Ads

Jumat, 08 April 2011

[Motivasi] KISAH KERTAS LEKAT CATATAN "POST-IT"

Dapet dari milis


Arthur Fry sering kehilangan catatan kerja. Pekerjaannya amat tidak teratur sehingga catatan yang di tulisnya sendiri tidak dapat diingat. Pada suatu hari dia mendapati bahwa perusahaan tempat kerjanya, 3M, telah menciptakan sejenis lem tetapi sayangnya tidak dapat melekat dengan baik. Dengan kata lain, lem gagal berfungsi.


Lem tersebut hanya dapat menempel pada sehelai kertas saja dan mudah tanggal. Rupanya itulah yang di perlukan Fry supaya catatan lebih tersusun rapi. Dia kemudian mendapat sebuah ide dan mengemukakannya kepada pihak manajemen. Produk ini dinamai Post-it. Untuk idenya itu, ia menerima royalti satu persen dari setiap penjualan Post-it sepanjang hayat. Setiap tahun, hasil penjualan yang diedarkan oleh 3M adalah lebih dari US$100 juta. Oleh karena itu, Arthur Fry menerima US$1 juta setiap tahun.




Pesan yang dapat di ambil:
Ada hikmah dari segala sesuatunya. Jika Anda mengalami kegagalan, coba pelajari kegagalan tersebut. Karena dengan mempelajari kegagalan tersebut, Anda bisa menghindari kegagalan di masa yang akan datang, atau malah Anda dapat menemukan suatu celah di mana kegagalan tersebut dapat Anda sulap menjadi suatu keberhasilan, atau minimal mengurangi efek buruk dari kegagalan tersebut.

Jika Nasi sudah menjadi bubur, maka bukan berarti Anda harus membuang bubur tersebut, tetapi buatlah bubur tersebut menjadi enak dan sedap untuk Anda nikmati.

Tidak ada komentar: