Ads

Senin, 11 April 2011

Sedo Parking Virus / Malware ?

Sudah tiga bulan ini saya kena virus Aneh. Entah apakah ini virus, spyware, malware, trojan atau sebagainya yang pasti hal ini membuat komputer saya menjadi aneh dan mengurangi nikmatnya bermain internet. Virus ini rada sedikit aneh cara kerjanya, yaitu saat saya browsing menggunakan browser, entah itu Internet Explorer, entah itu Mozilla Firefox ataupun Opera, sering kali situs yang saya akses itu, walaupun url nya benar, tetapi di arahkan ( di redirect ) bukan ke situs aslinya, tetapi malah ke situs yang bernama sedoparking ( Sedo Parking ).


Misalnya saja saya coba akses halaman facebook, kaskus, bahkan blog saya sendiri isinya bukanlah yang asli, melainkan halaman sedo parking. Anehkan?


Setelah saya check source-nya, ternyata situs-situs yang akses itu berubah menjadi halaman dengan frame di mana frame itu sendiri mengarah ke situs sedoparking.com. Saya tidak tampilkan di sini url detailnya.


Setelah check punya check, saya ketahui bahwa situs Sedo Parking itu sebenarnya adalah situs legit. Situs benar dan bukan scam. Dia menerima domain yang tidak terpakai untuk diletakan iklan-iklan. Nanti si punya domain akan mendapatkan uang dari sedo parking atas iklan-iklan tersebut.




Dari sini saya curiga bahwa yang pasang virus / malware / trojan itu bukanlah Sedo Parking-nya sendiri, melainkan orang yang punya domain.


Nah terlepas dari itu semua, saya sudah coba semua cara untuk menghilangkan virus ini, mulai dari scan dengan AVG Terbaru dengan update yang paling baru, tetapi tampaknya tetap tidak berhasil. Saya sudah coba gunakan software anti spyware, spybot search and destroy, updater paling baru tapi tetap juga tidak ada hasilnya.


Virus ini punya satu keanehan bahwa dia biasanya hanya aktif dalam waktu tertentu saja. Jadi jika saya diamkan, maka esoknya tampaknya komputer saya sudah normal lagi. Anehkan?


Setelah sekian banyak cara saya coba dan sekian banyak informasi saya cari, hasilnya nihil. Rata-rata semua informasi yang saya dapat mengatakan bahwa virus sedo parking ini hilang dengan sendirinya, dengan catatan suatu saat dia akan muncul lagi dalam satu hari.


Sampai sekarang virus ini tampaknya masih ada di komputer saya, sehingga kemungkinan, saya akan coba cara terakhir yaitu memformat komputer saya.


Jika ada yang tau caranya mengatasi virus / malware / spyware ini, mohon bantuan informasinya tentang bagaimana caranya, karena saya sendiri sudah menyerah.


Btw :


Kemungkinan besar virus / malware ini saya dapatkan dari situs-situs yang ada di PTC.


Terima kasih.


Note:


Semenjak saya ganti anti virus saya ke avast, virus sedoparking redirect tidak pernah muncul kembali


Apa mungkin ya, avast berhasil membasmi / menghapus virus sedo parking tersebut????


Saya mau tunggu lagi, sapa tau nanti dia muncul lagi

6 Responses to “Sedo Parking Virus / Malware ?”

  1. Valiant says:

    sama,bung. komputer saya juga begitu. hampir semua website direct ke sedoparking. Saya search di google katanya itu malware, setelah pasang anti malware dan anti virus lain yang sudah terupdate juga gak ada efek..sumpah nge ganggu bgt

  2. Iya gan, aye sekarang ganti pake avast antivirus, udah beberapa hari ini, gak pernah kumat lagi, tapi gak tau deh kedepannya, itu virus nongol lagi apa kagak

  3. erji says:

    waduuuuh , kirain cuma aku aja kena imbas si Mas Sedo … pffff …

    pake Avast berhasil tha ?

  4. @Erji : kalo saya sendiri si, pake Avast memang mengurangi munculnya si virus Sedo Parking, kalo dulu muncul di mana-mana, sekarang munculnya jarang-jarang, dan itu juga munculnya cuman di situs PTC Buxhost aja ( mungkin server buxhost kena virus sedo juga :p )

  5. yoseph says:

    saya pernah mengalami hal yang sama, setelah tanya2 pakarnya komputer sy coba langkah berikut dan berhasil, mudah2an bermanfaat :
    Coba lakukan hal berikut:
    1. Di Windows XP, klik Start lalu Run. Ketik: cmd (untuk membuka command prompt)
    2. di command prompt, ketik: ipconfig /flushdns
    3. Coba buka lagi website yang anda tuju, kalau masih sedo, tekan CTRL + F5 di keyboard untuk force refresh browser.

  6. Agan yosep, saya dulu juga pernah coba, tapi tetep gak berhasil, tapi stalah pake avast, sedo parking gak pernah muncul lagi, kecuali untuk situs situs ptc buxhost. Tapi tetep thanks you buat informasinya. Info ini patut di coba, thanks banget

Tidak ada komentar: