Ads

Senin, 11 April 2011

Komputer Selalu Restart otomatis setelah menginstall AVG 9.0

Jan 4, 2010

Di Malam tahun baru yang lalu, saya mencoba untuk mengupdate Anti Virus saya ke versi yang terbaru. Sebelumnya Anti Virus saya adalah AVG 8.5. Saya telah menggunakan AVG mulai dari AVG 7.5, ganti ke AVG 8.0 dan upgarde ke AVG 8.5. Semuanya free edition.


Malam tahun baru tersebut bukanlah pengecualian. Saya mendownload AVG 9.0 Free dari sini, tapi yang saya download adalah yang off line version ( nanti jika di minta download, batalkan dulu ), lalu klik offline installer. Saya mendownload file ini : avg_free_stf_en_90_716a1803.exe alias AVG Free versi 9.0716a1803


Installasi yang saya lakukan lancar-lancar saja. Tidak ada masalah sama sekali. Dalam proses penginstallan, secara otomatis AVG 9.0 Free meng-uninstall AVG 8.5 saya. Setelah itu saya di minta merestart komputer saya, saya turutin saja.


Setelah komputer saya terestart, saat setelah saya log in dari Windows XP. Tiba-tiba saja komputer saya restart sendiri tanpa saya melakukan apa-apa. Saya pikir mungkin komputer saya kesenggol dan saya coba login kembali. Tapi tetap saja, setelah login komputer saya restart lagi. Saya Coba hal ini sampai beberapa kali tetapi komputer saya tetap restart otomatis setiap kali saya login. Saya sudah curiga bahwa error restart secara otomatis ini terjadi karena saya menginstall AVG 9.0 Free Edition.




Akhirnya saya putuskan untuk masuk komputer melalui safe mode, dan saya bisa login dengan lancar tanpa menemui error restart otomatis. Saya cek AVG 9.0 saya sudah terinstall dengan normal di sana. Saya putuskan saat itu untuk tidak melakukan apa-apa dan restart kembali, siapa tau AVG 9.0 hanya ingin melakukan perbaikan terhadap komputer saya, dan di safe mode telah di lakukan. Saya coba restart kembali dan masuk ke mode biasa, tetapi tetap saja, kali ini komputernya restart kembali.


Saya lalu coba kali ini masuk bukan ke safe mode, tetapi menggunakan "last known good configuration in Windows 2000 / XP" dan ternyata bisa login tanpa ada masalah. Saya coba cek AVG 9.0 saya sudah terinstall walaupun di komponent tidak ada apa-apa, dan tombol update-nya mati. Awalnya saya sudah tenang, tetapi kemudian saya coba restrat lagi, dan kali ini tanpa menggunakan "last known good configuration in Windows 2000 / XP " dan hasilnya, setelah login komputer saya restart lagi.


Saya coba lagi menyalakan Windows XP dengan "last known good configuration in Windows 2000 / XP" , kali ini sama seperti sebelumnya, saya tidak menemui masalah. Saya coba buka mozilla firefox, masuk ke google dan kemudian melakukan search menggunakan key ini "avg 9.0 restart after install" dan hasilnya, saya menemukan halaman ini.


Tepatnya seperti ini



Information requested:
Internet Explorer 7.0 (using AVG Security Toolbar)
Windows Vista Home Premium SP2 (completely patched)
Windows Firewall
Upgrading from AVG Free 8.5 (which was working fine)
Windows Defender (manually turning on after rebooting, not the issue here)
Firewall set to accept all AVG items
AVG:Version: 9.0.686 / Virus Database: 270.14.20/2443 - Release Date: 10/17/09 09:08:00
NO OTHER ANTIVIRUS or SPYWARE/MALWARE programs ever installed

Hopefully that is all you need to know to consider my question.



I read the manual, FAQs, etc. and proceeded to print and follow all directions using the download from AVG's site.
Everything went smoothly, message that install was successful and I should restart. I agreed, and the computer shut down and began reboot process. However, after the WELCOME screen I got a light blue screen with NO start menu or anything else. Using Ctl-Atl-Del I was able to bring up Task Manager, etc. and restarted again and again, same result, just the light blue screen and nothing else. Obviously it was not the BSOD as the Welcome logo appeared each time and Task Manager, etc. was accessible by manual keystrokes.

Finally in desperation I chose LOG OFF and the rebooted fresh. This time I had to choose my username from the welcome screen and when I did, desktop booted up. After checking that everything was working OK, I did another restart and this time my own desktop came up OK.


Has anyone any idea what part of the process caused this issue of no desktop? I have to help my daughter and a friend move up to 9.0 free so I need to be prepared how to get past this issue.


I notice Defender is turned off when I reboot and read the threads on that. I turned it on manually as I like the Software Explorer feature, and so far it seems to be working seamlessly. I guess I just have to turn it on manually after any re-boots as AVG will turn it off.


I know this is a lot of information, but better too much than too little. Any assistance here would be great. I have never seen a light blue screen (BLANK) like that in Vista before, and have never had issues with Vista, AVG, or any other upgrades.



Thanks confused

Ashbrooke

Tampaknya dia memiliki masalah yang sama dengan saya, walau ada beda-bedanya dikit, tapi paling tidak, dia bisa login kembali. Saya sudah coba segala cara, tetapi tanpa menggunakan "last known good configuration in Windows 2000 / XP " saya selalu restart setiap login. Waktu itu malam tahun baru, dan semua orang sudah mulai berkaraoke ria di depan rumah saya. Mekera semua bergembira sementara saya puyeng mengurusi AVG 9.0 Free yang membuat error komputer saya.


Akhirnya, Saya pusing dan putus asa hingga akhirnya sampai ke titik merasa kesal dengan AVG 9.0 Free, saya lalu putuskan untuk sekali lagi login dengan "last known good configuration in Windows 2000 / XP " dan seperti sebelumnya saya bisa login. Lalu saya putuskan untuk mendownload avast anti virus ( sebenarnya saya pilih avast karena waktu itu Anti Virus lain yang saya ingat hanya avast ), sambil mendownload saya meng-uninstall Anti Virus AVG Free Edition 9.0 yang baru saya install hari itu juga.


Setelah itu, komputer saya normal kembali. Dengan Anti Virus Avast yang tampaknya jauh lebih enteng, saya tidak pernah ada masalah dengan restart otomatis lagi.


Mohon maaf jika ternyata anda menemukan halaman ini karena mencari solusi, karena jujur saja, saya telah coba tetapi tidak dapat menemukan solusinya. Saya telah melaporkan ini kepada pihak AVG dan mungkin natinya, di update AVG versi 9.0 berikutnya, masalah ini bisa di sembuhkan.


Terima kasih



4 Responses to “Komputer Selalu Restart otomatis setelah menginstall AVG 9.0”

  1. Saya pikir, selama kita memakai 3 antivirus freeware ini: AVG, AVAST, AVIRA, ngga masalah kok mas.

    Itu 3 antivirus gratis terbaik versi av-comparative (yang tiap bulan selalu menguji antivirus).

    Saya dulu lebih suka memakai AVIRA, Tapi kalo sekarang, saya pake COMODO Firewall & Antivirus (firewall gratis terbaik versi Matousec).

  2. Oo gitu ya gan, tapi saya pake AVG, kena beberapa virus gan. Misalnya virus yang bikin mozilla jadi gak bisa nyimpen cookies, dan lainnya. Setelah pake avast semuanya di berantas. Terus kayaknya avast bisa ngalahin virus rediect sedo parking deh, soalnya habis saya ganti ke avast anti virus, virus redirect ke sedo parking setiap browsing sudah gak pernah muncul kembali.

  3. elvis says:

    saya pakai avg..,tapi kayakny memang kurang puas sih…saya pakai versi 9.0.790..ada yang tau gak ya keygen avast versi 5.0.462 ?..soalny uda gw uninstall karna expired date nya uda mempet…
    saya pake avg lagi…rencana mau pake avast lagi cuma gak tau keygen nya…temen gw yg nyaranin pake avast..tak tau ny minta keygen..wkwkwk

  4. Setau saya avast kalo udah expired yang free-nya, bisa tinggal register lagi. Jadi di perpanjang masa free nya. Tiap tahun gitu kok. Tapi saya sendiri si belum pernah coba,

3 komentar:

dedetkillimz mengatakan...

Sama Saya juga , waktu itu saya meng instal AVG 9.0 dan tiba tiba komputer ter restart sendiri setiap nyalain ter restart gimana nih ,,
kalo di unninstall dia restart kembali..

dedetkillimz mengatakan...

Sama saya juga gi mana yah caranya
please

lordcaocao2025 mengatakan...

saya dah ninggalin AVG dan beralih ke avast. Jauh lebih enteng, dan sampai saat ini aman-aman aja kok.

Tiap upgrade juga gak pernah ada masalah.