Ads

Sabtu, 02 April 2011

ISP INTERNET GW

Tulisan ini sebenarnya di tulis pada waktu Blog gw masih di fs, tepatnya tanggal: March 16, 2008


Waduh dah lama banget neh gak ngeblog di GoBlog, Ya gw ngeblog lagi sekaligus nge-Test koneksi Speedy Gw.Baru kepasang neh hari ini




hihihiihi


Jadi inget dulu, pertama kali pas gw smu. Pertama kali mau internet minta di settingin sodara. Kata sodara gw, kalo mau internet harus punya modem, dan akhirnya belilah gw modem. Terus kata dia juga kalo mau kenceng internetnya, RAM-nya harus di tambahin (hihihi, maklum masih bego, dulu malah gw taunya kalo mau maen Game bagus, RAM-nya harus gede, belum tau apa itu VGA, kekekekek), dan akhirnya RAM gw pun di tambahin. Akhirnya semua lengkap, waktu itu gw percaya spec kaya gini bakal bikin interent gw ngebut:



- RAM 128 MB
- Pentium 3 (gak tau spek lengkapnya, yang penting Pentim 3)
- OS Window 98 (padahal XP udah ada dulu, tapi karena XP butuh spec gila-gilaan jadi gw milih 98 aja)


- Modem Rockwel (merk yang aneh) speed 512 kbps. Terakhir tinggal setting koneksi aja, dan mau tidak mau, suka tidak suka, jaman dulu kalo mau dial up cuman punya satu pilihan, yaitu TELKOMnetInstant.




Ya, akhirnya setelah disettingin sama sodara gw, dan berhasil settingannya.



Waktunya berinternet....!!!



Setelah cape denger bunyi model dial, akhirnya internet terkonek.


Gw buka IE, dan terus coba buka Yahoo.com, langsung buka IE yang lain, buka Gamefaqs.com. Dan lalu gw menunggu... menunggu... dan menunggu...



5 menit berikutnya akhirnya halaman Gamefaqs sepenuhnya terbuka, lalu klik PS2 dan lalu menunggu... menunggu... dan menunggu...


5 Menit berikutnya halam PS2 terbuka, klik F dan lalu menunggu... menunggu... dan tidak kuat lagi menunggu



Gw akhirnya matikan modem



Kata sodara gw kalo mau internet mending malem-malem aja, soalnya jarang yang make



malamnya gw coba lagi dan hasilnya tetep sama, tetep lemot



beberapa hari kemudian coba lagi, dan hasilnya juga masih sama



akhirnya modem itu di simpen, pas liat tagihan telpon, nyokap gw marah-marah, tagihannya Telkom Net Instant-nya gede, nyampe di atas 15.000 ( padahal gw ngakunya cuma make sejaman, dan kalo gw pikir-pikir emang gw pake sejam doank )



Ya, itulah pengalaman buruk gw dengan Telkom



Bertahun-tahun berlalu (+ - 5 tahun kemudian) pas lagi beres-beres lemari, bokap gw nemuin modem gw penuh debu, dia tanya ke gw itu apa, dan gw bilang modem.



Gw gak tau gw sial atau enggak, tetapa gara-gara pernyah dengar cerita telkomNetInstant weekEndNet akhirnya gw putusin untuk nyoba lagi konek ke telkomNetInstant, dengan penuh harap gw konek kembali dna ternyata hasilnya...



Menit pertama buka FS


Menit ke-3 Halaman Depan FS Muncul, login


Menit ke-7 Masuk FS, Klik muka orang


Menit ke-10 foto orangnya baru muncul


Abis itu langgsung gw disconnect aja, Ternyata Setelah 5 tahun, kelambatan telkomNetInstant tidak berubah



Beberapa bulan kemudian, dengan N70 Gw coba koneksi pake 3G. Gw coba pake Mentari vs Simpati, begini reviewnya:



· Mentari, per KB
Mentari (IM3 juga) speednya tidak lambat, tetapi juga tidak cepat, tetapi karena dia biayanya Rp 1/kb (waktu itu masih promosi, sekarang Rp 5 / kb), untuk browsing di HP lumayan hemat Tetapi kalo browsing di komputer, per kb itu sepertinya bunuh diri, karena pas gw coba, kalo gw liat di window koneksinya, walau gw gak download apa-apa, tetapi seakan-akan dia sedang download, walau jalannya pelan, jadi biayanya jalan terus. Terus kalo kita bunya software E-Buddy di HP, kita bisa chat Yahoo Messenger / MSN / AOL sama orang-orang yang OL lainnya dan gw pernah test OL pake E-Buddy, chat sampe lebih dari 100 message biayanya tidak sampe 1000 (kalo sms-an abis berapa tuh).



· Simpati
Karena no gw Simpati, gw tentu lebih pengennya ol pake simpati. Tetapi setelah gw test, simpati walau lebih cepat dari mentari, tetapi biayanya jaul lebih mahal (sekitar Rp 12 / kb) dan dia tidak bisa durasi. Boros sekali.



· Mentari Durasi
Ya, setelah dapet jawaban aneh dari call center Mentari bahwa untuk internet-an cuma bisa dilakukan di HP dan tidak bisa di komputer, akhirnya gw milih untuk bertanya pada ical Badjuri si bandar HP tentang cara koneksi durasi pake mentari, dan ternyata dia jauh lebih tau dari call center mentari, mulai dari speed ternyata juga di pengaruhi HP (gw dapet cuman 15 kb/s kalo download karena N70 sepertinya emang mentok disana), biayanya Rp 500 / 5 menit, setting APN, username & password dan lain2x. Dan ternyata Mentari durasi (menurut gw) menjadi pemenangnya, karena dari biaya dia yang paling murah tetapi kecepatannya memuaskan (tidak seperti telkom net instant)


Ya, akhirnya gw mutusan untuk pake Mentari buat OL, terpaksa kartu simpati gw balik lagi ke 3660 yang udah di karetin.


Mentari memang bagus, tetapi karena gw sering OL di komputer, lama-lama biayanya boros juga, akhirnya gw mutusin untuk cari paket internet yang unlimited dan akhirnya dapat info tentang XL Corporate. Gali punya gali akhirnya gw temuin 2 ISP, quasar & Centrin.


Gw akhirnya gali informasi, dan dapat info seperti di bawah ini


Centrin Unlimited


· Mahal, 380.000 / bulan


· Lebih lambat dari mentari, download cuma dapet 7 - 8 kb/s (baca di forum-forum)


· Stabil


· Unlimited


· Search di internet, nyaris tidak pernah ketemu orang yang mengeluh make centrin



Quasar Mobilequ (info ini menyesatkan)


· Lebih Murah dari Centrin (masa promosi), 275.000 / bulan


· Speednya "cepat" (kata orang Quasarnya)


· Ada Teknologi Phantom yang (kata situs quasarnya) bisa membuat internetnya terbagi secara adil


· Unlimited


· Seacrh di internet, (baru) ada sedikit keluhan (yang nantinya akan jadi banyak)


· (Kata orang quasar) di Januari 2008 akan ada upgrade bandwith


· Temen gw ada yang makai quasar dan (kata dia) tidak ada masalah (soalnya dia jarang pakai)


Dari info yang gw dapet dan budget yang gw miliki, akhirnya gw milih quasar dan ternyata hasilnya seperti ini:


· Speednya cepat, lebih tepatnya secepat kura-kura, rangenya (kalo downlod) 0 kb/s - 14 kb/s (dengan N70), tetapi dia lebih sering berada di 0 Kb/s, bahkan di tengah malam sekalipun


· Teknologi Phantom sebenarnya adalah teknologi yang jika user sudah download di atas 10 Mb, maka koneksi secara otomatis akan di cekek (alias speed jadi di range 0 - 1kb/s)


· Teknologi Phantom akan menghentikan aksi "mencekeknya" bila user disconnet diatas 15 menit


· Intinya download di atas 10 MB, terus disconnect 15 menit, capee de


· Speed sebelum kita download di atas 10 MB juga relative lambat ( 7 - 8 kb/s)


· Bulan Januari 2008 memang katanya ada penambahan bandwith, tetapi yang gw rasain bukannya makin cepet, koneksinya malah makin lambat (tanya kenapa..???)



Akhirnya di bulan ke-2 gw berlangganan, gw mutusin untuk berhenti make quasar dan kembali ke mentari. Harapan saya untuk internet unlimited hilang sudah.



Sekarang ganti target, cari internet durasi yang lebih murah & lebih cepat dari mentari.



Browsing punya browsing, akhirnya dapat info indosatM2 mau ada durasi, lebih cepet (sepertinya) dari mentari, tetapi lebih mahal juga T_T


Sampe akhirnya, pas hari kamis gw pulang lewat telkom Prumpung, liat spanduk Speedy, 168.000 internet+modem.


Karena tertarik, gw coba telponin temen-temen gw yang make speedy, dan menurut mereka speedy fine-fine saja tidak seperti apa yang gw baca di forum-forum saat ini. Akhirnya gw coba hububgi call centernya, oleh call centernya gw di kasih info tentang paket speedy khusus maret, yaitu dengan 168.000 gw bisa daftar speedy + dapet modem, dan dengan 200.000 / bulan gw bisa internet selama 50 jam dan untuk kelebihan pemakaian dikenakan Rp 25/menit.


Otak gw lalu mulai menghitung


- Mentari 500/ 5 Menit = 6000 / Jam (sebulan gw bisa sampe abis pulsa buat internet s.d. 250.000, berarti 41 Jam)


- Speedy 200.000 / 50 Jam = 4000 / Jam, untuk kelebihan pemakaian 25/menit = 1500/Jam (sebulan 250.000 berarti 50 jam + 50.000/1500 = 83 Jam 20 Menit)


Wekekek kayak iklan IM3 vs XL aja


Terus call centernya juga ngomong, katanya speed kalo download bisa s.d. 200 kb/s. Karena tertarik gw mutusin untuk daftar, dan tanya tentang hal-hal yang harus di daftar. Biarinlah, gw mau kasih Telkom kesempatan sekali lagi walau gw masih kecewa sama TelkomNetInstant mereka.



Besoknya (hari sabtu kemaren) gw ke plasa telkom. Gw coba daftar dan ternyata ada hal-hal yang tidak di kasih tau call center ke gw, yaitu Paket 168.000 itu berlaku jika gw bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa gw bersedia untuk jadi pelanggan speedy, sekuarang-kurangnya 5 bulan (sialan tu call center). Ya, karena kepalang tanggung, akhirnya gw tanda tangan aja. Proses pendaftarannya lumayan lama, hampir 1 jam. Setelah selesai, gw keluar dari plasa telkom, 5 menit kemudian gw dapet telpon dari teknisi speedy-nya kapan mau di adakan installasi (weks cepet banget). Gw bilang aja secepatnya (karena gw dapet info dari temen gw biasanya installasi dilakukan setelah seminggu), terus orangnya malah ngomong, kalo bisa dia mau dateng nanti sore or besok pagi (ternyata lebih cepat dari kata temen gw), paling lambat dia dateng hari senen.



Ternyata hari sabtu teknisi speedy-nya tidak datang, tetapi datang malah pas di hari minggu (hari libur, ck ck ck bagus....!!!), gak ada 10 menit installasi selesai (bahkan nyokap gw belum selesai naro kue di piring buat di kasih mereka) . Setelah selesai mereka langsung pamit dan tidak minta apa-apa (gw baca di beberapa forum, katanya teknisi speedy suka mintain duit, ternyata berita itu salah or mungkin berita itu benar, tetapi kebetulan yang dateng ke gw itu teknisi yang bener).



Sekarang bagaimana dengan koneksinya....????



Ya, pertama kali konek, gw langsung buka kaskus.us dan ternyata blush, langsung keluar itu halaman. Terus gw ke download.com, coba cari sembarang software buat di download dan ternyata speed-nya (walau tidak seperti yang di bilang call center) lumayan cepet, 40 kb/s.



Gw coba lagi, kali ini ke situs lokal, yang servernya ada di lokal. Indowebster.com, coba download sembarang mp3, dan hasilnya ternyata juga memuasakan, sekitar 45 kb/s. Gw sekarang malah jadi penasaran, jangan-jangan modem gw emang mentok di speed segitu lagi (namanya juga modem murahm dapet dari paket 168.000). Rencananya sih gw mau minjem modem temen gw, mau coba kalo pake modem dia (yang kerenan dikit) bisa dapet speed berapa koneksinya...



Intinya si, gw puas pake speedy, gak nyesel (atau belum nyesel) gw langganan 5 bulan, ternyata Telkom Speedy & Telkom Net Instant itu bagai Langit dan bumi, beda jauh



huhuhuhuhuhuhu



Tambahan, setelah udah beberapa lama pake speedy, ini ada tambahan tentang speedy


1. Speedy itu cepat di luar office hour (di atas jam 5 sore, atau hari sabtu, minggu) sisanya biasa aja speedna


2. Kadang-kadang kita suka gak bisa konek speedy, tetapi kalo kita dah lapor, mereka ngurusnya cepet kok


Terus tambahan informasi mengenai ISP apa yang cocok dengan Anda:




  • Telkom Net Insant
    Cocok untuk Jika anda jarang sekali berinternet dan hanya sekedar mencoba-coba, tetapi anda tidak punya modem 3g

  • Quasar Mobilequ Colony
    Jika Anda suka chatting seharian, maka quasar adalah yang terbaik, walau lambat, tapi kalo utk chatting aja sih quasar paling hemat, anda bisa ol berjam-jam tanpa harus mikirin pulsa. Tapi ingat, jangan pake web cam dan jangan view web cam.

  • Simpati, Mentari, IM3 yang per KB
    Jika anda ol dari hp (misalnya pake e-buddy) maka tarif per KB adalah yang terbaik, karena OL dari E-Buddy hanya menggunakan sedikit kb. Gw pernah ol pake mentari, seharian cuma abis seribu.

  • Mentari Durasi
    Jika anda hanya butuh speed standar (tidak cepat dan tidak juga lambat) dan penggunaan internet bulanan anda tidak sampai di atas 200.000 dan di rumah anda fastnet tidak masuk, atau anda online menggunakan notebook / lap top

  • Telkomsel Flash
    Jika Hidup anda hanya untuk mendownload, dan anda punya modem super cepat.

  • FastNet
    Jika jaringan FastNet bisa di akses di rumah Anda, maka gunakan fastnet, speed speedy, unlimited-nya quasar dengan harga hanya 100.000 / bln

  • Speedy Time Based
    Jika Fastnet tidak masuk wilayah Anda, dan budget internet Anda => 200.000


nb:


Berhubung dengan Adanya UU ITE, maka beberapa tulisan di atas telah di perbaiki sehingga tidak di anggap menjelek2x-an orang / kelompok.


Ok gitu aja.


Semoga bermanfaat.


8 Responses to “ISP INTERNET GW”

Gie says:
June 5, 2008 at 10:18 pm (Edit)

Wah.. Makasih atas sharing pengalamannya! Lalu gimana dg telkomsel flash unlimited? Ada yg prnh pake ya? Untuk wilayah yg hanya ter-cover GPRS apakah speednya udah memadai? Tq
admin says:
June 10, 2008 at 7:44 pm (Edit)

Sama-sama bos

Untuk telkom flash unlimited gw belum pernah make bos, tetapi setau gw telkom flash itu cepet banget dan biayanya mahal. Kalo dapetnya cuma GPRS doank kayaknya sayang deh bos, cuma buang2x duit aja,

Kalo bisa mending cari yang lain, or tunggu daerah ente kena 3g nya, tapi itu sih saran aja bos. Sisanya mah terserah ente

he he he
Benx says:
September 2, 2009 at 12:09 am (Edit)

Salam kenal
gue (bukan org jakarta dari jawa… bang!)tau website Loe, pas nyari info ttg WIMAX.
kritik: mbok dikasih tanggal waktu upload artikel .. jadi kita bisa memerinci kapan lu pake pake telkomnet instan kapan pake speedy..
trus sekarang masih pake speedy dong apa nunggu wimax? kalo di jabotabek firstmedia khan ada jaringan kabel tv juga. kalo gak salah internetnya 175rb/bln unlimited. tv kabelnya 55rb.

kalo awak disini mah dipelosok. tapi mending pake speedy unlimited yg paket family rp 195rb+10% pajak. kalo cuman buat chattingan or FB lewat PC. pake telkomflexi unlimited aja >rp 2500/hari (24 jam). Hemat tp agak lelet dibanding EDGEnya telkomselFlash. bisa reg ama unreg (STOP)
kalo unlimited telkomselflash ya pake HaLO. 125rb/bulan. disini cuman sinyal EDGE aja Gak bisa 3G.
Benx says:
September 2, 2009 at 12:12 am (Edit)

sekedar tanya
gue pengin ngeblog ginian
kamu pakenya apa?
ndaftar domain dimana, hosting dimana en bayar nggakk?
Johan Firdaus says:
September 2, 2009 at 6:54 pm (Edit)

@benx : Kan emang ada tanggalnya gan untuk artikel ini, atau cek aja dari url-nya, di urlnya juga dah ada tgl nya, atau cek yang bagian bawah artikel juga ada tanggalnya

sekarang gw masih pake speedy, firstmedia gak bisa masuk tempat gw, untuk tv kabel gw juga gak minat, soalnya nyaris gak pernah nonton tv,

Blog gw pake wordpress, isp-nya yang berbayar biar ada jaminan, ikut paket langsung beli domain sama hosting di Rumah Web

saran gw sih, kalo mo ngeblog doank tanpa nyari duit, mending daptar wordpress.com aja, or blogspot.com, gratis kok

tapi kalo mo yang berbayar ya mending pake Rumah Web , lumayan supportnya, tapi memang harga dia lumayan mahal di banding hosting indo yang lain

hehehe
siti says:
December 6, 2009 at 7:20 pm (Edit)

trims. to info
tapi bditempatku belm ada speedy blm ada ditempatku, jd sekarnag aku mash pake telkomnetinstant. punya tips biar cepet konek? please…..help.
Johan Firdaus says:
December 6, 2009 at 8:07 pm (Edit)

Wah aku sendiri gak punya tips untuk mempercepat internet telkomnet instant. Yang pasti coba di cek aja, jika nelpon bagus tidak suaranya, jika jelek, maka coba hubungi telkom untuk di perbaiki karena kualitas telp na jelek berarti kualitas internet na juga jelek.
Johan Firdaus says:
December 6, 2009 at 8:10 pm (Edit)

@benx: saya daftar di rumah web, coba ja cek situsna, hostingna bayar cuman

Tidak ada komentar: