Ads

Sabtu, 02 April 2011

Jam dan Disiplin

Pagi ini seperti biasa saya bangun pagi, solat subuh sambil mengantuk ngantuk, lalu olah raga sekedarnya, sarapan dan lalu nonton Berita di TV sambil tidur-tiduran. Sambil nonton TV, sesekali saya melihat Jam di HP saya. Sebenarnya HP di jam saya itu sudah saya set ulang sehingga lebih 10 - 15 menit dari waktu saat ini. Maksud saya setting Jam di HandPhone saya seperti itu adalah agar saya cepat-cepat mandi saat jam menunjukan 06.30. Karena biasanya, saya yang seharusnya mandi Jam 06.30 lebih sering merasa malas dan tetap menonton TV pada jam itu, dan lebih sering mandi di sekitar jam 6.45 - 7.00 sehingga membuat saya sering terlambat di kantor.



Saya ubah waktu di Jam saya agar saya lebih terburu-buru dan mandi pada saat jam di HP saya menunjukan pukul 6.45 (yang aslinya padahal saat itu adalah jam 06.30). Tetapi sebenarnya saya hanya membohongi diri sendiri. Karena memang pada dasarnya malas, ya tetap saja saat jam 6.45 di HP saya, saya sadar bahwa saat itu jam sebenarnya adalah 6.30 sehingga saya baru mandi saat Jam di HP saya menunjuk jam 7.00 - 7.15.

Konyolkan? Anda pikir saya bodoh? Tetapi setelah cek sana cek sini, tanya sana tanya sini. Ternyata bukan saya saja yang seperti ini. Banyak sekali temen-temen saya yang melakukan hal ini. Dan tebak, semuanya sama seperti saya, tetap saja tidak bisa disiplin waktu dan terus menerus telat datang, baik itu ke kantor, ke kampus, sekolah bahkan telat sholat juga (alias sholat pas waktunya mepet :P ).


Sebenarnya, jika kita memang ingin datang tidak terlambat, caranya adalah bukan dengan mengubah Jam kita menjadi lebih cepat, tapi cara paling efektif adalah membangkitkan semangat dalam diri kita untuk datang tepat waktu. Pikirkanlah kerugian-kerugian yang Anda dapatkan jika Anda telat, dan pikirkanlah keuntungan-keuntungan yang Anda dapatkan Jika Anda datang tepat waktu. Tetapi Jika memang Anda datang telat dan Anda datang tidak telat, efeknya sama bagi Anda, ya susah juga ya untuk datang tepat waktu :P, HE HE HE.


Nah pertanyaannya, bagaimanakan orang yang suka mensetting Jam-nya lebih lambat dari waktu saat ini? Apakah mereka orang rajin? Sama saja, sebenarnya, biasanya orang seperti ini juga sama telatnya dengan yang mempercepat waktu di jam mereka. Apalagi jika yang di lambatin adalah Jam yang ada di ruangan kantor Anda, maksudnya jika Anda datangnya telat kelihatan Jam di kantor masih pagi, padahal dah siang Bo. Wekekek.


Nah, sekarang coba Anda cek teman-teman Anda yang tepat waktu datangnya. Lihat Jam HP atau Jam tangan mereka. Pasti Anda akan kaget, karena kebanyakan Jam di tangan mereka itu tepat waktunya dengan waktu saat ini. Mereka tidak perlu menipu diri sendiri dengan mengubah waktu di Jam mereka hanya untuk datang tepat waktu. Karena mereka punya semangat, dan mereka juga punya rasa bersalah jika datang tidak tepat waktu. Karena saking biasanya mereka datang tepat waktu, ada perasaan aneh yang muncul pada diri mereka saat mereka datang telat. Sehingga sebisa mungkin mereka mengusahakan agar mereka tidak datang telat.


Jadi marilah kita biasakan untuk datang tidak telat, semakin sering kita datang tepat waktu, maka semakin merasa tidak nyaman kita pada saat kita datang telat. Wah ngajarin apa saya ya, padahal saya sendiri sering datang telat ke kantor :P. Padahal dulu waktu pertama kerja datangnya paling pagi terus.


Ok, sebenarnya mau bahas Jam tapi kok malah ngomongin aib diri sendiri ya. Udah ah, nanti malah buka banyak aib diri sendiri lagi. Pokoknya, fungsi Jam itu adalah penunjuk waktu, apa artinya ada Jam jika waktu yang di tunjukan tidak tepat. Mending lihat matahari aja kalo mau tau Jam, kalo emang Jam yang di gunakan gak ada yang benar waktunya.


He he he



2 Responses to “Jam dan Disiplin”

denok sk says:
November 14, 2008 at 7:25 pm (Edit)

waaahhhh ketahuan nih ?
jo suka telat yaaaa?
wakakkakkkkkk?
malas jgn dipupuk ntar subur?
ingat ”TIME IS MONEY”’ JOOO

HEEEEE
admin says:
November 15, 2008 at 5:40 am (Edit)

iYA Nok, he he he

Tidak ada komentar: