Ads

Sabtu, 02 April 2011

Batuk Bronkitis

Masih ingat dengan cerita gw pas Medical Check Up di Pramita Utama? Nah, kan kata dokter di sana, saat dia hasil Rongten-nya katanya paru-paru gw normal tanpas masalah. Tapi kenapa batuk gw gak sembuh-sembuh, akhirnya penasaran gw bawa hasil medical check up gw ke Dokter Langganan gw . Walhasil, setelah dia check, ternyata dari hasil Rontgennya, dia temukan kalo gw Batuk Bronkitis.


Nah lo, apa tuh Bronkitis? Kalo kata dokter gw, di saluran paru-paru gw ada dahak sehingga membuat batuk gw gak sembuh-sembuh. Gimana tuh, Dokter Pramita Utama baca Rontgen gw? Ngawur juga, untung gw check lagi. Setelah di kasih resep, gw pulang, minum obat terus ngenet.



Gw mo cari-cari info tentang Bronkitis. Nah akhirnya ketemu di paman Wikipedia. Menurut Wikipedia, Bronkitis adalah suatu peradangan pada bronkus (saluran udara ke paru-paru). Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.

Kata om wiki juga, kalo Bronkitis itu disebabkan oleh Virus, Bakteri & Organisme yang menyerupai Bakteri. Katanya biasabta menyerang Perokok dan Penderita Penyakit paru-paru menahun. Nah Lo??? Gw kan bukan perokok, apa lagi penderita penyakit paru-paru menahun. Kok bisa kena ya? Nah, menurut salah satu jawaban yahoo Answerr, Bronkitis juga bisa disebabkan oleh debu. Dan dari berbagai sumber, banyak yang bilang Polusi udara juga bisa bikin kita Bronkitis.


Oh iya, menurut Om Wiki, Bronkitis itu di bagi dua macam. Bronkitis Infeksi & Bronkitis iritatif.


Yang Infeksi di sebabkan oleh




  • Sinusitis kronis

  • Bronkiektasis

  • Alergi

  • Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.


Sedangkan yang iritatif disebabkan oleh:




  • Berbagai jenis debu

  • Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin

  • Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida

  • Rokok


Terus Gejalanya adalah sebagai berikut:




  • batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)

  • sesak nafas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan

  • sering menderita infeksi pernafasan (misalnya flu)

  • bengek

  • lelah

  • pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan

  • wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan

  • pipi tampak kemerahan

  • sakit kepala

  • gangguan penglihatan.


Dari gejala di atas, yang gw alami cuman batuk berdahak, flu, lelah dan kadang-kadang sakit kepala. Kalo gak di rongten kayaknya susah juga ya bedain dia sama flu biasa.


Terus ini lagi keterangan dari om Wiki:


Bronkitis infeksiosa seringkali dimulai dengan gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan dan nyeri tenggorokan.


Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis. Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.


Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjad demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu.


Sesak nafas terjadi jika saluran udara tersumbat. Sering ditemukan bunyi nafas mengi, terutama setelah batuk. Bisa terjadi pneumonia (Keadaan dimana bagian dari paru-paru yang bertugas untuk menyerap oksigen enjadi "inflame" dan terisi oleh cairan).


Ya gitu aja, sekarang gw dah mulai minum obat. Doain aja ya gw semoga cepet sembuh.


He he he


16 Responses to “Batuk Bronkitis”

kiwi says:
November 5, 2008 at 9:32 pm (Edit)

salam kenal….
sepertinya kita punya penyakit yang sama dan sampai saat ini saya masih menderita penyakit tersebut(sudah 4 bulan)… boleh tolong kasih tahu obatnya ngak….
karena saya sudah putus asa batuk terus dan tidak dapat bekerja..
saya sudah banyak ke dokter tapi hasilnya nihil…
thanks
admin says:
November 5, 2008 at 11:06 pm (Edit)

Salam kenal juga, saya sebenarnya baru berobat kemarin, untuk batuk memang sudah enggak. Tapi rasanya dahaknya masih ada. Saya minta obat yang non generik (mumpung di ganti kantor) ke dokternya, untuk namanya saya kurang tau deh.

Nanti kalo saya sembuh dan obatnya manjur, bakal saya tanyakan nama obatnya.

ok gitu aja, semoga membantu

huhuh
denok sk says:
November 6, 2008 at 7:58 am (Edit)

batuk km lom sembuh ya jo?
heeee ya semoga cepat sembuh ?
n minum obatnya yg teraturrrrrrrrrr
opix says:
November 6, 2008 at 3:12 pm (Edit)

kemungkinan dokter bisa aja salah…. karena sekarang rata rata orang dewasa yang tinggal dijakarta memiliki permasalahan di paru-paru… (Flek paru / TB Ringan) . gejalanya biasa demam tidak menentu, dada rada sesek, kalo batuk itu opsional, tiba-tiba lemes (pas tidur juga bisa).

biasanya dokter kasih resep : rimfapicin,pirazinamid, dan laen-laen.

Broo….. , saran ane ente minum susu seger + madu pas mau tidur. insya Allah manjur….

trus kalo bisa pas pagi-pagi ente berjemur dulu lima menitan + plus olahraga kecil .

hindari AC , ato begadang malem….. cause penyakitnya bisa angot-angotan.

JANGAN LUPA BERDOA .

gitu aje broo…
admin says:
November 6, 2008 at 8:21 pm (Edit)

Iya Nok, thank u atas perhatainnya :)
admin says:
November 6, 2008 at 8:39 pm (Edit)

Luar biasa Pak Opik, udah jago Program, Jago Linux, sekarang juga jago obat-obatan. Ck ck ck

Canggih-canggih

thanks ya bos
Jo Point Of View » Blog Archive » Hanya Karena Nikmat Sesaat says:
November 20, 2008 at 10:17 pm (Edit)

[...] ini bukan seperti yang Anda pikirkan kok :). Dulukan saya pernah cerita bahwa saya kena penyakit batuk bronkitis. Setelah saya berobat ke dokter, dokter saya mengatakan bahwa selain saya harus minum obat, saya [...]
diyoyen says:
December 25, 2008 at 12:40 pm (Edit)

ao bro, maaf br bc commentnya,
kalau dari hasil foto rontgen saja sih hasil baca tiap dokter tidak selalu sama, bronkitis itu sebenarnya dari hasil rontgen saja masih bisa mirip2 sama beberapa penyakit paru lainnya, tapi kalo hanya disertai batuk saja tanpa gejala lain sih susah untuk menegakkan diagnosis, usul nih kalo memang mau yakin itu bronkitis atau bukan bawa hasil foto ke dokter spesialis radiologi dulu, tanya hasilnya apa, trus bawa ke dokter spesialis paru buat second opinion tanya pula hasilnya dan sekalian minta pengobatan.
ok.
admin says:
December 25, 2008 at 8:58 pm (Edit)

oH OK bos, thanks atas infonya
tianshi center says:
January 6, 2009 at 4:31 pm (Edit)

Membalas Dari Saudara Johan Firdaus

Nutrisi Tianshi Untuk Bronkitis :

Calcium Powder ( 1 sachet sehari ) untuk kesehatan dan daya tahan tubuh
Cordyceps ( 2 x 2 ) atau boleh ditingkatkan menjadi ( 3 x 2 )
Beneficial ( 3 x 2 )
Tibet Garlic Capsules ( 3 x 2 ), baik untuk menangani Asma dan Bronkitis.

Coba Anda atau bagi semua yang terkena Bronkitis ikuti terapi diatas, Insya Alloh Sembuh Asal Telaten dan Sabar Dalam Proses Pengobatan.

Untuk mendapatkannya bisa anda hubungi saya di 02192246869 atau di 08170073396

Salam Kenal

Tianshi Center
admin says:
January 6, 2009 at 8:29 pm (Edit)

Waduh makasih atas informasinya neh

mantab banget
admin says:
March 28, 2009 at 8:09 pm (Edit)

Akhirnya batuk saya ilang, bukan minum obat, bukan pengobatan alternatif, tapi gara-gara ke bali, maen di pantai seharian gak pake atasan. Akhirnya pas malamnya punggung saya panas serasa ke bakar, karena seharian kena sinar matahari.

Badan saya gerah terus, panas, bahkan tengah malam mandi air dingin masih tetap terasa panas. Panasnya gak ilang lebih dari tiga hari, tapi setelah itu batuk batuk saya ilang, gak pernah batuk lagi.

hehehe

Akhirnya batuk bronkitis saya sembuh (gak tau pasti si, tapi yang pasti dah gak ada keluhan lagi, kalo pastinya harus rongten lage)
nisak says:
July 6, 2009 at 7:23 pm (Edit)

salam kenal. .
kyaknya qita punya penyakit aeang sama juga. .
tapui,,quu gak tau itu beneran apa gag??/
tapi juga,,setelah quu baca dari yang muu tulis tadi,gejalanya sama,,cuma batuk,pilek aja…
bahkan sekarang udah se-bulan but gag sembuh”.,m,.m
kasih tau solusinya dunk,,kalo muu dpett obat atow info tentang penyakit ne,..,
Johan Firdaus says:
July 7, 2009 at 7:14 pm (Edit)

Sembuhnya karena sinar matahari bro, coba aja maen ke kolam renang or ke pantai, jemuran seharian, karena maen air kan gak begitu terasa. Pastiin belakang kita kena sinar matahari, nah setelah itu pasti badan kita bawaannya panas terus (malah gw sakit, sampe ngeletek kulit), kulit juga jadi item, tapi setelah itu gw sehat terus tuh bro

tapi inget ye bos, kalo jemuran jangan lupa pake sun block, nanti kalo gak pake, bronkitis sembuh tapi mlaah kena kanker kulit lagi

hehehe
dewi says:
May 17, 2010 at 11:01 am (Edit)

aku sering batuk batuk.. tpi di lihat dari ciri bronkitis dak ada semua sama yang aku alami.. cuma pas aku batuk tu sampai huk huk yang parah gitu..
kira kira itu kena apa ya??
thax u
Johan Firdaus says:
May 17, 2010 at 6:50 pm (Edit)

Wah kurang tau deh, aku bukan dokter soalna :p

tapi ada baiknya cek ke dokter

and biar segeran, ada baiknya berjemur + olah raga + makan multivitamin

moga moga cepet sembuh

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Aku juga sakit Bronchitis. Awalnya cuman sakit batuk dahak biasa aku kasih obat biasa ditoko tapi g ada sembuh ampe 2mggu . truz aku kepuskesmas, ampe obatnya abis tp tetep batuk slama 2mggu juga . Tapi kali ini gak ada dahak . Cuma batuk kering tapi skali batuk parah bgt g mau brenti ampe aku panas dingin bdanku , lemes truz dada nyeri sesak . Kadang ada bercak darah juga . Aku ke dokter dekat rumah, dikasih amoxilin dan sgala macam obat apa iu . Tapi tetep aja g ada perubahan ampe 1bulan lagi dan makin sering btuk darah . Truz disaranin ma temen buat krumah sakit aja k.poli paru. Ya udah kesana aku dikasih obat , tp tetep batuk . Truz minggu dpan.a aku balik k.RS dan d.ksh obat lg truz dcruh rongten 2mggunya lg. Lama" batuk.a brkurang . Cuma dada nyeri ma sesak aja. Truz d.rontgen nah dbaca ma dokter.a kta.a bersih paru"ku . Kta.a itu sakit Bronchitis aja gak ada sakit yg lain . Alhamdulillah skarang udh smbuh :)