Ads

Sabtu, 02 April 2011

Membuat Web Site dengan Web Hosting & Domain Gratis

Nov 8, 2008

000webhost adalah suatu Web Penyedia Web Hosting dan Domain secara gratis alias cuma-cuma. Sebelum membicarakan lebih jauh tentang web ini, ada baiknya kita kenal dulu, apa itu Web Hosting dan Apa itu Domain.


Saat kita akses suatu halaman Web, maka nantinya akan muncul suatu tampilan. Nah, tampilan itu berasal dari server yang mengolah suatu script (baik itu php, asp, atah hanya HTML biasa) sehingga muncullah tampilan yang ada di browser Anda. Di tampilan tersebut juga bisa di munculkan gambar, video, audio dan lainnya. Nah, file-file tersebut, baik yang file script ataupub multimedia harus di tempatkan di suatu komputer/server yang selalu terhubung dengan internet. Komputer yang menyediakan Jasa tersebut adalah komputer HOST atau lebih dikenal dengan tempat Hosting File.



Mengingat Server Hosting itu harus aktif terus selama 24 jam, dan Server tersebut juga harus kuat dan memiliki akses internet yang super cepat makan biasanya Server Hosting itu berbayar. Tapi tenang, yang saya bahas di sini adalah server Hosting yang Gratis. Karena apa? Karena kita semua Cinta dengan Gratisan :).


Lalu apa itu Domain? Domain Sebenarnya adalah penyebutan singkat dari Domain Name System (DNS). Ingat sebelumnya, saat kita akses suatu halaman Web, maka kita harus entry terlebih dahulu sebuah nama di browser yang nantinya akan mengakses kita ke halaman tersebut. Contoh Domain adalah adsensecamp.com, kumpulblogger.com, 000webhost dan ziddu.com. Nah, Domain sendiri mempunyai akhiran yang berbeda-beda. Seperti .com (Untuk komersial), .tv (Untuk TV), .org (Untuk organisai) dan lain-lain yang masing-masing akhiran mempunya arti sendiri-sendiri.


Fungsi sebenarnya dari Domain adalah sebagai nama lain dari Alamat Web Hosting yang berupa IP Address. Misalnya saja kumpulblogger.com. Jika kita menggunakan nama asli dari Hosting web tersebut, maka kita harus menggungkan IP Adress-nya. Nah karena sulit untuk menghapal IP Address tersebut, maka kita hanya perlu menuliskan Domain di browser dan nantinya Browser yang akan menterjemahkan Domain tersebut ke dalam bentuk IP Address.


000webhost.com adalah sebuah web site penyedia Hosting dan Domain Gratis dengan Fasilitas:

  1. 1500 MB of disk space

  2. 100 GB of data transfer

  3. PHP and MySQL support with no restrictions

  4. cPanel control panel

  5. Website Builder

  6. Absolutely no advertising!=> Tanpa Iklan, One and Only

  7. Bisa bikin duit / money / uang dengan sistem referal-nya // TERBUKTI SCAM, jangan mengharapkan uang dari sini, tapi kalo hostnya si lumayan bagus


Nah setelah mengerti, kita mulai bahas soal 000webhost.com. Untuk mendaftar, cukup click 000webhost.com, dan pilih Sign Up dari halaman tersebut.


Setelah di klik singup, maka akan muncul beberapa pertanyaan Yang harus Anda isi yaitu:

  1. I want to host my own domain or,

  2. I will choose your free subdomain (recommended).
    Artinya, jika anda sudah punya domain sendiri, maka isi no 1, tapi jika belum maka cukup isi no 2, nama Domain yang Anda inginkan, misalnya saja karembo (maka nanti akan menjadi karembo.site40.net.

  3. Your name => Nama Anda

  4. Your email => E-Mail Anda

  5. Password => Harus diisi dengan kombinasi alphabet dan angka

  6. Type password again => harus diisi sesuai dengan password

  7. Enter the number you see in the image => Masukan kata yang sesuai dengan yang ada di atas

  8. I agree to Terms Of Service => Tandai jika Anda setuju dengan TOS dari 000webhost.com

  9. Lalu klik Create My Account


Update 14 November 2008

Mulai beberapa hari yang lalu, untuk validasi, sudah tidak menggunakan email lagi melainkan menggunakan sebuah software pengecek ip_addres. Berikut ini adalah pengumuman dari 000webhost.com.

Before your account can be activated, you need to confirm your computer IP address. It's easy - just download ip_confim.exe to your computer and run (execute) it. You will get 6 digit confirmation code, which you will have to enter below.

* Code you have entered is invalid, please follow instructions to activate your account:

1. Download ip_confirm.exe to your computer and run it, ada kasus sebagian orang tidak bisa download dari situ, coba download dari sini saja.

2. You will get 6 digit confirmation code.

3. Enter this 6 digit confirmation code here:

Bagaimana cara kerjanya?

  1. Download program ip_address.exe., ukurannya sekitar 2.78 Kb. Jalankan dan dia akan memberikan kode aktivasi untuk account Anda berdasarkan ip addres tempat anda sekarang.

  2. Masukan ke-6 digit yang anda dapatkan ke textbox yang di sediakan, lalu klik Confirm & Activate


End Of Update

Maka Anda akan di bawa ke halaman Account Setup in Progress. Tunggu sebentar, Setelah 1 - 6 menit, maka Anda akan secara otomatis di lempar ke halaman Account Details Overview. Segera Bookmark halaman ini untuk memudahkan Anda kembali ke sini lagi.


Di Halaman ini akan di tampilkan beberapa informasi yaitu:

  1. Nameserver details, abaikan ini karena kita menggunakan domain dari 000webhost.com

  2. Website Details, Detail dari web site yang telah kita buat, silakhan coba di klik link ke website kita untuk memastikan web yang kita buat telah jalan, dalam hal ini linknya berarti http://karembo.site40.net atau http://www.karembo.site40.net.

  3. File Upload Details, Account FTP anda, untuk penggunaan software FTP akan kita bahas di lain kesempatan, untuk sementara ini yang di bahas hanya Web File Manager saja.

  4. Website Builder Details, Pembuat website secara otomatis, akan saya bahas di lain kesempatan.

  5. Quick Links,Berisi link-link menuju halaman lainnya seperti PhpMyAdmin, MySQLManajement, HelpDesk, Forum dan lain-lain.


Untuk saat ini, coba klik Web File Manager yang ada di File Upload Details. Maka Anda akan di minta untuk memasukan password kembali. Masukan maka Anda akan terbawa ke window file manager. Masuklah kedalam public HTML.



Gambar File Manager


Setelah itu, hapuslah file default.php yang ada di sana. Tanda filenya lalu klik delete. Untuk upload file, cukup klik upload new file. Nanti Anda akan masuk ke halaman seperti di bawah ini:



Gambar Upload




  1. Untuk Archieves, Anda bisa mengupload file-file Zip, tar, tgz, gz maka akan secara otomatis di ekstrakt.

  2. Untuk upload file non archieves bisa menggunakan Files.

  3. Untuk menambahkan jumlah file yang di upload cukup klik add other

  4. Total File yang di tambahkan dalam sekali upload tidak boleh di atas 5 MB.

  5. Klik lambang Check List untuk mulai mengupload

  6. Untuk Mudahnya silakhan lihat gambar


Untuk edit file php / html / text, cukup klik edit dari file yang ingin Anda Edit. Edit file-nya lalu tekan save.


Ok sampai di sini dulu saja pembahasannya. Walau masih banyak fasilitas yang belum di bahas, tapi saya rasa hal itu bisa dipelajari sendiri, atau mungkina akan saya buat artikel lanjutannya. Di tunggu saja. Untuk sementara ini, silakahan, buruan, daftar di www.000webhost.com.


Berikut ini adalah site yang gw buat dengan www.000webhost.com.




  1. http://www.karembo.site40.net/

  2. http://www.johanfirdaus.site40.net/


Buktikan sendiri, gak ada iklannya kan???

28 Responses to “Membuat Web Site dengan Web Hosting & Domain Gratis”

  1. ayoe says:

    Huehuehue.. Boss.. 000webhost mah emg langganan ay jg tuh, bwt naro koleksi emoticon segambreng.. hahaha.. Here’s the location if you wanna check out..

    Oyaaaa, BTW!! You just won an award, boss..!!! Make sure you redeem it at my place, wokaaay..?? once again, Congrats..!!! Keep Blogging..!!!

  2. admin says:

    Wuhuhuhu

    keren juga bu, bisa di jadiin emotion saat buat email neh. Lumayan, dari pada naro emo nya di server, ngabis2x in server gw yang dah mau penuh

    qiqiqiqi

  3. [...] kemarinkan kita sudah bahas tentang Membuat Web Site dengan Web Hosting & Domain Gratis di 000webspace, dimana di artikel tersebut sudah di bahas tentang Domain atau Domain Name [...]

  4. RizAL says:

    mas….saya buak ip_confirm.exe kok not found.??
    jadi-a saya gk bisa pakek hosting…
    sama mas ada gk software-a.??
    klo ada di share donk…

  5. admin says:

    oK BOS, kalo gak bisa coba download di sini. Tadi dah saya upload ke ziddu.

  6. andre says:

    6 digit angka dari ip_confirm kok dinyatakan salah olrh 000webhost ya ?

    saya kirim ticket ke webhost juga nggak ada balasan,
    juga ga ada status open ticket

    andre

  7. Yachob says:

    Mas. saya ud download ip_confirm_exe nya, udh sy run ud dapet kodenya tp giliran dimasukin ke 000webhost.com kok ga bisa ya…katanya invalid code.

    mohon bantuannya.

    Thanks

  8. admin says:

    Waduh, pas saya sing up pertama kali, penggunaan ip_confirm.exe itu masih belum digunakan, jadi saya sendiri masih belum tau benar penggunaannya, sedangkan untuk daftar lagi tidak bisa karena komputer saya ip addressnya sudah terdaftar, jadi tidak bisa buat id baru.

    Tapi kalo menurut salah satu forum yang gw temuin di sini, di infokan bawha:


    hello guys.. im using 000webhost to..

    admin in 000webhost says:

    That’s because we silently reject application from users from China, Nigeria, Romania and some other “bad” countries and give that false error. Pleople from these countries were making tons of problems here so that is why we had to reject some applications.

    and

    Just delete those threads as it all written in Forum rules that they should contact help desk and we will then manually activate account without email confirmation..

    Jadi solusinya, coba kontak help desk nya, klik http://www.000webhost.com/contact terus infoin kalo Anda gak bisa login.

    Beberapa info juga menyatakan, kalo dari beberapa “Bad Countries” tersebut, untuk download ip_confirm.exe-nya di susahin.

    Coba aja dulu kontak help desknya, kayaknya si (untuk saat ini) hub help desk-nya the one and only solution. :)

  9. admin says:

    Info tambahan. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab ip_confirm.exe memberikan false code saat di jalankan:
    1. Penggunaan Proxy
    2. Menggunakan komputer yang telah mendaftar (umumnya terjadi jika kita daftar di warnet, school, kampus or tempat kerja)
    3. Menjalankan ip confirm dalam keadaan off line
    4. Anti virus yang menghalangi kerja ip_confirm.exe

    Berikut ini adalah cuplikan dari forum 000webhost, yang sayangnya sekarang sudah di hapus ( entah oleh TS-nya atau oleh pihak 000webhost di hapusnya). Forum ini mengenai informasi virus yang ada di ip_confirm.exe. Bisa gw akses berkat tembolok milik google :).


    Good Web
    Junior Member
    Posts: 2
    Join Date: Nov 2008

    So, What do the ip_confirm and nvsyst32.exe files exactly do? - 11-21-2008, 10:12 AM

    ——————————————————————————–

    While registering you asked me to download this ip_confirm file and run it to get that authentication code or something to that effect. When I ran that file it created this nvsyst32.exe file in Windows System32 folder, So, I wonder if I could know what exactly the nvsyst32.exe file do.

    By the way, MalwareBytes detector detected both of those files as spyware. But I would like to know how far they would affect the security and privacy of my computer. Thank you.

    Good Web
    Junior Member
    Posts: 2
    Join Date: Nov 2008

    11-23-2008, 05:37 AM

    ——————————————————————————–

    Come on! Some moderator or Administrator please answer the question! What does the nvsyst32.exe file do on our computer? Does it gather information regarding our habits of web browsing, like sending all the information like which sites we visited each day. Or does it track which games sites we visit frequently and which games we play, just to spam us later. Or is it just a file to confirm our ip each time we login the hosting account AND IT DOES NOTHING ELSE?

    Or is it one of those Trojan Horses and Spyware kind of program which affects our privacy and personal information in a major way. Please answer the questions as soon as possible. I am going to write a review about this free hosting and going to give a lot of advertising on various Webmaster and Affiliate Marketing boards and related forums. If that file is a not harmful to our privacy, you would get some good reviews on many forums and IF THAT FILE IS A TROJAN HORSE OR SPYWARE THAT AFFECTS OUR PRIVACY IN A CONSIDERABLE AMOUNT, PEOPLE ARE GOING TO BE WARNED.

    admin
    Administrator
    Posts: 427
    Join Date: Apr 2008

    11-23-2008, 09:58 PM

    ——————————————————————————–

    It send your computer IP address to our server. This replaced email confirmation system and used to identify user real IP address (most fraudsters use proxy to signup and software send real IP bypassing proxy servers) and reduces fraud level.

    ——————————————————————————–

    Aurimas,
    Head Admin & CEO

    Dari info ini didapatkan bahwa setelah kita menjelankan ip_confirm.exe, secara otomatis di system32 kita akan dibuat sebuah file exe dengan nama nvsyst32.exe. Karena algoritma program ini adalah mengambil info ip addres kita dan memberikannya ke web tertentu, maka beberapa anti virus dan anti spy ware menganggap program ini sebagai spy ware sehingga proses kerja dari ip_confirm.exe menjadi terganggu sehingga menghasilkan confirmation code yang tidak sesuai dengan yang ada di 000webhost, karena kemungkinan 000webhost tidak menerima ip kita karena data yang di kirim di blok oleh anti virus / anti spy ware.

    Dan menurut info yang gw terima, ada perkataan bahwa setelah mematikan anti virus dan menjalankan ipconfirm exe, maka info yang dihasilkan akan valid.


    000webhost changed the way in activating accounts, at first I deny they execution of this exe file using my avira and it resulted in invalid activation code. since i trust 000webhost, I give that exe a shot and let it run on my computers by ignoring the avira and allow some registry changes using my zone alarm and it activated my 2 new accounts immediately. no harm done to my computers.

    Nah, disini semua keputusan gw serahkan kepada pembaca. Karena gw sendiri belum pernah menggunakan ip confirm exe karena dulu masih menggunakan konfirmasi via email. Tetapi menurut beberapa orang, ip confirm tidak pernah membuat kerusakan ataupun masalah saat dijalankan.

    Kalo memang mau make gw sarankan, setelah di pake dan di approve id-nya. Segera hapus file ip_confirm.exe ini beserta file nvsyst32.exe yang diciptakannya.

    ok, semoga bermanfaat.

  10. [...] di beberapa artikel saya tentang hosting 000webhost seperti membuat-web-site-dengan-web-hosting-domain-gratis, mengexport-blog-anda-ke-dalam-bentuk-blog-wordpress dan membuat-sub-domain-dalam-hosting-anda saya [...]

  11. Priyanto says:

    Mas.. saya nyoba di ziddu download ip_confirm nya ga bisa-bisa, bisa upload di situs lain ga. Indowebster.com, zing.us atau yang lain. Soalnya rapidshare di tempat saya di-blok.

    Makasih nih sebelumnya.

  12. admin says:

    Kayaknya kemaren lagi down, sekarang udah jalan lagi tuh bos. Mau upload di indowebster suka ngeri, soalnya ada antivirus yang nganggep dia virus, nanti saya malah dituduh upload ilegal file and malah di banned sama idws sehingga gak bisa dowbload dari sana lagi :(

    sorry ya, coba aja di ziddu lagi, sekarang udah bisa tuh

  13. [...] hal ini sudah saya bahas di comment saya di membuat web site dengan web hosting domain gratis , tetapi karena banyaknya search engine yang menuju ke site ini dengan pertanyaan seperti dibawah [...]

  14. Alfonso says:

    mas tlg aku dah bingung ni.. stiap kali aku masukan kode konfirmasi nya gagal terus keluarannya invalid terus mas. Help me

  15. admin says:

    Coba baca masalah dengan ip confirm.exe di 000webhost/, kalo masih ndak bisa juga, coba aja daftar di hosting gratis lainnya seperti 100webspace tapi sayang di sana kurang fasilitasnya, dan gak tahu bisa tahan berapa lama. Gak abadi kaya 000webhost

  16. lidya says:

    mau nanya gimana sih set up-in server namenya di domainnya? apa dilihat di account information webhostnya atau diketik ns01.000webhost.com u/server1 dan ns02.000webhost.com u/server2nya? soalnya kan ada 2 server,sedangkkan di account informationnya cuman ada 1

    plzzz bantuannya,trims

  17. lidya says:

    o ya juga mo nanya,cara masukin script webnya ke domainnya tuh gmn ya?

    trims,sori nanya2 terus,abis masih cupu sih

  18. admin says:

    Settingnya di manage domain milik yang jual domain, dan untu server pake dua duanya
    s01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com

    Berikut ini contoh setting di tempat domain gratis co.cc

    Untuk lebih jelasnya coba cek di setting domain co.cc

    terus maksudnya masukin script webnya apa ya? Kalo maksudnya upload ke webservernya, coba aja pake ftp, coba baca Penggunaan FTP untuk hosting Anda

  19. addict says:

    saya udh pernah daftar tp account di nonaktifkan krn ga tau mau ngapain

    Saya kemarin daftar di freezoka.com. tapi selama ini ga ngerti dunia perhostingan. cara transfer data segala macam. bisa dibantu diulas ga?

    tks

  20. admin says:

    freezoka.com ya, kita lihat nanti ya bos, kalo ada waktu saya bahas deh

    hehehehhe

  21. candra says:

    oomm…kok aku download ip_confirm.exe nya di kompi ke deteck virus , jd ga bisa aku ambil..tolong kasih solusinya.. terima kasih…

  22. admin says:

    coba cek di sini untuk solusinya

  23. Aku udah coba, buat web, dan mengikuti aturan-aturan di atas, sekarang tibannya..setelah saya hapus file.php, kemudian saya pilih upload, non ekstensi
    .zip, .tar, bagaimana…setelah saya upload filenya terus bagaimana….ya..untuk ekstensinya apa ya..html gitu tolong beri pejelasannya..

  24. terserah anda pak mau upload file apa aja, html or php, asal jangan asp aja

    atau kalo binun dan hanya sekedar ingin buat blog, coba cek cara buat blog wordpress dengan cpanel untuk web site wordpress standar

  25. alaudin says:

    mas saya udah download ip_confirm.exe.trus yg kluar save file.trus gmana cara dapetin kodenya..??tlong ya saya masih pemula

    trus 1 lagi nih
    gmana cara set up web hosting menggunakan web hosting dari free-web-host.me
    tlong di sher ya…

  26. ALA-UDIN : Bos nanti filenya kan di donlod itu exe, langsung di jalanin aje, terus nanti kodenya bakal keluar, di pake buat entry validasi di 000webhost

    untuk free-web-host.me aye belum coba, nanti deh aye cek dulu gan

  27. aku sudah daftar di 000webhost, dan sudah aktifasi via e-mail saya, tetapi yang saya sesalkan ketika menggunakan ip-adreess, kok tidak bisa ya, setelah saya download ip-adrees validasi, dan berjasil, di situ ada 6 angka digit, nah enam angka digit itu di masukkan ke mana, berhubung aku sudah validasi e-mailnya, apakah validasi via ip-ade\rss di benarkan, atau salah satu saja, email aja…terioma kasih.

  28. maap sekarang saya kurang tau, maslaahnya terakhir saya make 000webhost adalah tahun 2008

    sorry kurang bisa membantu

Tidak ada komentar: