Ads

Jumat, 08 April 2011

Saat Plugin Wordpress Stat tampaknya Tidak Bekerja Dengan Benar

Feb 19, 2009

Baru beberapa hari yang lalu blog saya pulih dari error. Semenjak itu saya melakukan berbagaimacam update yang tampaknya malah membuat blog saya semakin tidak stabil. Awalnya plugin backlinks saya tidak bekerja, sekarang plugin wordpress stat saya mulai tidak benar (ngaco alias error) kerjanya. Baru tiga hari yang lalu saya mengupdate plugin wordpress stat saya dengan wordpress stat 1.3.7.


Di Plugin Wordpress Stat, Traffic web saya semakin lama semakin hancur. Padahal jika saya bandingkan dengan data stat dari hitstat, maka tampaknya traffic saya masih normal-normal saja dengan hit di angka 350 / hari, tapi di stat wordpress trafficnya semakin hari semakin turun ke angka seratusan / hari.


Awalnya saya menduga hal ini karena speedy sudah mulai hilang gratisannya jadi banyak blogger dan blogwalker yang berhenti melakukan blog walking sehingga stat saya menurun drastis. Tetapi setelah saya pikir-pikir kembali, seharusnya efeknya tidak separah itu, sehingga akhirnya saya coba obrak abrik faq dari wordpress stat plugin.


Setelah saya cek di faq dari wordpress stat, tampaknya keanehan ini terjawab.


Coba cek salah satu FAQ yang terdapat di wordpress stat faq ini:



What if the stats don't start showing up? Do I need anything special in my theme?


Yes, your theme must have a call to <?php wp_footer(); ?> at the very bottom right before the </body> tag.




Dapat dilihat bahwa untuk wordpress stat menghitung kedatangan user, maka minimal halaman telah terload sampai kebagian wp_footer yang letaknya ada di bagian template footer dari wordpress template Anda. Nah yang menjadi masalah di sini adalah ternyata, plugin backlink saya yang error membuat halaman berhenti di load saat error di plugin di temui. Hal ini membuat template footer yang tampil terakhir kali tidak pernah terload.



Karena template footer tidak terload, maka fungsi wp_footer() sendiri tidak pernah terpanggil yang menyebabkan seakan-akan blog saya sangat jarang di akses karena tanpa adanya wp_footer() maka kedantangan user tidak akan di hitung. Hari ini saya membuat fungsi backlinks saya berada di paling bawah, kita lihat besok, apakah traffic saya sudah normal kembali atau belum di wordpress stat.

Tidak ada komentar: