Ads

Sabtu, 02 April 2011

Voice Call di Yahoo Messenger

Sep 19, 2008

Mungkin Voice Call di Yahoo Messenger Selama ini kurang begitu populer bagi para pengguna Software Yahoo Messenger. Selama ini kebanyakan mereka hanya tau fungsi chat dan Web Cam, sedangkan untuk Voice Call mereka lebih memilihih menggunakan software lain seperti Skype ataupun Cam Frog. Kenapa?


Sebelum menjelaskan tentang penyebab errornya Voice Call, saya coba jelaskan apa Voice Call itu sendiri. Voice Call adalah suatu fasilitas dari Yahoo Messenger yang memungkinkan user untuk menghubungi user lainnya, dan nantinya, mereka dapat berkomunikasi melalui suara layaknya orang yang sedang menelpon. Hal ini sangat berguna jika orang yang anda hubungi berada di luar negri. Bayangkan saja, jika Anda punya teman yang tinggal di Hong Kong ataupub Philipine, jika anda telpon dia menggunakan Simpati, maka biaya telponnya bisa sampai 9500 / menit, atau jika dengan Esia biayanya bisa sampai 1500/menit. Bandingkan dengan Biaya Warnet di tempat Anda? Pasti lebih murah Voice Call kan?




Penyebab utama Jarang digunakannya Voice Call di software Yahoo Messenger adalah jeleknya kualitas jalur yang di ciptakan. Sering terjadi saat user menelpon ke user lainnya, suara yang menelpon tidak terdengar ataupun suara yang di telpon tidak terdengar, atau malah dua-duanya tidak mendengar suara sama sekali. Hal ini sebenarnya sangat mengganggu dan menyebabkan user malas melakukan Voice Call dengan Yahoo Messenger. Penyebab lainnya adalah di settingan yang dilakukan oleh user, terutama di settingan suara.


Untuk mengatasi masalah di settingan suara, sebaiknya lakukan set up di YM.




  • Klik messenger > Connection Prefence > Calling & Audio

  • Open The Call Setup Assistant

  • Jika ada error, coba lakukan langkah di bawah

  • setting di Start > Accessories > Entertaiment > Volume Control

  • Setting Volume Master di atas 50 %

  • Setting Volume Mic (Untuk Mic, adalah di bagian recording, Properties > Mixer Device > Input ) pastikan di atas 50 % (Baiknya sih di posisi Max)

  • Setting terus sampai Setup Assistantnya sukses


Jika langkah di atas anda lakukan tapi masih error, coba anda update Yahoo Messenger Anda ke minimal Versi 8. Karena saya dulu pake versi 7, telpon walaupun bisa suaranya selalu putus-putus, tetapi saat saya update ke versi 8, suaranya menjadi lancar dan tidak terputus-putus. Dan error saat menelpon menjadi jarang sekali.


Untuk Yahoo versi 8, Anda bisa mendownloadnya dari situs yahoo resmi, dimana Anda akan mendownlod software YM yang nantinya software tersebut akan mendownload langsung dari Yahoo. Sessungguhnya, cara ini sangat lama, karena Anda tidak bisa menggunakan Download accelerator. Alternatif downloadnya adalah, coba Download dari sini, Yahoo versi 8, di mana link ini akan langsung men-download software Yahoo Messenger 8 secara Full sehingga tidak ada download lainnya saat anda melakukan installasi software.


Ok Semoga informasi ini bermanfaat.


Hihihiih


16 Responses to “Voice Call di Yahoo Messenger”

  1. denok sk says:

    makasih bgt informasinya? sahabat?????????????
    ku cb deh?

  2. frantase says:

    mau tanya neh mas,,,ym saya ngak bisa menggunakan display image, imange berwarna hitam semua, padahal sudah saya uniinstall

  3. admin says:

    Ada beberapa kemungkinan mas kenapa layarnya tetap hitam
    1. Coba cek apakah bos men-share foto bos dengan cara buka window YM dengan orang yang ndak bisa liat foto mas, terus klik menu yang ada di bawah foto mas, cek apakah yang dipilih adalah don’t share a Display Image, kalo iya, ganti dengan Share My Picture

    2. Apakah koneksi bos lancar? Kalo koneksinya pake isp yang lemot, misalnya telkomnet instant atau quasar unlimited kemungkinan foto bos gagal ke upload jadi ndak tampil

    3. Apakah temen yang bos ajak chat koneksi netnya lancar? Kalo dia pake koneksi lemot kemungkinan foto bos gagal ke download.

    4. Apakah bos ngobrol sama orang di room yang ndak ada di friendlist bos. Biasanya jika kita baru chat pertama kali dengan orang, foto kita tidak akan tampil, chatlah sampai orang yang anda ajak chat membalas 1 - 3 kali. Maka foto akan tampil.

    5. Apakah bos memakai YM versi terbaru, minimal versi >= 8. Soalnya biasanya Yahoo sering mengubah logika YM-nya, bisa saja yahoo memindahkan alamat foto dan yang tahu ini hanya YM versi terbaru. Coba donlod YM versi 8 di sini

    6. Untuk lebih pastinya, apakah foto bos ke upload atau enggak coba masuk ke sini. Pastiin brosernya pake Internet explorer. Disitu bos masukin id bos, terus klik tambah id, jika memang foto bos ke upload, maka foto bos akan tampil berserta status YM bos.

    Ok gitu aja, semoga membantu.

  4. udin pited says:

    Om Admin kok Display image gw di YM item apakah spec komputer mempengaruhi ??
    gw pake Laptop windows Vista home premium, 2 GB of RAM, NVIDIA Ge Force 9300 GS.

    Sama adobe player gw pake adobe player 10 (denger2 adobe mempengaruhi YM)

    kalo pake avatar sih lancar2 aja gw keluar avatar gw tapi kalo lagi pake foto biasa gak tampil (tampilnya kotak item saja)

    Koneksi saya telkomsel flash …….

    Mohon dibantu dong Bos !!
    Thanks Before…….

  5. admin says:

    Wah bos, udah lihat jawaban saya sebelumnya ndak?? Yang diatas pertanyaan bos (jawaban atas pertanyaan frantase) Udah di coba semua belum langkah2x di atas, kalo udah di coba masih error, coba hub saya lagi

    okkkk

  6. ud says:

    kalo pake avatar bisa bos ! langkah no.2 kaga tau gw inet gw kyknya browsing lancar2 aja….

    gini saya kan pilih display image terus saya pilih share my picture lalu saya pilih gambar terus ok, lalu ok lagi

    gambar di sebelah name bar gw ttp gambar topeng senyum (tau kan ?) lalu saya pilih my display image lagi ternyata preview gambar saya hitam padahal tadi sudah pilih gambar boneka salju (bawaan yahoo sendiri)

    apakah antivirus saya mempengaruhi ? saya pake mcafee

    Mohon bantuannya bos !!

  7. admin says:

    Setau saya sih gak ada hubungannya sama anti virus bos, Yahoo messengernya nya kali yang udah corrupt, coba pake yahoo 8 aja, nih donlod di sini aja biar langsung bisa install

  8. udin pited says:

    gw sih masih prefer pake yang 9 (lebih keren) Secara di warnet pake yang 9 juga tp lancar2 aja kok, di laptop gw ini yang jadi bermasalah gk tw kenapa ……

    apa ada pengaruh sama adobe flash player ???
    saya pake flash player 10

  9. admin says:

    ya udah bos, coba uninstall dulu aja yang ym 9 nya, terus download lagi yang YM versi 9 nya, tapi 9 yang udah di patch alias update-an terbaru.

    terus kalo menurut http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20081217034857AAaHiTA , masalah ini terjadi karena Yahoo sedang mengalami masalah, tetapi YM gw gak bermasalah kok, atau mungkin hanya dialami ym versi 9???

    Terus ada lagi neh, katanya si karena Anti virus seperti yang di jelaskan di http://www.wackyb.com/vb/showthread.php?t=10304

    tapi gw sendiri masih ragu

    Yang terakhir yang paling mungkin neh, yaitu karena messenger coruption

    Solusi MESSENGER CORRUPTION:

    1.Remove all Yahoo original programs with add/remove program
    2.Delete manually C:/Program Files/Yahoo
    3.Delete registry keys:
    HKCU/Software/Yahoo
    HKLM/Software/Yahoo
    4.Restart PC
    5.Install it again

    atau karena Adobe flash, yaitu karena bos upload datanya kegedean dan karena adobe flash player membatasi file yang ditransfer ke internet maka foto bos gak keupload

    solusinya:
    coba masuk ke http://www.macromedia.com/support/documentation/en/flashplayer/help/settings_manager03.html, nah disitu bos atur deh ukuran file yang bisa di upload

    sumber: http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20061027170809AAnqTDv

  10. udin pited says:

    gak usah deh om
    makasih …….

    mendadak Bisa nih gak tau kenapa …….

    saya mendiagnosa :

    2. Apakah koneksi bos lancar? Kalo koneksinya pake isp yang lemot, misalnya telkomnet instant atau quasar unlimited kemungkinan foto bos gagal ke upload jadi ndak tampil

    inet saya mendadak bagus setelah hujan lebat hahaha
    gila inet saya …….

    anyway maaf merepotkan om ^^

  11. admin says:

    OK BOS, senang bisa membantu

  12. binjaiboy says:

    berapakah biaya voice call di YM ?? bebannya pada penerima atau pengirim ?? mohon informasinya ya….

  13. admin says:

    VOICE CALL DI YM biayanya adalah gratis alias free alias cuma-cuma, biaya yang di kenakan adalah biaya internet saja, baik itu dari penerima ataupun penelpon. Enak banget kan gan???

    He he he

  14. Linda says:

    saya mau tanya, apakah bisa menggunakan voice call di YM tapi hanya menggunakan speakernya saja, coz saya tidak punya mic’ nya. oya teman saya coba telp di YM dan ketika saya angkat saya bisa mendenggarkan suaranya di speaker walau tanpa mic tapi dia tidak bisa mendengarkan suara saya….

    Tolong ya,,, apakah saya bisa berkomunikasi walau hanya menggunakan speaker saja, kalau bisa tolong dibantu cara settingannya di YM or comp’r saya…

    terima kasih sebelumnya… GBU ;-)

  15. Kalo gak punya mic, ya agan bisanya denger aja, gak bisa ngobrol

    beli aja mic gan, head set jaman sekarang kan banyak tuh yang ada mic nya, gak usah yang bagus2x, yang 15.000 an aja juga dah lebih dari cukup ( headset + mic ), soalna quality suara voice call mang biasa aja, jadi percuma kalo pake headset bagus

1 komentar:

rina mengatakan...

kalau VC kita di boot atau di tabrak sama id orang lain gimana caranya???????