Ads

Jumat, 15 April 2011

Memainkan Sega DreamCast dengan Emulator Sega DreamCast NullDC

Beberapa hari ini saya menghabiskan banyak waktu saya untuk bernostalgia memainkan game Shenmue, sebuah Game Unggulan untuk Sega Dreamcast saat Console tersebut masih ada. Sega Dreamcast tadinya di buat untuk menjadi Saingan utama Playstation 2 ( PS 2). Bahkan, Console tersebut pernah menjadi Console dengan gambar terbaik karena dia mencuri start, sehingga saat PS2 belum muncul, Sega Dreamcast muncul duluan. Dengan sebuah game berjudul Shenmue, dan beberapa game lainnya, orang-orang mulai memutuskan untuk membeli Console ini dari pada menunggu kelahiran PS2 yang terasa masih lama saat itu.


Dreamcast memang jaya pada masanya, tetapi setelah playstation 2 muncul, tampaknya kepopulerannya mulai terkalahkan dan akhirnya Console ini tewas dengan sega memutuskan untuk berhenti memproduksi console ini.




Nah bagi Anda yang belum sempat mencoba merasakan Console ini, jangan khawatir karena saya ada solusinya. Sega Dreamcast memiliku emulator yang bisa di bilang sudah sempurna. Nama Emulator tersebut adalah NullDC. Saya menemukan Emulator tersebut di forum indowebster, coba aja cek forumnya di sini, di situ juga ada tempat men-download emulatornya, soal bios nulldc mungkin anda bisa cari juga di forum tersebut. Atau cari di google.


Nah, bagi Anda yang ingin memainkan emulator tersebut, berikut ini adalah spek minimal ( banyak game yang akan tidak jalan dalam spek seperti ini ) yang harus Anda miliki:




  • Cpu, Any CPU that supports SSE1 (AMD Athlon XP and later, Intel Pentium 3 and later)

  • Video Card, DirectX9 compliant video card with Projected Textures support. (Geforce MX, ATi Radeon)

  • Ram, 256 MB

  • OS, Windows 2000/XP/2003

  • VisualC++ 2005 Service Pack 1 Runtimes.

  • winpcap. It's needed for modem emulation and it's not required otherwise. It can be found here:
    http://www.winpcap.org/install/default.htm


Rekomendasi

Dengan spek seperti ini banyak Game Sega Dreamcast yang dapat di mainkan, dengan error yang minimal.


  • CPU, AMD 3000+ or Intel Pentium 4 at 2.6GHz or equivalent.

  • Video Card, DirectX9 compliant video card With shader model 2 support. (Geforce FX, ATi Radeon 9600)

  • RAM, 512MB Dual channel DDR333


Ideal

Dengan sistem ini, hampir semua game akan dapat Anda mainkan, walaupun Anda setting dengan settingan yang memakan banyak resource.

  • CPU, Fast Intel Core 2 Duo or AMD 4000+ or equivalent.

  • Video Card, DirectX9 compliant video card With shader model 4 support. (Geforce 8 series, Radeon HD series)

  • RAM, 1GB Dual channel DDR400


Notes:

  • Beberapa game menggunakan resource yang lebih banyak dari game lainnya, jadi jika Anda menemukan beberapa game lambat di mainkan, kemungkinan spek anda masih kurang

  • Emulator Sega Dreamcast, NullDC, dapat di mainkan di Windows Vista, tetapi resource yang di butuhkan akan lebih besar, dan Anda akan menemukan masalah dalam suara-suara yang di mainkan


Ok itu aja, saya sendiri sudah coba emulator ini ( yang saya download dari forum indowebster di sini ). Saya tidak melakukan setting apa-apa dan saya coba memainkan game shenmue 1 dan shenmue 2, sampai saat ini saya belum menemukan masalah. Berikut ini adalah gambar printscreen emulatornya :

Shenmue Sega Dreamcast Dalam Emulator NullDC


Gambar Game Shenmue di emulator nulldc



Ok, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Emirsyad Junaedi mengatakan...

sy punya consule sega dreamcast di rumah, tapi sering minta restart terus. mungkin ada yang tau cervice nya dimana ? e-mail :Icatmatra54@yahoo.com

lordcaocao2025 mengatakan...

Waduh, saya gak punya consolde DC. Dulu saya pernah ngerental doank, sayang abisnya mo beli.

Mending beralih ke emulator aja gan. Dengan spec komputer jaman sekarang, harusnya maenin game dc lanjar jaya kok.