Ads

Senin, 11 April 2011

Google Translate Versi Terbaru

Sejak saya aktif di program diskusi dan di bayar di web site MyLot ( Baca di sini untuk info lebih detail soal MyLot ), saya telah menjadi pelanggan setia Web Based Application Google Translate. Google Translate adalah sebuah aplikasi penerjemah yang dapat membantu kita untuk menerjemahkan kalimat, paragraf atau satu kata. Proses penerjemahannya cepat, dan bahasa yang mampu diterjemahkan ada cukup banyak.


Berikut ini adalah list bahasanya :




Indonesia
Afrikaans
Albania
Arab
Bahasa Indonesia
Belanda
Bulgar
Byelorusia
Cek
Dansk
Esti
Farsi
Galisia
Hindi
Ibrani
Inggris
Irlandia
Islan
Italia
Jepang
Jerman
Katalana
Korea
Kroat
Latvi
Lituavi
Magyar
Makedonia
Malta
Mandarin
Melayu
Norsk
Pilipino
Polski
Portugis
Prancis
Rumania
Rusia
Serb
Sloven
Slowakia
Spanyol
Suomi
Swahili
Swensk
Thai
Turki
Ukraina
Vietnam
Wales
Yiddi
Yunani

Banyakkan?


Nah mulai tengah november lalu, Google Translate mengeluarkan versi terbarunya. Kali ini Google Translate telah jauh meningkat kelebihannya. Kelebihan yang pertama adalah menerapkan teknologi ajax dalam translate di mana saat kita mengetik di tempat translate, google akan langsung menerjemahkannya. Lumayan keren si, tapi untuk koneksi yang lambat kurang bagus karena hanya akan memperbat bandwith.


Kelebihan yang Kedua kini adalah Anda bisa menerjemahkan ke bahasa yang menggunakan huruf non latin dan melihat huruf latinnya. Jika dulu misalnya kita ingin tau artinya selamat pagi dalam bahasa jepang, maka jawaban yang Google Translate berikan adalah おはようございます , dengan jawaban seperti itu, sepertinya percuma karena kita tidak bisa membacanya. Tetapi kini Google Translate memberikan sebuah fasilitas untuk melihat huruf latinnya sehingga selain tulisan jepang tadi, kita juga mendapat arti dalam bentuk latin yaitu ohayō gozai masu. Tetapi hal ini tidak berlaku kebalikan.


Fasilitas yang terakhir dari versi terbaru ini adalah pengucapan dengan suara. Kini kita bisa mengetahui bagaimana kita harusnya mengucapkan arti kata tersebut. Cukup keren menurut saya. Tapi suaranya hanya terbatas untuk hasil translate ke inggris saja.


Tapi saya sarankan jangan terlalu yakin dengan hasil terjemahan google translate jika Anda menerjemahkan kalimat, karena bisa saja dia menerjemahkan salah. Jadi baca kembali hasil translate-an google translate, dan kemudian perbaiki apa yang salah. Tapi Anda tidak perlu ragu jika ingin menggunakan Google translate sebagai kamus, karena kebanyakan arti yang dia berikan adalah tepat.


Ok itu saja, semoga bermanfaat.


2 Responses to “Google Translate Versi Terbaru”

  1. just wondering kalo google translator sudah bagus dalam menterjemahkan bahasa indonesia formal maupun informal. Biasanaya bagian informal nya nih yang susah :P

  2. ya, soalna bahasa informal kan bahasa gak resmi, gak ada aturan bakunya gan

Tidak ada komentar: