Ads

Senin, 11 April 2011

Membersihkan Monitor LCD

Masih ingat cerita saya tentang membeli monitor LCD Advance 19 inchi wide screen? Jika lupa cek kembali di artikel Beli Monitor LCD.


Nah yang mau saya ceritakan di sini bukanlah keluhan karena selama ini monitor LCD Advance 19 inch Wide Screen tersebut masih berfungsi dengan baik. Yang mau saya ceritakan adalah masalah kebersihan layar monitor.


Pada saat saya membeli Monitor LCD Advance ini, sebenarnya saya di berikan juga plastik anti gores dan anti debu untuk monitor. Tetapi karena dekat komputer saya ada kipas angin membuat terkadang plastin ini terkena kipas sehingga layar monitor menjadi tidak enak dilihat karena ada pantulan plastik. Akhirnya saya putuskan untuk melepas plastik anti gores dan anti debu tersebut dari monitor LCD Advance Wide Screen 19 Inch saya tersebut.




Nah, ternyata melepas Plastik Pelindung Layar Monitor LCD ini memberikan masalah baru bagi saya. Masalah baru tersebut adalah debu. Ya, beberapa bulan setelah saya lepas plastik anti debu dan anti gores tersebut, monitor LCD saya mulai ditempeli oleh debu. Saya coba menggosok-gosoknya dengan sapu tangan tetapi tampaknya tidak berguna, debunya tidak mau hilang. Untuk mencob menggunakan air saya tidak berani karena takut malah Monitor LCD-nya menjadi rusak. Oleh karena itu akhirnya monitornya saya biarkan saja berdebu.


Beberapa hari yang lalu saya pergi Ke Mall Kelapa Gading. Di sana saya ketemu sebuah toko elektronic namanya Best. Nah di situ iseng-iseng saya tanya saja apakah ada Alat pembersih monitor LCD, penjaganya kemudian membaya saya ke tempat tisu. Di sana ada tisu pembersih ( saya tidak tau pembersih apa karena tulisannya cina ) dengan harga Rp 319.000. Isi tisu tersebut 150 unit. Wah bagi saya itu terlalu mahal. Tetapi sayangnya petugasnya bilang hanya ada itu, sedang yang lain tidak ada ( stock habis ).


Nah, berhubung saya sudah ada di toko electronic Best, saya coba lihat-lihat saja. Di sana banyak di jual barang elektronic mulai dari TV sampai perlengkapan lainnya. Akhirnya saya sampai ke bagian pojok toko tersebut, di situ adalah bagian accesories komputer. Saya sangat terkejut menemukan ternyata di sana di jual berbagai macam pembersih LCD. Harganya di mulai dari 99.000 - 300.000. Entah kenapa petugas tadi bilang stocknya habis, sampai sekarang saya masih belum tau jawabannya.


Akhirnya saya memutuskan untuk membeli yang paling murah, yaitu Display Cleaner Set ( Cleaner Kits) merk Sanwa. Isi dari Cleaner Kits tersebut adalah sebuah lap halus dan sebuah semprotan 120 ml. Harga Display Cleaner Set adalah Rp 99.000.


Nah, langsung saja saat saya sampai di rumah langsung saya coba. Saya pastikan monitor dan komputer dalam keadaan off, lalu saya semprotkan cairan tersebut ke layar monitor LCD saya, lalu saya lap dengan lap yang telah di sediakan. Hasilnya debu-debu yang tadinya menempel dan mengganggu tersebut dapat hilang dengan mudahnya. Kini layar monitor saya sudah bersih kembali.


Beberapa teman saya membersihkan layar monitor LCD dengan cairan pembersih kaca mata seharaga Rp 20.000. Tetapi saya sendiri tidak tau merknya dan tidak tau apa efeknya terhadap monitor Anda. Yang pasti, debu-debu yang ada di monitor LCD juga bisa di hilangkan dengan cara tersebut ( kata teman saya ).


Ok itu saja dari saya semoga bermanfaat

2 komentar:

titin kurniawati mengatakan...

ok deh trims buat tulisannya...aku lg cari artikel ttg anti gores lcd 19 inch, ternyata biar gak pasang juga gak apa2 ya asal rajin bersihkan....trus dimata juga (walau dpasang at tidak) msh pengaruh mata lelah,kering,ngantuk..

lordcaocao2025 mengatakan...

Kalo sekarang, mending langsung beli TV LED kaya merk LG gitu ( saya pake itu sekarang ). Bisa jadi monitor, bisa jadi TV, kalo mo nonton film bisa langsung tancep usb.

Harga LED juga dah jauh lebih mrh, kemaren saya beli TV LED 1.65 jt 22 inch merk LG. Itu beberapa bulan yang lalu, sekarang harusnya dah lbh murah lagi.