Ads

Sabtu, 02 April 2011

Fenomena Tindihan / Sleep Paralysis

Beberapa waktu yang lalu, gw mengalami Fenomena Tindihan, yah walau bukan yang pertama, tetapi tetep aja seremnya gak berkurang. Sebenarnya Apasih Fenomena Tindihan itu...?


Fenomena Tindihan itu adalah keadaan di mana biasanya di saat elu baru tidur or baru bangun tidur, matalu sadar, bisa ngeliat kemana-mana, tapi badanlu, leherlu, semua anggota tubuh lo kaku. Gak bisa ngomong, gak bisa teriak, gak bisa bangun, tapi elu sadar. Dan menurut kebanyakan orang, hal ini di sebabkan oleh mahkluk halus. Seremkan...?


Tindihan gw yang pertama terjadi pada siang hari, waktu itu gw masih smp, gw masih sekamar sama kakak gw. Gw lagi tidur-tiduran sementara kakak gw nonton TV. Tapi tanpa sadar gw ketiduran, n pas terus melek lagi, sambil setengah sadar gitu gw liat kakak gw nonton TV, gw coba manggil dia, tapi gak ada suara keluar, gw coba gerakin badan, tapi badan gw gak bisa gerak, leher gw kaku.



Waduh kenapa neh gw? Gw coba teriak, nangis tapi gak bisa...!!?? Gw coba terus, terus dan terus hingga tau-tau gw bangun. Pas bangun badan gw langsung meriding, wajah gw pucat. Perasaan gw takut terus, karena gw serasa mimpi tapi sadar, serasa roh gw ada yang narik-narik dari badan gw, sehingga gw gak bisa bangun, gila itu pengalaman gw yang paling serem. Paling gak sampe gw smu...

Ya, pas gw smu gw ngalami lagi Fenomena Tindihan ini, tapi kali ini lebih parah. Sekarang gw tidur di kamar sendiri, waktu itu gw tidur malam. Lampu dah mati semua, terus gw tidur. Tapi tau-tau gw bangun tengah malam, tepatnya jam 12an, pertama gw ngerasa kalo gw itu mimpi, tapi kok nyata banget. Gw ngeliatin kamar gw, atapnya sama jendelanya. Akhirnya gw sadar, kalo gw bangun, tapi kok gak bisa gerak. Gw coba gerakin kaki, badan, tapi kok gak mau.

Gw langsung panik, pengen teriak gak bisa...


Ruangan di kamar gw lalu tiba-tiba seakan-akan berputar, ruangannya seakan semakin gelap, gw semakin panik, mau coba teriak campur nangis tapi gak bisa. Pokoknya gw panik banget. Serem banget, tengah malem gitu gak bisa ngapa-ngapain. Tapi gw gak nyerah, gw coba terus gerakin badan gw, dan akhirnya, tiba-tiba gw sadar gitu aja. Sama seperti sebelumnya, gw langsung merinding abis, takut campur panik.


Setelah tindihan ini, gw juga ngalami beberapa kali tindihan lagi, tapi bisa di bilang itu tindihan ringan, karena berlangsungnya cepet banget dan rasa takut gw gak begitu besar. Malah pernah gw ngerasa di tindihan siang-siang di kosan temen gw. Tapi hal itu hanya berlangsung beberapa detik.


Akhirnya karena gw penasaran, kemaren-kemaren gw coba selidikan soal masalah tindihan ini. Dan akhirnya setelah baca thread kaskus tentang tindihan, pencarian gw terarah ke mengarahkan gw ke wikipedia, tepatnya ke sleep paralysis.


Di wikipedia tepatnya link http://en.wikipedia.org/wiki/Sleep_paralysis, Tindihan di sebut juga Sleep Paralysis, sleep artinya tidur, Paralysis artinya adalah keadaan di mana seseorang kehilangan kemampuan untuk menggunakan otot untuk satu atau lebih group otot (Kaya Penyakitnya crishtover reeve, Pemain Film Superman Jaman Jadul). Jadi Sleep Paralysis adalah keadaan Paralysis yang terjadi pada saat kita tidur.


Menurut Bang Wiki, umumnya sleep Paralysis terjadi pada saat kita melakukan Rapid Eye Movement (REM) Sleep, yaitu bagian dari tidur di mana mata kita terus bergerak secara cepat (Rapid). REM sleep pada orang dewasa terjadi pada 20 % - 25 % dari keseluruhan tidur, dan berlangsung sekitar 90 - 120 menit. Dalam tidur normal, bisanya REM Sleep terjadi 4 - 5 kali dan biasanya seseorang akan terbangun sebentar di akhir setiap REM Sleep. Dalam keadaan REM Sleep, sel saraf otak manusia berfungsi selayaknya pada keadan kita sedang bekerja.


Kenapa sih Sleep Paralysis dapat terjadi?




  • Sleep Paralysis terjadi karena otak terbangun dari REM Sleep

  • Jadwal Tidur yang tidak teratur

  • Perubahan lingkungan / gaya hidup yang tiba-tiba

  • Sadar dari Lucid Dream (Lucid Dream adalah keadaan di mana kita bermimpi, tapi kita sadar kalo kita mimpi, tetapi mimpinya jalan terus dan tidak berhenti)


menurut http://wrm-indonesia.org/content/view/386/ penyebabnya




  • Stress

  • Kecapean

  • Kurang Tidur

  • Tidur Terlentang

  • Para peneliti mengemukakan teori, bahwa orang-orang yang tinggal di kawasan yang secara geologis aktif, seperti di daerah sekitar Samudera Pasifik, yang dikenal sebagai "Ring of Fire", lebih sering mengalami ISP.


Gejala apa sih yang biasanya terjadi pada sleep Paralysis. Umumnya mereka akan mengalami gejala yang sama seperti yang tadi gw alami, dan pada beberapa orang juga diikuti oleh (halusinasi) penampakan yang menyebabkan orang yang mengalaminya menjadi panik dan ketakutan (untung gw gak ngalamin yang ada penampakan). Hal ini juga menyebabkan beberapa orang sulit membedakan sleep Paralysis dengan mimpi karena adanya halusinasi. Hal tambahan lainnya juga, terkadang mereka merasa ada orang (atau sesuatu) di samping mereka, ada menindih dada mereka. Sleep paralysis biasanya berlangsung beberapa detik sampai dengan beberapa menit, dan hal ini akan membuat mereka yang mengalaminya menjadi ketakutan luar biasa).


Beberapa Hal menarik tentang Sleep Paralysis, yaitu bahwa hal ini ada bukan di Indonesia saja, tapi terjadi di luar negri http://wrm-indonesia.org/content/view/386)juga. Di Spanyol Tindihan di kenal dengan nama Pesadilla, sementara di jepang tindihan di kenal dengan Nama Kanashibari, di thailand di sebut pee umm. Di Amerika, Tindihan juga sering di kaitkan dengan Penculikan oleh Alien :).


Gejala apa sih yang biasanya terjadi pada sleep Paralysis. Umumnya mereka akan mengalami gejala yang sama seperti yang tadi gw alami, dan pada beberapa orang juga diikuti oleh (halusinasi) penampakan yang menyebabkan orang yang mengalaminya menjadi panik dan ketakutan (untung gw gak ngalamin yang ada penampakan). Hal ini juga menyebabkan beberapa orang sulit membedakan sleep Paralysis dengan mimpi karena adanya halusinasi. Hal tambahan lainnya juga, terkadang mereka merasa ada orang (atau sesuatu) di samping mereka, ada menindih dada mereka. Sleep paralysis biasanya berlangsung beberapa detik sampai dengan beberapa menit, dan hal ini akan membuat mereka yang mengalaminya menjadi ketakutan luar biasa).


Beberapa Hal menarik tentang Sleep Paralysis, yaitu bahwa hal ini ada bukan di Indonesia saja, tapi terjadi di luar negri http://wrm-indonesia.org/content/view/386)juga. Di Spanyol Tindihan di kenal dengan nama Pesadilla, sementara di jepang tindihan di kenal dengan Nama Kanashibari, di thailand di sebut pee umm. Di Amerika, Tindihan juga sering di kaitkan dengan Penculikan oleh Alien :).



Bagaimana Pencegahan & cara mengatasi Sleep Paralysis
Menurut http://wrm-indonesia.org/content/view/386/, pencegahan sleep paralysis dapat di lakukan dengan cara berikut ini:


  1. Stres
    Usahakan hidup sehat, baik secara fisik maupun psikis. Stres diduga penyebab terbesar ISP. Atur pola tidur menjadi lebih teratur. Jangan makan dalam jumlah kebanyakan, minum alkohol/kafein dan merokok menjelang tidur, sehingga dapat mengganggu pola tidur

  2. Posisi Tidur
    Posisi tidur terlentang diduga menjadi salah satu penyebab SP. Usahakan ganti-ganti posisi tidur.

  3. Membuat Gerakan Kecil
    Beberapa orang menyarankan untuk membuat gerakan mata dengan cepat, agar dapat keluar dari situasi SP.

  4. Membuat Gerakan Mental
    Jika seseorang mengalami ISP, ia akan merasakan susah bergerak atau menggerakkan anggota tubuhnya. Padahal ini bukan pergerakan fisik yang sebenarnya, melainkan gerakan mental. Para ahli menganjurkan untuk terus berusaha "melawan" dan menggerakkan anggota tubuh melalui kekuatan pikiran.

  5. Pengobatan Medis
    Diperlukan jika seseorang terlalu sering mengalami ISP.


Menurut gw, ada tambahan yang perlu dilakukan, yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meminta perlidungannya dari hal-hal semacam ini. Karena apapun juga penyebab Sleep Paralysis (baik penyebab menurut ilmiah atau penyebab menurut gaib), kalo Allah tidak mengizinkan hal ini terjadi pada kita, maka hal ini tidak akan terjadi. Semoga kita semua selalu dalam lindungannya.


Amiiinnnn...


Ok gitu aja dari gw, kalo ada yang pengen tau pengalaman orang-orang yang mengalami tindihan lainnya, cek aja thread http://kaskus.us/archive/index.php/t-180513.html di kaskus.



6 Responses to “Fenomena Tindihan / Sleep Paralysis”

Phoenix says:
May 18, 2009 at 2:43 am (Edit)

Gw juga pernah tuch… selama ini gw blm pernah tau penyebabnya apa… and gw kira cuma gw doank yg ngalamin kaya gitu…. soalnya gw cerita ke beberapa org.. and blm ada yg pernah ngalamin kaya gw… pengalaman gw hampir sama… intinya bangun gak bisa gerak and gak bisa keluar suara…. kejadiannya dari sejak gw masih SD and dah terlalu sering sampe gak ke itung dah berapa kali… pertama2 emang panik bgt.. sampe2 gw lemes and keringetan… karena putus asa akhirnya gw coba tidur lg… and berpikir “mungkin ini cuma mimpi” pas paginya gw bangun.. semuanya kembali normal lagi.
setelah kejadian pertama..kejadian itu sering berulang2.. sampe gw dah terbiasa, gak shyok lagi, setiap kali kejadian gw berdoa abis itu gw merem and tidur lagi.. besokannya pasti normal lagi…
untung sekarang dah gak pernah lagi… dari sejak gw SMA dah gak pernah lagi..
admin says:
May 18, 2009 at 6:35 pm (Edit)

Wah thanks bos atas bagi bagi pengalamannya. Tindihan memang sesuatu yang sangat menyeramkan, terutama untuk orang yang pertama kali mengalaminya. Karena kita tidak bisa melakukan apa-apa saat hal itu terjadi, dan “katanya” pada sebagian orang, karena kita dalam keadaan setangah sadar (setengah mimpi), maka sering terlihat hal-hal yang menyeramkan saat proses tindihan itu terjadi.

Entah yang kita lihat itu nyata atau tidak, yang penting kita harus terus berdoa dan berdoa agar hal ini tidak terjadi lagi. Satu lagi, jangan lupa doa sebelum tidur.

He he he
Angga says:
June 12, 2009 at 8:15 am (Edit)

gw bukannya pernah lagi, tapi sering…!

mohon feedbacknya ya.. :
http://logbook-angga.blogspot.com/2009/06/solusi-mengatasi-tindihan-eureup-eureup.html
Johan Firdaus says:
June 12, 2009 at 9:25 pm (Edit)

wuih, sering, serem juga ganm udah coba

1. Usahakan hidup sehat, baik secara fisik maupun psikis. Stres diduga penyebab terbesar ISP. Atur pola tidur menjadi lebih teratur. Jangan makan dalam jumlah kebanyakan, minum alkohol/kafein dan merokok menjelang tidur, sehingga dapat mengganggu pola tidur
2. Posisi tidur terlentang diduga menjadi salah satu penyebab SP. Usahakan ganti-ganti posisi tidur.
3. Membuat Gerakan Kecil
Beberapa orang menyarankan untuk membuat gerakan mata dengan cepat, agar dapat keluar dari situasi SP.
4. Membuat Gerakan Mental
Jika seseorang mengalami ISP, ia akan merasakan susah bergerak atau menggerakkan anggota tubuhnya. Padahal ini bukan pergerakan fisik yang sebenarnya, melainkan gerakan mental. Para ahli menganjurkan untuk terus berusaha “melawan” dan menggerakkan anggota tubuh melalui kekuatan pikiran.
5. Pengobatan Medis
Diperlukan jika seseorang terlalu sering mengalami ISP.

belum gan???
Matts says:
April 10, 2010 at 12:57 pm (Edit)

Gw sering ngalamin beginian.. tapi untungnya gw udah sadar kalo lagi tindihan trus gw maksa mata gw wat melek terus soalnya tau ini cuman mimpi.. kadang ada penampakannya sih, tapi gag ngepek haha.. paksa aja mata wat melek pasti lama lama bangun.. kalo udah bangun jangan lupa berdoa minta dilindungi sama Allah trus tidur lagi.. >.<
Johan Firdaus says:
April 10, 2010 at 9:45 pm (Edit)

Makasih gan untuk share-nya

Tidak ada komentar: