Ads

Sabtu, 09 April 2011

Tidak Bisa Login Facebook Akibat Site Maintenance

Oct 5, 2009

Hari ini saya dikejutkan dengan kejadian yang sangat tidak menyenangkan. Pagi ini ketika saya mencoba untuk login kedalam facebook, muncul pesan seperti di bawah ini :



Site Maintenance

Your account is temporarily unavailable due to site maintenance. It should be available again within a few hours. We apologize for the inconvenience.


Atau jika login dengan facebook bahasa indonesia maka pesan yang muncul akan menjadi seperti ini:


Akun tidak tersedia


Sementara akun anda tidak tersedia dikarenakan pemeliharaan situs. Akun anda akan tersedia lagi dalam beberapa jam. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.


Awalnya saya kira semua orang mengalami ini, jadi saya biasa saja. Tidak khawatir dan tidak melakukan apa-apa. Tapi ternyata, setelah beberapa menit, saya chat dengan teman saya, dan kata dia, facebook dia normal-normal saja. Lalu saya tanya beberapa orang yang lain, dan mereka juga mengatakan bahwa facebook mereka normal.


Dengan banyaknya orang yang bilang facebook mereka normal, saya lalu coba login kembali ke facebook dengan id saya dan ternyata error tadi masih muncul. Akhirnya karena penasaran saya coba login kembali dengan id yang lain dan pesan error Site Maintenance tidak muncul, id saya tetap bisa login ke facebook tanpa masalah.




Di sini saya merasa curiga, apakah id saya di bajak / rebut orang. Lalu penasaran saya coba search google dengan key Facebook Site Maintenance dan ternyata hasilnya cukup banyak. Banyak juga orang mengalami hal yang sama dengan saya, dan mereka mengalaminya lebih dulu dari saya.


Ada beberapa orang yang saya baca komplain dan mengatakan bahwa error ini terjadi karena facebook sudah kepenuhan dan akan bangkrut sehingga mereka mulai mengunci user untuk. Yang lain berkata bahwa hal ini dilakukan facebook kepada mereka yang suka melakukan spam di facebook ( well, saya sih memang sering pasang link di wall ). Selain itu malah ada yang bilang bahwa facebook melakukan hal ini kepada mereka yang akan ulang tahun.


Semua yang saya temukan adalah keluhan akan masalah Site Maintenance dari facebook, tapi saya sama sekali tidak menemukan solusi. Bahkan di beberapa site saya temukan error ini terjadi sampai beberapa hari. Sebagian lagi menyatakan mereka sudah melupakan facebooknya dan memutuskan untuk berpindah ke situs jariangan sosial ( sosial networking ) lainnya.


Tapi akhirnya saya sadar, kenapa saya cari jawaban error facebook di google. Bukankah facebook punya help center? Akhirnya saya putuskan untuk mencari di sana dan solusinya akhirnya saya temukan.


Di helpcenter facebook di tuliskan informasi tentang Site Maintenance yang isinya seperti di bawah ini:


"Site Maintenance" usually means that we're making an improvement to the database that your account is stored on. While we're doing this, you will not be able to access your account. In most instances, this maintenance will last only a few hours. Please note:




  • After the maintenance is over, you will still be able to login with the same password.

  • Your profile and account will not be affected by the maintenance.

  • We don't do site maintenance on all accounts at the same time, so it is possible that some of your friends will be able to access the site while your account is unavailable.

  • It is not necessary to contact us about Site Maintenance.

  • If your maintenance lasts longer than 24 hours, please follow these instructions to clear your browser's cache and cookies.

  • If you're still having trouble after trying the above steps, please click here


Atau jika di indonesiakan bisa berarti seperti di bawah ini:

"Site Maintenance" biasanya berarti kami sedang melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja database di mana account Anda tersimpan. Selama kita melakukan hal ini, Anda tidak akan bisa mengakses Account Anda. Biasanya proses update ini hanya memakan waktu sekitar beberapa jam saja. Selain itu, harap Hal-hal di bawah ini menjadi perhatian :




  • Setelah proses Site Maintenance selesai, Anda akan kembali bisa melakukan login dengan id dan password yang sama.

  • Profil dan Account Anda tidak akan terpengaruh oleh Proses Site Maintenance.

  • Kita tidak melakukan proses Site Maintenance kepada semua Account dalam waktu yang sama, jadi bisa saja saat ini Teman-teman Anda tetap bisa mengakses facebook mereka tanpa masalah sementara Anda tidak bisa mengakses facebook Anda.

  • Anda tidak perlu menghubungi kami soal permasalahan Site Maintenance ini.

  • Jika proses Site Maintenance telah lewat 24 Jam dan Anda masih menemukan pesan bahwa Account Anda masih dalam keadaan Error Site Maintenance / Akun Tidak Tersedia maka harap mengikuti instruksi ini untuk membersihkan cahce dan cookie browser Anda.

  • Jika setelah melakukan langkah di atas, Pesan Error Site Maintenance / Akun Tidak tersedia masih Anda temui maka harap klik disini untuk kami coba cari penyelesaiannya.


Ok ternyata tidak perlu panik saat Anda mengalami pesan error Site Maintenance / Akun Tidak Tersedia, karena memang seperti yang di bold di atas, tidak semua Account akan di Site Maintenance secara bersamaan sehingga jika teman Anda bisa facebook dan Anda tidak bisa akses facebook, Anda hanya perlu menunggu sampai beberapa jam saja.


Jika dalam 1 hari Anda masih belum bisa mengakses facebook, harap Anda bersihkan cookie dan temp internet files anda. Jika error masih berlanjut, segera hubungi facebook di link yang telah di sediakan di atas.


Ok gitu saja, semoga bermanfaat.


14 Responses to “Tidak Bisa Login Facebook Akibat Site Maintenance”

  1. baru saja saya posting error FB yang sama di sini:
    http://ravimalekinth.wordpress.com/2009/10/05/beberapa-screenshot-error-nya-facebook/

    Hahaha…memang facebook lagi musim error nih.

  2. cupZ says:

    woke bro,, saya terima.
    udah tak pasang link punyamu,,
    siap tukeran link?

  3. Waka says:

    walahh.. senasib nih…:((:(( sama bro.. maceett jg nih fb gw ….

    sbg tambahan …akhir2 ini gw juga sering buka fb lewat hape.. ; Opera, tea shark, FB mobile, nimbus (IM), en dll.. yg nota bene tingkat keamanannya lebih rendah dr kl kita pake kompie..

    sbnernya kurang ngerti sih ttg cokies.. ssl..tls.. trace.. privacy cleaner n kturunannya.., tp kyknya itu da hubungannya deh.. ?!!
    buat semuanya.. ati2 aja dah..

    thanx anyway.

  4. Yup sma sama gan, di tunggu aja, aye dah bisa akses lagi kok, sekarang ndak ada masalah

  5. chalz says:

    wah gw jg ngalamin sama kek gtu!!! asem dah tu fb…

    btw tq infonya ya bro….. :D

  6. yup gan, lumayan bisa nenangin kan kalo kaya gini

  7. waduh.. pas banget aku ngalamin yg kaya gini. tp udah berjam” kok blom bisa, ya? padahal udah clear browse history :((
    doain besok membaik, yaaa.. amen.. :))

  8. Hee, sabar aja, mang satu2x nya yang bisa di lakukan hanya tinggal sabar

    semoga besek beres :D

  9. indah nadia revora says:

    ok….makasih udah di bantuin,,,,,,,,,

  10. annisa says:

    huweeeeeetpe… aku juga… udah 3 hari site maintenance… udh clear cache and cookies.. ttp gk bisa.. gmn ini..? T.T

  11. Waduh masa sih, coba aja login dari komputer lain, kalo gak bisa, ya satu satunya jalan ya menunggu atau buat id baru

Tidak ada komentar: