Ads

Sabtu, 09 April 2011

Harddisk External Tidak Kedetect

Hari ini saya bingung sekali. Waktu lagi asik-asiknya di kantor, tiba-tiba saja harddisk external saya tiba-tiba tidak bisa di akses. Padahal harddisk ini tidak saya apa-apakan. Saya tarik kabel harddisknya dari port usb, lalu saya tancapkan kembali, ternyata harddisk saya saat saya cek lampu indikatornya menyala dan saat saya sentuh dengan tangan terasa dia itu berputar. Bahkan saat saya lihat di safely Remove Hardware lambang hijau itu ada, tetapi yang menjadi masalah adalah bahwa Drive Harddisk saya ( E: ) Tidak muncul.


Saya lalu coba untuk menggunakan port USB yang lain, tetapi hasilnya nihil. Saya mulai merasa panik. Bukan saja karena saya merasa kehilangan harddisk external fujitsu 80 GB yang sudah berumur hampir 2 tahun, tetapi panik lebih kepada data-data yang ada di harddisk tersebut. Baik itu data kantor, film, software dan lainnya.




Saya lalu coba menenangkan diri, lalu saya coba akses harddisk saya di komputer teman saya, ternyata ke detect. Komputer teman saya melihat harddisk tersebut, tetapi setelah terdetect, ternyata hasilnya tetap sama, di windows explorer drive harddisk saya tidak muncul. Saat saya coba klik yang lambang hijau "Safely Remove Hardware", harddisk saya proses tetapi tidak selesai-selesai, akhirnya saya cabut saja dari komputer teman saya.


Saya tidak putus asa, saya coba ganti kabel harddisk dengan kabel harddisk teman saya, hasilnya ternyata tetap sama.


Akhirnya saya duduk lemas. Kebayang rasanya data-data saya yang hilang itu. Akhirnya saya putuskan untuk moving on, "Nanti ah di rumah saya cek pake Partition Magic, " Ucap saya dalam hati. Sambil putus asa, saya coba pasang saja harddisk saya. Harddisk itu saya lihat terus berjalan memroses sesuatu, entah memproses apa ( terasa saat saya sentuh harddisknya, dia berputar ).


Setelah kira-kira 15 - 20 menit saya diamkan saja, ternyata tiba-tiba autorun harddisk saya jalan. Drive Harddisk saya muncul dan saya hanya bisa berkata "Hore". Ternyata diakalin macem-macem tidak bisa, malah didiemin bener sendiri.


Hal ini saya anggap pelajaran bagi saya, karena selama ini saya selalu berlaku cuek terhadap harddisk ini. Saya sering cabut harddisk external ini tanpa safely remove hardware, saya sering dekatkan harddisk ini dengan hp, saya sering tempelkan harddisk ini dengan ransum ( makanan bekal ) yang masih panas.


Pelajaran lainnya adalah, jika kita sudah tidak melakukan apa-apa lagi dalam suatu hal, jika semua usaha sudah dilakukan langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah tawakal dan menyerahkan semuanya kepada yang maha kuasa.


Ok gitu aja, semoga artikel ini bermanfaat.


4 Responses to “Harddisk External Tidak Kedetect”

  1. dj martha says:

    Yup bener itu…. Segala sesuatu harus dihadapi dgn tenang dan sabar. Dan ambil hikmahnya…

    Nice posting!

  2. @ravi : thanks gan, kalo dari artikel juragan, menurut saya penyebab hard disk aye rusak tuh adalah yang no 3:
    Lupa menggunakan fungsi safely remove hardware setiap mencabut harddisk dari komputer

    sedangkan untuk
    1. Harddisk yang lagi bekerja mengalami guncangan atau terjatuh.

    dan

    2. Pada saat komputer di-shutdown dengan benar, head “diparkir” dahulu ke posisi nol, barulah komputer mati.

    bukan lah penyebabnya

  3. Saya menemukan solusi untuk hal ini

    Pertama, Ganti Kabel yang “kuat” bawa datanya, karena gak semua kabel data USB itu bisa konekin ke hd external ( biasanya dia kabelnya bercabang dua, atau cabang 1 tapi ada penguatnya )

    Terus gunakan semua slot usb yang ada punya, jika tidak bisa di slot yang satu, gunakan di slot yang lain

    jika masih tidak bisa, coba buka dulu smart drive-nya, terus di pasang lebih kuat terus di coba lagi

    semoga bermanfaat


Tidak ada komentar: