Ads

Senin, 11 April 2011

Selamat Hari Sumpah Pemuda

81 Tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, Pemuda-pemuda Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan ras, berkumpul bersama dalam sebuah kongres yang di kenal dengan nama Kongres Pemuda II.


Tujuan Kongres ini adalah agar dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda Indonesia. Menurut Pandangan pemuda pada waktu itu, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.


Hasil dari Kongres Pemuda II adalah sebuah sumpah yang dinyatakan oleh Pemuda Indonesia yang isinya adalah sebagai berikut :





  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


3 buah Poin dalam sumpah ini membawa perubahan besar dalam perjuangan bangsa Indonesia. Di mana mulai poin ini, Tidak ada lagi perjuangan membebaskan jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi ataupun papua, yang ada adalah perjuangan membebaskan Indonesia dari kolonisasi Belanda, dan kemudian Jepang.


Sekarang setelah 81 tahun para pemuda Indonesia menyatakan sumpahnya untuk saling bersatu, tampaknya kini kebanyakan masyarakat Indonesia sudah lupa akan pentingnya kesatuan dan persatuan. Banyak sekali sekarang orang mulai membeda-bedakan ras, agama dan suku bangsa. Mereka lupa bahwa kita Indonesia adalah satu. Mereka lupa kekalahan kita dulu akibat kita terpecah belah, tidak bisa bersatu sehingga mudah di adu satu sama lainnya.


Mengingat momen ulang tahun ke 81 Sumpah Pemuda ini, Marilah, kita lupakan semua perbedaan kita. Kita adalah rakyat Indonesia, jangan jadikan perbedaan sebagai hal yang membuat kita saling bermusuhan, saling menjauhi, tetapi jadikanlah perbedaan itu sebagai pelengkap diri kita. Hidup Indonesia satu, Hidup Indonesia Damai...!!!


Pemuda Indonesia, Bangkitlah Anda Semua...!!!


Mari kita bangun negri ini bersama-sama. Karena kita adalah satu tumpah darah, satu bangsa dengan satu bahasa persatuan. Kita adalah Indonesia, maka bersatulah, karena kita satu tubuh satu hati.


Indonesia Jaya

2 Responses to “Selamat Hari Sumpah Pemuda”

  1. Saatnya bagi kita untuk tidak hanya berkomentar, namun mulai berpikir untuk mengembangkan potensi apa yang dapat kita sumbangkan untuk bangsa kita tercinta. Ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, budaya, ataupun yang lain. Mari berlomba-lomba menjadi pahlawan bangsa. Karena pahlawan yang sesungguhnya adalah seseorang yang dengan ikhlas berjuang demi kepentingan masyarakat luas.

    Semoga semangat Sumpah Pemuda yang baru saja diperingati masih tetap akan membara dalam benak para pemuda, sekarang dan selamanya.
    Lowongan Kerja Surabaya

Tidak ada komentar: