Ads

Sabtu, 09 April 2011

10 Kesalahan Dalam Penulisan CV

Kemarin terima milis yang isinya lumayan bagus. Isi milis tersebut adalah 10 Hal yang seharusnya tidak kita lakukan saat menulis CV. Bagi Anda-anda yang ingin membuat CV, ada baiknya memperhatikan tips & Trick membuat CV ini ( Isinya bukanlah Cara - cara membuat CV tetapi lebih kepada menghindari kesalahan dalam membuat CV ).


Inilah dia isi milisnya:




Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan lain karena tampaknya pekerjaan sekarang sudah tidak cocok bagi Anda. Anda ingin membuat sebuah CV, CV yang cocok untuk karyawan berpengalaman yang ingin berpindah pekerjaan.


Kelihatannya, itu adalah tugas yang tidak bisa mudah dikerjakan. Kebanyakan resume berputar-putar di cyberspace dan di kertas sangat sulit dan biasanya hasilnya kebanyakan buruk dibanding bagus untuk calon pencari kerja prospektif. Bagaimana Anda menghindari kesalahan resume? Mari kita lihat di artikel ini untuk melihat kesalahan tersembunyi!




  1. FORMAT CV UNDERGRAD / FORMAT CV FRESH GRADUATE
    Jika orang menulis resumenya dalam gaya yang sama yang ia gunakan sejak lulus perguruan tinggi, ia akan kalah. Daftar riwayat hidup tua, atau block style,dengan format "Obyektifitas" dan "Pendidikan" dalam urutan daftar paling atas adalah tidak sesuai dengan seseorang yang punya pengalaman kerja profesional lebih dari 3 tahun. Jauh lebih efektif jika 3-5 garis ikhtisar kekuatan profesional Anda yang unik.

  2. TIDAK ADA TANGGAL
    Teman kita telah melompat banyak dan tidak ingin calon pemberi kerja prospektif berpikir ia menyombongkan diri. Maka ia mendaftar perusahaan tempat kerjanya dulu tetapi menghapuskan data untuk masing-masing posisi. Salah! Meninggalkan data tanggal resume Anda tentu saja akan menyebabkan alis mata naik dan membuat orang ingin tahu apa yang Anda kerjakan belakangan ini.

  3. MENULISKAN FAKTA HANYA SEKEDARNYA
    Mr. Pencari Pekerjaan telah mendaftar tanggung-jawabnya di bawah masing-masing jabatan. Tetapi apa yang membuat dia terpisah dari kerumunan? Suatu resume yang bagus perlu meliputi prestasi dan pencapaian yang Anda telah lakukan membuat semua target terpenuhi. Misalnya meningkatkan penjualan 65% dalam enam bulan!Atau membawa 15 klien baru dengan total penagihan lebih dari US$ 100.000! Jangan takut untuk membual sedikit-- hanya saja jujur.

  4. KESANA KEMARI / TIDAK TERSTRUKTUR
    Para pegawai mengisi perubahan model seperti perlengkapan pertunjukan mode. Resume nya kelihatan seperti suatu kumpulan daftar pekerjaan. Jika Anda mempunyai pengalaman lebih dari satu bidang dan itu perlu untuk dimasukkan pada resume, pertimbangkan menggolongkan jenis pekerjaan bersama-sama di bawah judul spesifik seperti " Instructional/Training" atau "Customer Service/Sales."

  5. FAKTOR KEBENCIAN / MENJELEK-JELEKAN PERUSAHAAN SEBELUMNYA
    Jangan ungkap dibalik alasan Anda meninggalkan atau ingin meninggalkan pekerjaan. Jangan sebutkan pelecehan seksual, penuntutan perkara," atau klaim kompensasi pekerja atau pemecatan tanpa alasan jelas. Beberapa situasi lebih baik diterangkan sendiri, atau tidak sama sekali.

  6. INFO PERSONAL YANG TERLALU MENDITAIL
    Info personal tidak perlu ditulis dalam resume. Misalnya saja nama orang tua, hobby Anda, buku yang terakhir Anda baca, dan sebagainya.

  7. SEJARAH BERTELE-TELE
    Hanya keluarga Anda yang mempunyai kesabaran untuk membaca sampai habis tiap-tiap pekerjaan yang Anda tekuni sejak di SMA. Calon pemberi kerja hanya ingin mengetahui PENGALAMAN RELEVAN yang Anda punyai dalam 10-12 tahun. Sorotilah pekerjaan yang paling terbaru dan konsolidasikan pekerjaan di masa lalu pada beberapa garis di halaman 1 atau 2.

  8. JOROK
    Teman kami sedang cepat-cepat menemukan suatu pekerjaan baru yang membuatnya berpikir mencetak resume pada kertas hijau atau kertas jeruk yang akan membuatnya dipanggil cepat. Ia akan dicatat-- dan kemudian dilempar ke luar lingkaran. Ada noda kopi di amplop dengan tulisan tangan juga sering menjadi alasan untuk mengembalikannya ke alamat pengirim. Jadi berhati-hatilah.

  9. TIDAK ADA TARGET SESUAI
    Hanya karena pegawai bosan dengan hari itu dan ingin menemukan pekerjaan baru secepat mungkin tidaklah berarti bahwa ia perlu mengirimkan suatu resume kepada tiap-tiap iklan yang nampak dalam surat kabar Minggu! Perlu banyak waktu untuk target pekerjaan dimana Anda benar-benar punya kesempatan untuk diwawancarai. Apakah level pengalaman Anda seusia dengan apa yang diminta?

  10. TIDAK ADA ALASAN UNTUK PENGIRIMAN RESUME
    Sekali Anda sudah secara hati-hati memeriksa lagi resume yang ditulis untuk memastikan bahwa poin-poin yang menyolok mata tersebut di atas telah ditujukan, jangan melupakan salah satu tambahan berarti yang paling utama untuk resume yang bagus. Penutup surat. Dalam penutup surat, Anda mempunyai kesempatan untuk menyatakan mengapa Anda mengirimkan resume Anda pada perusahaan ini dan untuk apa posisi spesifik. Jangan membuat orang mengira Anda mengirimi mereka resume Anda-- untuk memperjelas hak Anda.


Ok itu aja, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: