Ads

Sabtu, 09 April 2011

Tata Cara Mencontreng Dalam Pilpres

Jul 5, 2009

Pemilihan Presiden tinggal beberapa hari lagi, tepatnya tanggal 8 Juli. Tapi sudah taukah Anda cara mencontreng yang benar? Jangan sampai nanti Anda mencontreng / memilih dalam pemilu pemilihan presiden 2009 ini, walau Anda menggunakan suara Anda, tetapi suara Anda menjadi tidak sah hanya karena Anda tidak tau cara mencontreng yang benar.


Walau sosialisai sudah mulai di lakukan oleh KPU, tetapi sama seperti Pemilu kemarin, cara Contreng yang ditampilkan hanyalah beberapa detik saja. Sebelum selesai kita melihatnya, iklannya sudah berakhir. Sementara untuk yang tidak sah hanya ditampilkan satu jenis saja yaitu mencontreng dua pasangan calon. Ya mau gimana lagi, iklan yang hanya tampil 30 detik tentunya tidak mungkin bisa memberikan banyak informasi.




Saya juga coba mencari poster-poster tentang cara Contreng Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2009 di situs KPU maupun di media center kpu, tetapi tidak ketemu. Entah memang tidak buat, atau memang saya yang tidak bisa menemukannya.


Untung saya ketemu artikel di sini. Di situ ada poster tentang cara mencontreng yang benar. Tema kali ini tidak berubah yaitu cukup Contreng satu kali saja.


Dari poster tersebut, dapat diketahui bahwa pencontrengan yang sah di Pilpres 2009 nanti adalah sebagai berikut :




  • Mencontreng satu kali pada Nomer Urut Capres

  • Mencontreng satu kali pada Foto Capres

  • Mencontreng satu kali pada Nama Capres


Dan yang tidak sah adalah sebagai berikut:




  • Mencontreng 2 Pasangan Calon Presiden / Wakil Presiden atau lebih

  • Mencontreng di luar kotak pasangan ( Bukan di kotak nomer urut, kotak foto ataupun kotak nama )


Dan yang tidak jelas adalah sebagai berikut (Sebaiknya jangan dilakukan ):




  • Mencontreng Capres dan Cawapres pasangan yang sama

  • Mencontreng No urut, Foto dan Nama Capres yang sama

  • Mencontreng lebih dari satu kali untuk no urut atau foto atau nama capres yang sama

  • Mencontreng satu kali pada Cawapres ( Tidak ada contoh yang mengatakan boleh tidaknya mencontreng pada Cawapres, biar aman lebih baik tidak usah dilakukan )

  • Mencontreng satu kali pada Nomer Urut / Foto / Nama Capres dan satu kali di luar kotak


Dari semua option di atas, mencontreng Foto Capres adalah yang paling aman. Karena ukurannya yang lega sehingga tidak mungkin membuat Anda mencontreng kepanjangan hingga keluar kotak foto.


Ok gitu aja, semoga bermanfaat. Ingat, Pilpres 8 Juli nanti harus hadir untuk menggunakan Hak Anda. Dan ingat, siapapun yang menang, harap jangan sampe rusuh.


Hehehehe

Tidak ada komentar: