Ads

Sabtu, 09 April 2011

Selamat Tinggal Yahoo! GeoCities

Jul 26, 2009

Sebelum mengucapkan selamat tinggal dengan GeoCities, sebenarnya teman-teman sudah pada tau belum sih apa itu Yahoo! GeoCities. Yahoo! GeoCities adalah sebuah layanan web hosting yang di buat oleh David Bohnett dan John Rezner di akhir tahun 1994. Waktu itu namanya belum GeoCities melainkan Beverly Hills Internet atau lebih dikenal dengan sebutan BHI. BHI merupakan sebuah perusahan kecil yang menangani Web Hosting dan Web Development di Kalifornia Selatan.


Di pertengahan tahun 1995, BHI memutuskan untuk menyediakan layanan kepada user untuk mengembangkan sebuah Home Page secara Gratis ( user ini di kenal dengan nama "Homesteaders" ) . Fasilitas Chat, Bulletin Borad dan banyak elemen-elemen Community-pun akhirnya tidak lama kemudian ditambahkan.


Di desember 1995, BHI sudah memiliki ribuan pendaftar baru tiap harinya dan mendapatkan lebih dari 6 Juta Page View setiap bulannya. Dengan banyaknya user ini akhirnya BHI memutuskan untuk lebih fokus membangung membership dan Community daripada layanan web hostingnya. Pada tanggal 15 Desember 1996, BHI merubah namanya menjadi GeoCities.




Dengan berjalannya waktu, makin banyak perusahaan yang menginvestasikan dananya di GeoCities, termasuk salah satunya adalah Yahoo!. Di May 1997, GeoCities mulai menampilkan iklan di web sitenya sehingga menambah pendapatan mereka. Di Juni 1997, GeoCities adalah web site Populer ke-5 dan di Oktober 1997, Geo Cities sudah memiliki 1 Juta HomeSteader.


Pada Agustus 1998, GeoCities melakukan Go Public dan di tahun 1999, GeoCities akhirnya di beli oleh Yahoo! dengan nilai Stock US $ 3.570.000.000 . Manajemen GeoCities kemudian di ambil alih oleh Yahoo mulai 28 May 1998 dan GeoCities kini dikenal dengan nama Yahoo! GeoCities.


Dengan berubahnya manajemen, berubah pula TOS ( Term Of Service ) dari GeoCities. TOS yang baru itu menyatakan bahwa Yahoo! memiliki semua izin dan kontent dari apa-apa saja yang di upload ke Yahoo! GeoCities, termasuk di dalamnya adalah foto. Hal ini membuat banyak user mengamuk dan akhirnya meninggalkan GeoCities sebagai aksi protest. Hal ini membuat Yahoo! menyadari kesalahannya dan mengubah TOS GeoCities kedalam bentuk awalnya.


Di tahun 2001, banyak analisis mengatakan bahwa Yahoo! GeoCities belum mencapai Profit, hal ini diperkuat dengan kebijakan baru Yahoo! yang mengenalkan premium service Yahoo! GeoCities ( yang tentu saja tidak gratis ) dan kebijakan lainnya adalah mengurangi fasilitas yang di miliki oleh Yahoo! GeoCities versi gratisan dan versi hosting murah. Semenjak saat itu bandwith yang di berikan ke account gratis hanya 4 GB saja perbulannya. Tidak lama kemudian, Yahoo! GeoCities Premium Service di satukan dalam program Yahoo! Web Hosting.


Di tahun 2001 juga ada hoax yang beredar bahwa Yahoo! GeoCities akan di tutup dan tidak lama kemudian muncul e-mail berantai yang menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar, dan e-mail tersebut juga dilengkapi dengan kutipan dari sebuah artikel koran The New York Times.


Geo Cities dengan kepopulerannya di tahun 1990 karena fasilitas gratisnya tampaknya perlahan-lahan mulai mengalami penurun kepopuleran dengan semakin menurunnya biaya web hosting. Kebanyakan situs GeoCities yang populer kebanyak sudah tidak aktif karena usernya lebih memilih untuk mengunakan option lain termasuk banyaknya web hosting gratis dan juga web hosting berbayar yang biayanya tidak semahal dulu.


Pengunjung domain geocities pun semakin lama semakin berkurang pengunjungnya. Puncak dari penurunan traffic ini dan juga puncak dari kerugian yang dialami GeoCities adalah pengumuman Yahoo di tanggal 23 April 2009 kemarin yang menyatakan bahwa Yahoo! akan menutup Yahoo! GeoCities dan mulai saat itu Yahoo! GeoCities menolak pendaftaran user baru.


Semua account Yahoo! GeoCities akan tetap aktif sampai akhir 2009 nanti agar user bisa mendownload semua content web site GeoCities mereka dan menguploadnya di tempat lain.Yahoo! juga menyediakan option bagi "Yahoo! GeoCities Plus customers" di mana user bisa mengupgrade id GeoCities mereka menjadi id Yahoo! Web Hosting tanpa biaya tambahan di mana pemindahan data-datanya akan dilakukan secara otomatis oleh Yahoo!.


Bagi Anda yang sudah merasa sreg dengan GeoCities Anda mungkin bisa menggunakan jimdo yang menyediakan layanan hosting gratis dengan nama "Lifeboat for GeoCities" agar para user Geo Cities yang "dibuang" oleh Yahoo! mau menggunakan layanan mereka.


Tapi tentu saja, walaupun Yahoo! berkata final, hal ini belum tentu final. Masih ingat ketika Lycos memutuskan untuk menutup layanan hosting gratisnya yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Deadline Lycos saat itu hanya tinggal beberapa bulan lagi, tetapi setelah semua user putus asa, tiba-tiba saja ada sebuah perusahaan yang mau meneruskan membiayai layanan Gratis Web Hosting Lycos sehingga layanan tersebut tidak jadi ditutup.


Ok, itu saja dari saya, semoga bermanfaat.


Source :


http://en.wikipedia.org/wiki/Geocities


http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/geocities/close/close-01.html

5 Responses to “Selamat Tinggal Yahoo! GeoCities”

  1. Rychan says:

    OK kunjungan balik!!!!!! salam dari blogger cilacap…. monggo tukeren linknya mas! :)

  2. Ok gan dah saya link balik

  3. wah infonya lengkap juga, terutama yang jimdo nya. Lumayan space nya gede, 500MB

  4. senang gan bisa membantu, dah pake jimdo ya??

  5. Ia, saya sudah mendaftar di situ. Nanti saya akan eksport yang dari geocities ke situ

    Sekali lagi terimakasih :D

Tidak ada komentar: