Ads

Sabtu, 02 April 2011

Super Dimension Fortress Macross

Hah, kebanyakan libur memang bikin orang menjadi malas. Saya dari hari sabtu kemarin libur, sabtu minggu libur, senin selasa cuti. Hari ini adalah hari terakhir libur, inget besom kau kerja rasanya malas banget ya? Selama libur padahal saya tidak melakukan apa-apa, hanya menghabiskan waktu untuk menonton film, Macross Tepatnya, seperti yang saya ceritakan di artikel kemarin.



Anda tau Macross tidak, Super Dimension Fortress Macross tepatnya? Mungkin jika saat Indosiar baru muncul Anda masih masuk dalam kategori Anak-anak, Anda pasti tau apa itu Macross.

Macross itu adalah film seri animasi jepang yang dulu pernah di tayangkan setiap hari Jumat jam 16.00 WIB di Indosiar. Saya lupa tepatnya tahun berapa, tetapi saya rasa berkisar Antara tahun 1996-1997. Jangan salah saat saya bilang jika Anda masuk kategori Anak-anak pasti suka film ini, berarti cerita film ini untuk anak-anak. Saya rasa malah cerita ini lebih untuk dewasa, dewasa di sini bukan berarti film ini menampilkan pornografi atau kekerasan, tetapi lebih kepada ceritanya yang kompleks dan penuh intrik.


Jujur saja, pada waktu saya kecil, saya tidak begitu suka film ini karena ceritanya yang begitu ngejelimet dan susah dimengerti. Karena film ini menggabungkan unsur action, fiksi futuristic, robot, asmara, budaya dan politik. Mungkin waktu kecil dari unsur-unsur film tersebut, yang saya mengerti hanya bagian aksi dan robot-nya saja, sedangkan yang lainnya saya kurang mengerti, jadi inti ceritanya kurang menangkap.


Tetapi setelah saya tonton ulang film ini, setelah Download dari indowebster, wah saya benar-benar salut sama ceritanya. Bagus banget, terus teringat masa lalu terus, waktu saya SD nonton filmnya. Ceritanya kadang sedih, kadang lucu dan kadang serius. Rasanya senang banget hari ini saya tamat nonton filmnya. Padahal mulai nontonnya hari minggu kemarin.


Bagi saya, Macross adalah film Robot pertama yang saya tonton, dan jika saya bandingkan dengan Gundam Seed, Gundam Seed Destiny dan Gundam 00, untuk urusan cerita saya lebih suka ke Macross. Di Macross peran utamanya bukanlah seorang pilot super seperti Kira Yamato ataupun Arthun Zala yang biasanya saat perang nyaris bisa membantai sebagian besar musuh tanpa bantuan sama sekali. Peran utama Macross, Hikaru Ichijo hanya Pilot dengan kemampuan yang lumayan baik yang dalam perang selalu dalam jumlah banyak.


Robot dalam Macross juga tidak seperti dalam Gundam, hampir semua Robot dalam Macross bentuk dan kemampuannya sama, tidak ada yang super soal urusan robot. Tim Macross menggunakan Robot yang bisa berubah-ubah antara pesawat, robot pesawat dan robot full sementara tim Zentradi dan Supervision Army menggunakan robot berbetuk Bulatan dengan kaki.


Sementara untuk Music, lagu-lagu yang ditampilkan sangat banyak, karena sebagian besar film ini adalah proses di mana Zentradi mengenal budaya manusia. Dan tentu saja, ada satu penyanyi yang juga tampil di film ini yang juga merupakan pemain utama. Lagunya lumayan enak loh, walau kedengeran seperti lagu-lagu jaman dulu (loh, emang lagu jaman dulu kok).


Nah, untuk bagian cerita banyak Spoilernya neh, jadi jika Anda mau nonton, bisa rusak karena ngebaca artikel ini, tetapi saya usahakan untuk merahasiakan bagian-bagian penting dari film ini.


Film ini dimulai dengan memperkenalkan Macross, suatu pesawat ruang angkasa yang jatuh ke bumi. Lalu diinfokan juga setelah negara-negara di bumi akhirnya bersatu dengan berakhirnya Unification War, Macross-pun akhirnya sudah dimodifikasi oleh manusia dan sudah disiapkan untuk terbang.


Tetapi pada saat akan terbang, tiba-tiba Bumi di serang oleh Alien yang ternyata sedang ingin merebut Macross. Perperanganpun terjadi dengan Alien. Hikaru Ichijo yang sedang menemui seniornya yang seorang pilot perwira tinggi, akhirnya harus menunggu seniornya yang pergi berperang. Tetapi karena dia disuruh menunggu di dalam pesawat, oleh tactician saat itu, Misa, Ichijo diminta untuk ikut bertempur. Ichijo yang walau seorang pilot, tetapi bukan prajurit itu karena bingung akhirnya menerbangkan pesawat tersebut.


Tetapi Ichijo kaget, ternyata pesawat tersebut model terbaru yang bisa berubah jadi robot. Karena belum bisa mengendalikannya, akhirnya ia menabrak rumah milik penduduk lokal bernama Lyn Minmay. Akhirnya senior Ichijo, Focker datang membenarnya pesawat sekaligus menginfokan Ichijo cara menggunakan pesawat model baru tersebut. Setelah itu, serangan terjadi, Ichijo berhasil menghancurkan satu mush dan menyelamatkan Minmay dari alien. Tetapi pesawat Ichijo hancur, dan akhirnya oleh Focker mereka berdua dibawa menuju Macross.


Sementara itu, Kapten Global, kapten pesawat Macross, akhirnya memutuskan untuk melakukan FOLD (perjalanan secara kilat) yang akan membawa Macross dan lingkungan sekitarnya menuju tempat lain dengan cepat untuk menghindari serangan Alien. Karena belum pernah melakukan percobaan, tujuan Kapten Global yang sebenarnya adalah bulan, malah membawa mereka sampai ke Pluto.


Dari sinilah di mulai perjalan Macross menuju bumi. Selama 13 episode pertama ini, diceritakan bagaimana Macross menuju bumi selalu di serang oleh Alien yang diketahui bahwa nama ras mereka adalah Zentradi. Dan di ceritakan juga, bagaimana warga yang ada di sekitar Macross (50.000 Jiwa) karena fold ikut terbawa ke pluto dan akhirnya membentuk kota di dalam Macross. Juga di ceritakan bagaimana Asmara Hikaru kepada Minmay, proses Hikaru menjadi tentara dan Minmay Menjadi Penyanyi.


Lalu di 14 episode berikutnya, di ceritakan bagaimana Macross yang sudah sampai di bumi berperang dengan Zentradi, Minmay menjadi artis, kemunculan kaifun, kekacauan didalam kota Macross, dan kedekatakan kaifun kepada Minmay dan Misa dan Hikara juga mulai menjadi dekat. Di episode 27, Macross sepertinya tamat, dengan Klimaks perang mereka dengan Zentradi dan bagaimana proses Hikaru menyelamatkan Misa dan penerimaan Zentradi kepada budaya manusia.


Di 9 episode terakhir, lebih mirip dengan Epologe yang menceritakan bagaimana keadaan Macross, Bumi dan Zentradi setelah perang. Dan lebih banyak drama yang menceritakan hubungan Misa, Hikaru, Kaifun dan Minmay.


Ya, gitu aja si ceritanya, pokoknya jika Anda suka film robot, film gundam, film perang atau film politik pasti suka film ini. Di jamin, tapi sekarang mau nyari film Macross lainnya rada susah, soalnya sama seperti Gundam, semua filmnya license jadi tidak bisa di download, kecuali di server indonesia or server Underground.


Kalo ada yang tau, infoin ya untuk film-film macross yang lain bisa dapat di mana :)


hehhehe


5 Responses to “Super Dimension Fortress Macross”

azaxs says:
November 26, 2008 at 3:42 pm (Edit)

waaa… jadi pingin cari pileme….
admin says:
November 26, 2008 at 9:15 pm (Edit)

kemarin sih nemuna di indowebster bos
Jo Point Of View » Blog Archive » [Anime Review] Macross : Do You Remember Love? says:
January 19, 2009 at 8:54 pm (Edit)

[...] film Anime (Animasi) Macross : Do You Remember Love. Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya di sini tentang Cerita Anime Super Defence Fotress Macross, Anime ini juga menceritakan apa yang di [...]
ICHIJO says:
February 8, 2009 at 12:20 pm (Edit)

Dapet macross dari sini ya kk???
Jo Point Of View » Blog Archive » [Anime Review] Macross Plus, Sequel Macross yang Mengecewakan says:
February 9, 2009 at 7:34 pm (Edit)

[...] Plus, berbeda dengan Macross : Do You Remember Love, adalah sebuah sequel langsung dari Film Super Dimension Fotress Macross dan bukan sebuah alternate [...]

2 komentar:

Datoek Aan mengatakan...

Apalagi setelah anda menonton Macross 7,Macross Frontier dan Macross Zero (ceritanya sebelum Macross SDF Malahan)... ceritanya jadi nyambung dari Kakek Nenek sampai Cucu-Cucunya.... ^_^. Menurut saya Macross itu Saga yg paling Bagus dan Melegenda.. hehehehe...

lordcaocao2025 mengatakan...

Kalo Macrss 7 saya sudah nonton, tapi menurut saya ceritanya biasa aja dan terkesan agak maksa. Kalo Macross zero saya juga dah nonton dah agak kurang cocok. Macross frontier saya belum nonton, tapi saya tidak niat nonton karena terlanjur kecewa dengan macross2x lainnya.