transfer ke rekening atm bersama. Di situ saya diinfokan untuk memasukan 3 digit kode bank + nomer rekening transfer tujuan.



Karena saya tidak tau kode bank bca, maka saya memilih pilihan lihat kode bank. Di layar awal saya tidak menemukan kode Bank BCA, lalu saya pilih lanjutkan, tetapi sampai kode bank-nya kembali ke awal saya masih belum menemukan kode Bank BCA. Karena penasaran saya cek ulang kembali dan ternyata sampai tiga kali saya masih tidak menemukan koda Bank Bca.

Akhirnya saya sadar bahwa di iklan ATM Bersama sepertinya saya tidak melihat ada bank BCA di sana. Sialnya lagi setelah saya sadar saya langsung pulang saja dan tidak konfirmasi dulu ke pedagang fjb-nya. Baru saat saya di rumah saya sms dia, dan ternyata dia punya rekening bank mandiri.

Waduh capee deh, jadi bulak balik ke atm saya jadinya


hehehehe


[Update Per 24 Januari 2010


Terima kasih untuk semua yang berpartisipasi, per hari ini saya telah hubungi Call Center Mandiri dan mendapatkan kepastian dari mereka seperti ini:


Karena Bank BCA tidak masuk ke dalam Jaringan ATM Mandiri, maka transfer ke Bank BCA melalui ATM Mandiri yang biasa tidak di mungkinkan. Tetapi, Anda bisa melakukan transfer ke Bank BCA melalui mesin ATM Khusus yaitu mesin ATM Non Tunai. Tetapi untuk mesin ATM ini sendiri jumlahnya cukup terbatas sehingga banyak orang yang belum tau.


Nanti di mesin ATM Non Tunai, untuk transfer ke Bank BCA Anda memiliki dua pilihan yaitu RTGS dan Kliring.


RTGS, Jika anda melakukan transfer sebelum jam 15:30 WIB maka uang tersebut akan sampai hari itu juga dengan waktu proses sekitar 3 Jam. Biaya transfer-nya adalah Rp 15.000


Sementara itu, Jika Kliring, maka Anda harus transfer sebelum Jam 13:30 WIB dengan lama transfer sekitar 2 - 3 hari. Biaya transfernya adalah Rp 7.500


Jadi ATM Mandiri biasa tidak bisa transfer ke BCA, Yang bisa adalah ATM Mandiri Non Tunai


Lalu terima kasih juga untuk beberapa comment di bawah ini:



uus rusmawan says:
January 3, 2010 at 8:35 pm


sebenarnya transfer dari bank mandiri ke BCA itu bisa caranya: gunakan transfer ke bank lain dengan modus PRIMA lalu masukkan kode bank BCA yaitu 014 + no rekening tujuan (BCA)

semoga bermanfaat


Untuk Call Centernya tadi tidak menjelaskan hal ini, jadi saya kurang tau pasti tentang hal ini



genduxt says:
January 12, 2010 at 1:21 pm


iya bisa koq asal masukin aja kode bank bca mmg tidak terdaftar dalam atm bersama tapi lgsung aja msukin kode bank bca yaitu014, try that……

Hal ini tidak bisa dilakukan, dari ATM Mandiri biasa hanya bisa mentransfer ke Bank Bank yang telah terdaftar di ATM saja, Bank lain yang tidak terdaftar disitu tidak bisa di transfer. Saya tidak tau bagaimana efeknya jika Anda benar-benar mencoba, tapi saya sarankan karena sudah tau tidak bisa lebih baik jangan dilakukan.



rume says:
January 22, 2010 at 6:20 pm


iya bisa koq transfer dr Mandiri ke BCA. saya prnh transfer dr rek mandiri saya ke BCA ibu saya, saya malah pake sms banking ada pilihan malah mau kliring (next day) atau RGTS (same day), masuk ke transfer->antar bank->bca->masukan no rek tujuan->jumlah yg ditransfer ->kliring atau RGTS->masukin pin->udah deh ke kirim, alhamdulillah selamat sampai tujuan. Gw malah heran byk org gak bisa, pasti bisalah. WOng bank segede BCA n MAndiri masa gak kerjasama sih..:P

Ini adalah salah satu contoh Aplikasi dari ATM Mandiri Non Tunai, dan Bos Rume di sini menggunakan SMS Banking yang tampaknya memiliki kemampuan yang sama dengan ATM Mandiri Non Tunai


Ok itu saja dari saya, terima kasih untuk partisipasinya


End Of Update Per 24 Januari 2010]



25 Responses to “Ternyata dari ATM Mandiri tidak bisa transfer ke BCA”

zax says:
July 14, 2009 at 7:40 am (Edit)

Berarti bener gak bisa ya? trus gimana klo yg yg ditransfer cuma py BCA?
Johan Firdaus says:
July 14, 2009 at 8:44 am (Edit)

Transferna dari bank aja, or pinjem temen yg punya atm bca :D
Tata says:
August 11, 2009 at 4:31 pm (Edit)

Saama donk….gue pernah ngalamin juga… transfer dari atm mandiri ke bca ternyata gak iso2…ya akhirnya pilih manualan donk..sesekali…
Johan Firdaus says:
August 13, 2009 at 10:30 pm (Edit)

iya gan, sama nasib kita
andreas bintang persada says:
August 21, 2009 at 2:00 pm (Edit)

walah,,,ternyata emg ga bisa toh??saya jg br saja mw transfer dr mandiri ke bca,tp kok di daftar no kode bank tdk ada bank bca….saya kira atm rusak atw gangguan….wah ternyata emg ga bisa……:-(
Johan Firdaus says:
August 21, 2009 at 8:02 pm (Edit)

Iya gan, harus manual dari bank

repot ya, bca mang susah tuh, gak mau gabung atm bersama

hikss
gnuga says:
September 9, 2009 at 1:56 pm (Edit)

wah untung cek ke sini dulu..barusan mau disuruh tante transfer ke BCA dari Mandiri nih…
Terima kasih bang Johan jadi menghemat ga usah ke bolak-balik ke atm..
Thx 4 the sharing-gan…
Johan Firdaus says:
September 9, 2009 at 6:28 pm (Edit)

Sep gan, sama-sama
rosse says:
December 30, 2009 at 10:29 am (Edit)

mas, klo mo ngecek rekening kita bahwa ada yg transfer dana gimana?
masuk menu mana melalui ATM?
soalnya lihat informasi saldo kan yg muncul total saldo kita,bukan history debet kredit.
saya juga punyanya mandiri,soalnya yg bisa ATM bersama dgn muamalat.
BCA banyak biaya sana sini,palagi transfer manual ajah bayar goceng.
Johan Firdaus says:
December 30, 2009 at 8:37 pm (Edit)

Untuk tau history transaksi via atm, setau saya tidak bisa
Setau saya cuman bisa liat dari buku atau pake e-banking saja

dulu mandiri masih menerima konfirmasi transfer via telp, tapi sekarang sudah enggak lagi sepertinya
Deni says:
January 2, 2010 at 6:33 pm (Edit)

Pantesan, Cewek ane pas mu Transfer ke rek BCA ane gak bisa Gan …

Kirain cewek ane yg kurang ngerti (pikiran Jelek Ane) … maaf Hunny hehhe
kaskus Ane : denilogin
Johan Firdaus says:
January 2, 2010 at 7:27 pm (Edit)

wakakakak, mangkana gan, jangan prasanka buruk mulu

wekkekekek
uus rusmawan says:
January 3, 2010 at 8:35 pm (Edit)

sebenarnya transfer dari bank mandiri ke BCA itu bisa
caranya:
gunakan transfer ke bank lain dengan modus PRIMA
lalu masukkan kode bank BCA yaitu 014 + no rekening tujuan (BCA)

semoga bermanfaat
Johan Firdaus says:
January 3, 2010 at 9:14 pm (Edit)

maksudna modus prima gimana tuh gan? Udah pernah coba blm gan? Pake semua atm mandiri bisa gan?

Thanks
genduxt says:
January 12, 2010 at 1:21 pm (Edit)

iya bisa koq asal masukin aja kode bank bca mmg tidak terdaftar dalam atm bersama
tapi lgsung aja msukin kode bank bca yaitu014
try that……
Johan Firdaus says:
January 12, 2010 at 7:26 pm (Edit)

OO ternyata bisa ya? Dah ada yang coba???
rume says:
January 22, 2010 at 6:20 pm (Edit)

iya bisa koq transfer dr Mandiri ke BCA. saya prnh transfer dr rek mandiri saya ke BCA ibu saya, saya malah pake sms banking ada pilihan malah mau kliring (next day) atau RGTS (same day), masuk ke transfer->antar bank->bca->masukan no rek tujuan->jumlah yg ditransfer ->kliring atau RGTS->masukin pin->udah deh ke kirim, alhamdulillah selamat sampai tujuan. Gw malah heran byk org gak bisa, pasti bisalah. WOng bank segede BCA n MAndiri masa gak kerjasama sih..:P
Johan Firdaus says:
January 22, 2010 at 8:44 pm (Edit)

@Gan Rune:
Iya gan, transfer dari mandiri ke bca pasti bisalah, tapi di sini topik na kan dari atm mandiri ke rekening bca, karena BCA kan nolak untuk gabung dalam jaringan ATM bersama. Karena dari ATM Mandiri sendiri, pilihan Bank BCA tidak ada. Tapi ada yang bilang kita cukup masukin kode bank bca + rekening bca, tapi saya belum coba, untuk pastinya besok saya telp call center mandiri aja deh.
Johan Firdaus says:
January 24, 2010 at 5:46 pm (Edit)

Saya sudah konfirmasi ke Call Center Mandiri, berikut ini pertanyaan resminya:

Karena Bank BCA tidak masuk ke dalam Jaringan ATM Mandiri, maka transfer ke Bank BCA melalui ATM Mandiri yang biasa tidak di mungkinkan. Tetapi, Anda bisa melakukan transfer ke Bank BCA melalui mesin ATM Khusus yaitu mesin ATM Non Tunai. Tetapi untuk mesin ATM ini sendiri jumlahnya cukup terbatas sehingga banyak orang yang belum tau.

Nanti di mesin ATM Non Tunai, untuk transfer ke Bank BCA Anda memiliki dua pilihan yaitu RTGS dan Kliring.

RTGS, Jika anda melakukan transfer sebelum jam 15:30 WIB maka uang tersebut akan sampai hari itu juga dengan waktu proses sekitar 3 Jam. Biaya transfer-nya adalah Rp 15.000

Sementara itu, Jika Kliring, maka Anda harus transfer sebelum Jam 13:30 WIB dengan lama transfer sekitar 2 - 3 hari. Biaya transfernya adalah Rp 7.500

Jadi dari sini bisa saya simpulkan bahwa ATM yang digunakan Juragan Rume adalah ATM Non Tunai dan bukan ATM yang biasa kita temui di tempat umum. Sementara itu untuk Juragan uus rumawan, saya tidak tau soal itu karena Call Centernya tidak menjelaskan hal tersebut.

Sementara itu, solusi yang diinfokan juragan gendutx itu tidak bisa di gunakan.

Thanks atas partisipasinya
sii Tira says:
March 12, 2010 at 7:33 am (Edit)

thank youu infonyaa..
hampiir aj ngirim k BCA..
:)
Johan Firdaus says:
March 14, 2010 at 6:37 pm (Edit)

sep, sama sama gan
SweetyP1nk says:
March 17, 2010 at 9:43 am (Edit)

bisa sih transfer dari mandiri internet banking ke bca, cuma gak praktis & bea adminnya lumayan mahal, kliring 2-3hr baru bisa sampai ke bca pdhal sama 1 kota, sedangkan RTGS kena bea 15rb.. Gak praktisssss dehhh… Kapok saya kl harus transfer dr mandiri internet banking, mendingan langsung ke atm uang ditarik, baru dimasukin ke rek.bca… hhhmmmm bisnis ku jd terhambat gara2 mandiri transfer ke bca butuh wktu 2-3hr :(
Johan Firdaus says:
March 17, 2010 at 7:17 pm (Edit)

he he he
iya gan, masalahna ATM BCA kan dah banyak, jadi karena itu mereka menolak untuk gabung ke dalam jaringan ATM Bersama. Karena gak masuk ke dalam ATM Bersama itu, jadinya untuk transfer ke sana, mandiri butuh waktu lama.

Ya mo gimana lagi gan, mo cepet tapi mahal, mo murah ( mahal juga si ), tapi lama

huhuhu
kenthu says:
April 8, 2010 at 4:17 pm (Edit)

BCA gak ndeso, cuma di kota saja.

masih hebat BRI & Mandiri. ATMnya masuk ke pelosok ndeso..
Johan Firdaus says:
April 8, 2010 at 6:49 pm (Edit)

hehehe,

kalo BRI emang lebih banyak di desa gan karena mereka emang jagonya Microfinancing, walau sekarang dah mulai ngincer masyarakat kota dengan BRITAMA mereka

kalo Mandiri standar lah jaringan ATM-nya, pa lagi ada ATM Bersama

kalo BCA juga dah banyak ATM -nya, tapi karena gak masuk atm bersama jadi rada repot juga kalo di tpt2x yang gak ada atm bca nya

2 komentar:

Bachtiar Sitorus mengatakan...

Sangat mudah koq melakukan transfer dari Mandiri ke BCA via ATM.
Caranya masukkan kartu ATM Mandiri - PIN - Transaksi lain - Transfer - antar bank - kode bank bca (014)nomor rekening bca (kode bank dan nomor rekening tanpa spasi)- nominal yang akan di transfer - no referensi (maks 16 angka) - OK. Beres dah...

lordcaocao2025 mengatakan...

Sekarang sudah bisa, tapi jaman dulu gak bisa om

maklum ini artikel tua :D