Ads

Jumat, 08 April 2011

[Manga Review] School Rumble

Pertama kali saya baca manga ini adalah waktu saya kuliah. Waktu itu manga merupakan salah satu manga yang ditampilkan di shonen magazine. Walaupun ceritanya bagus, tetapi karena shonen magazine isinya berupa campuran manga, cerita yang disampaikan dalam tiap edisinya sangat sedikit hingga lama kelamaan saya melupakan manga ini, gak kuat nunggunya bo.


Sekitar dua tahun yang lalu, adik kelas saya cerita bahwa dia teman dia punya anime dari manga ini. Dua session pula, langsung saja saya minta dibakarkan. Anime dari manga ini sangat bagus, tetapi saya, dari dua session yang ada, anime ini masih belum sampai ke klimaksnya alias masih belum tamat.



Beberapa minggu yang lalu, saat saya main ke forum indowebster bagian manga, saya melihat anime ini sebagai salah satu anime yang masuk kedalam kategori kumplit. Langsung saja saya masukke thread tersebut dan saya download semua link manga yang ada. Singkatnya saya sudah mendownload ke 22 episode manga dari school rumble. Sekarang saya sudah baca cerita ini sampai tamat.

Tema dari Manga School Rumble sebenarnya biasa saja, tidak ada yang special. Ceritanya diawali dari seorang peran utama wanitanya, Tsukamoto Tenma yang tertarik dengan teman sekelasnya Karasuma Ooji. Tetapi sayang, Karasuma Ooji ternyata akan pindah ke amerika bersama keluarganya.

Karena merasa panik akan kehilangan Karasuma, Tsukamoto Tenma akhirnya memutuskan untuk menulis surat cinta kepada Karasuma Ooji. Tsukamoto berhasil membuat karasuma menerima surat cinta darinya tanpa dia yang memberikan langsung suratnya. Tetapi sialnya dia sadar bahwa ternyata dia lupa menulis nama dari penuli surat cinta tersebut. Tetapi walaupun Tsukamoto Tenma gagal menginfokan pengirim surat tersebut, tetapi tampaknya surat tersebut punya efek karena akhirnya karasuma memutuskan untuk menunda kepergiannya dan akan tetap tinggal di jepang sampai tahun berikutnya.


Itulah awal cerita dari School Rumble. Setelah itu anda akan melihat bagaimana perjuangan Tsukamoto Tenma untuk mendapatkan karasuma ooji. Lalu nantinya juga muncul karakter dengan nama Harima Kenji, anak nakal yang jatuh hati kepada Tsukamoto Tenma dan akhirnya memutuskan untuk mengejar Tsukamoto Tenma. Tetapi karena baik Harima Kenji ataupun Tsukamoto Tenma adalah orang yang polos dan sedikit bodoh, akhirnya antara mereka sering terjadi kesalahpahaman yang lucu.


Manga ini sungguh penuh dengan humor, dimana kebanyakan kejadian tampaknya selalu di besar-besarkan. Misalnya saja ada bagian dimana Harima Kenji putus asa dan akhirnya menjadi peramal yang bisa bicara dengan binatang. Ada juga bagian dimana kelas 2C terpecah menjadi beberapa bagian dan mengadakan perang di sekolah. Bagian ini bagian yang terbaik karena sangat lucu, apalagi yang versi Anime-nya, sangat luar biasa keren.


Karakter:



Tsukamoto Tenma
Pemeran Utama Wanita dalam Manga ini. Gadis kelas 2 SMU ini sangat suka sekali dengan Karasuma Ooji. Gadis ini sangat polos, ceroboh dan lugu ini sangat sering salah paham, terutama atas perhatian Harima Kenji kepada dirinya. Selain itu dia juga sangat protective terhadap adiknya, Tsukamoto Yakumo.

Harima Kenji
Pemeran Utama Pria ini sama bodohnya, cerobohnya dan polosnya dengan Tsukamoto Tenma. Harima Kenji sangat menyukai Tsukamoto Tenma percis seperti Tsukamoto Tenma menyukai Karasuma Ooji. Anak yang awalnya berandalan ini merasa tersentuh oleh Tsukamoto Tenma sehingga memutuskan untuk berubah. Dengan berjalannya cerita, lama kelamaan, Manga ini akan lebih berpusat kepada cerita Harima Kenji dari pada cerita dari Tsukamoto Tenma. Apalagi nanti setelah terjadi kesalahpahaman antara Sawachike Erie, Tsukamoto Yakumo, Tsukamoto Tenma dengan dirinya.

Karasuma Ooji
Karakter ini adalah karakter paling unik dari cerita School Rumble. Karasuma tampaknya selalu muncul di saat-saat yang tidak pernah diduga dan seringkali dia tampil seolah-olah karena perhatiannya kepada Tenma walaupun nantinya manganya sendiri selalu menjelaskan alasan sebenarnya. Karasuma adalah tipikal karakter anti sosial yang jarang sekali berinteraksi. Dia hanya peduli satu hal, yaitu Curry. Cerita tentang karasuma akan lebih fokus di episode-episode terakhir dari manga school rumble. Baru di 2 episode terakhirlah anda bisa mengenal siapa itu karasuma Ooji.

Tsukamoto Yakumo
Adik dari Tsukamoto Tenma. Berbeda dengan kakaknya yang ceroboh dan tidak bisa apa-apa, Tsukamoto Yakumo Siswa kelas 1 SMU yang sangat rapi, rajin, teliti dan perhatian. Tsukamoto Yakumo juga memiliki kemampuan untuk membaca pikiran, terutama pikiran dari orang-orang yang sayang padanya. Satu kekurangan dari Tsukamoto Yakumo adalah karena dia pemalu dan mengalami kesulitan saat berkomunikasi. Yakumo juga tampaknya sedikit tertarik dengan teman kakaknya, Harima Kenji.

Sawachika Erie
Salah satu dari 3 Sahabat baik Tsukamoto Tenma. Dia adalah putri orang kaya yang sebelumnya tinggal di british. Karena wajahnya yang cantik dan sifatnya yang anggun banyak pria yang jatuh hati padanya, tetapi selalu dia tolak. Tetapi hal yang berbeda terjadi ketika dia bertemu dengan Harima Kenji. Perlakuan Harima Kenji sangat berbeda dengan perlakuan pria-pria lain kepadanya dan hal ini membuat dia kesal dan akhirnya sering bentrok dengan Harima Kenji. Tetapi karena satu dan lain hal, bentrokan mereka ini mengakibatkan kesalahpahaman dan membuat orang-orang disekitar mereka menganggap Sawachika Erie menyukai Harima Kenji.

Selain itu Ada juga Hanai Haruki yang naksir berat kepada Tsukamoto Yakumo, dan karena tampaknya Tsukamoto Yakumo dekat dengan Harima Kenji membuat Hanai Haruki sering berkelahi dengan Harima Kenji. Lalu ada juga ada juga Suou Mikoto, teman dari kecil Hanai Haruki dan teman dari Tsukamoto Tenma. Sebagai teman baik Hanai, mereka sangat dekat sehingga sering kali dianggap sebagai suami istri. Ada juga Tanako Akira, wanita ini rada mirip Karasuma Ooji yang sedikit Anti sosial. Hobby wanita ini adalah membuat cerita aneh dan memakai baju-baju berbentuk binatang.

Selain itu hampir seluruh kelas 2C ada ceritanya di manga ini, walaupun tidak begitu banyak. Misalnya saja Ichijo Karen, Imadori Kyousuke, Nara Kentarou, Nishimoto, Asou Kougi, Fuyuki Takeichi dan karakter minor lainnya. Ada juga dari kelas lain ditampilkan seperti Lala Gonzales, Harry McKenzy, Sarah, Tougou dan Tenouji.

Pokoknya ceritanya bagus deh, buruan beli manganya (ada gak ya di indo??? Setau gw adanya di shonen magazine doank yang indonya, kalo dalam bentuk novel ndak ada)

hehehehe

Tidak ada komentar: