Ads

Sabtu, 02 April 2011

Java Sangat Basic 0 : Installasi & Setting Awal J2SE

Sebelum membaca materi ini, ada baiknya Anda membaca materi-materi sebelum materi ini yaitu:




  1. key word dan identifier

  2. memahami method

  3. menampilkan input dari key board

  4. Mencari kesalahan sederhanam bag 1

  5. Mencari kesalahan sederhanam bag 2

  6. Number & Types Bag 1


Berhubung ada teman saya yang menanyakan cara installasi dan setting java dari awal. Maka sekarang saya mencoba untuk kembali ke yang paling basik dari tutorial Java ini. Yaitu setting dan installasi.


Tanpa banyak cing cong, cong cing, cung cung dan cang cang langsung kita mulai saja. Langkah pertama adalah Download Java versi paling terbaru di java.sun.com. Pastikan Anda mendownload versi terbaru. Sedangkan saya sendiri saat ini menggunakan java versi 1.6.0, tepatnya:



java version "1.6.0_07"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_07-b06)
Java HotSpot(TM) Client VM (build 10.0-b23, mixed mode, sharing)


Disini yang di bahas hanya J2SE, jadi Anda tidak perlu mendownload versi yang lain. Saat masuk situs java sun, pilih menu download dan pilih JSE. Di list download, pilihlah Java SE Development Kit terbaru, lalu downloadlah file installernya.


Setelah file terdownload, lakukan installasi seperti Anda menginstall program-program windows pada umumnya. Setelah file terinstall, lakukan setting PATH untuk windows. Caranya, klik kanan icon my computer, pilih tab Advance, klik Tombol Environmet Variables. Dilaya tersebut, Anda akan melihat dua buah list, yang pertama adalah User Variables for Administrator dan yang kedua adalah System variables.


Di list System Variables, coba Anda cara variable dengan nama Path, klik, lalu tekan edit, tambahkan titik koma (;) di belakang nilai telah ada, lalu tambahkan alamat bin yang ada di folder lokasi Java Anda di install.


Contoh:


%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;C:\MySQL Server 5.0\bin;G:\Program Files\Java\jdk1.6.0_03\bin


Setelah itu klik ok.


Untuk mencek apakah settingan java Anda sudah benar dan untuk mengetahui versi Java yang terinstall di windows Anda, masuklah ke cmd dengan cara masuk ke start->run, klik cmd dan tekan enter, maka Anda akan masuk ke layar CMD (Command Prompt untuk windows XP). Di cmd, ketikan command sebagai berikut:



java -version


Jika output Anda sebagai berikut:



java version "1.6.0_07"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_07-b06)
Java HotSpot(TM) Client VM (build 10.0-b23, mixed mode, sharing)


Maka java sudah terinstall dan terseting dengan baik di komputer Anda, tetapi jika keluarnya adalah sebagai berikut:


bad command or file nama


Maka Anda harus setting ulang environment variable path Anda, karena ada kemungkinan masih ada yang salah dengan settingnya.


Jika settingannya sudah benar, kita coba jalankan proses compile dan running Aplikasinya. Buka sebuah file notepad dan masukanlah script java di bawah ini (script hello tolol yang pernah kita bahas di key word dan identifier):





public class HelloTolol {
public static void main(String args[])
{
System.out.println("Hello Tolol...!!!");
}
}

Setelah itu save nama filenya dengan HelloTolol.java. Ingat bahwa untuk nama file di java, harus di buat sesuai dengan nama classnya dan diberi extension java. Setelah file di save, masuk ke lokasi Anda menyimpan file dengan cmd. Caranya, dibawah ini adalah ilustrasinya jika Anda ada di D: dan file yang ingin di compile ada di C:\test.


Pindah ke drive C:


D:\>c:


Masuk ke folder test


C:\>cd test

Setelah masuk ke folder tersebut, segera lakukan compile file tersebut dengan perintah javac namafile.java. Contoh:


javac HelloTolol.java


Setelah itu, maka di folder test akan muncul file baru dengan nama HelloTolol.class. File tersebut adalah hasil compile dari HelloTolol.java. Untuk menjalankannya adalah dengan menggunakan perintah java namafile. Contoh:


C:\test>java HelloTolol



Maka akan keluar outputnya:
Hello Tolol...!!!


Diperintah diatas dapat Anda perhatikan bahwa perintah java tidak menggunakan extension, cukup nama file saja, dan pastikan Anda menjalankan program setelah melakukan compile yang berhasil terlebih dahulu. Jika Anda menjalankan filenya sebelum melakukan compile, maka file class-nya belum ada dan java akan mengeluarkan error.


Sebenarnya Compile dan play dengan command prompt ini tidak diperlukan jika Anda mau menginstall Net Beans, salah satu IDE untuk pemorgraman Java yang paling populer dan sangat user friendly. Dengan memakai Net Beans, Anda akan terselamatkan dari proses compile dan run yang tidak praktis. Selain itu Net Beans juga memberikan banyak bantuan seperti membantu Anda membentuk form, perintah yang bisa dipilih (seperti VB) dan lainnya. Installasi dan settingnya juga mudah. Anda bisa mendownload net beans di http://www.netbeans.org/. Saya tidak akan membahas net beans karena menurut saya penggunaannya cukup mudah tanpa harus dijelaskan lagi.


Ok itu aja dulu, thanks sudah membaca.




Tidak ada komentar: