Ads

Jumat, 08 April 2011

Bagaimana Cara Untuk Mendaftarkan Diri Anda di Internet Banking Mandiri?

Apr 25, 2009

Mulai tanggal 1 April kemarin, Bank Mandiri mengeluarkan peraruturan baru bahwa untuk cek rekening ataupun untuk menanyakan apakah ada transferan yang masuk ke / keluar dari rekening kita sekarang sudah tidak bisa dilakukan lagi melalu telpon ke call center Bank Mandiri. Bagi para pelanggannya yang malas pergi ke ATM ataupun ke Bank untuk mengeprint buku rekening, Bank Mandiri memberikan solusi kepada mereka dalam bentuk Internet Banking.



Di Internet Banking sendiri, Jika Anda bukanlah orang yang super sibuk, saya tidak menyarankan Anda untuk menggunakan Internet Banking ini untuk bertransaksi. Karena dengan Adanya Sistem Token dari Bank Mandiri, maka selama Anda belum request Nomer Token, maka Anda hanya bisa melihat history transaksi Anda saja seperti saldo Anda, transfer yang masuk atau keluar. Prinsipnya hampir sama dengan buku tabungan, tapi ini lebih ditail dan lebih lengkap, serta dapat di akses kapan saja (bahkan dari handphone Anda). Terlebih lagi Anda juga bisa melihat status tabungan Anda yang lain seperti deposito dan giro. Jadi serba praktis dah pokoknya.

Apa saja sih keuntungan dari Internet Banking Mandiri, berikut ini saya copas dari situs resminya

Cukup dari Meja Kerja Anda !
Melakukan aktivitas perbankan cukup dari meja kerja, dengan menggunakan personal computer/lap-top, Modem + Line Telephone atau GPRS

Tanpa Batasan Waktu !
Nasabah dapat meng-akses rekening mereka 24 jam sehari 7 hari seminggu

Cakupan Global !
Dapat melakukan transaksi dari belahan dunia manapun (selama ada akses ke Internet)

Siapapun bisa menikmati kemudahannya !
Menu transaksi jelas dan mudah digunakan

Fitur Layanan yang beragam !
Dapat melakukan beragam transaksi perbankan seperti: Transfer, bayar tagihan, isi ulang pulsa, dll. *

Aman dan terlindung !
Dilengkapi sistem keamanan berlapis dan Token PIN Mandiri

Satu akses untuk semua produk !
Dapat mengakses Produk seperti Tabungan, Giro dan Deposito baik dalam mata uang rupiah atau mata uang asing lainnya dengan satu user ID

* Untuk semua transaksi Perbankan, Anda harus menggunakan token


Nah, setelah tau fasilitasnya, Anda berminatkah? Jika berminat, berikut ini adalah cara-cara atau langkah-langkah pendaftarannya.



Mendaftarkan diri Anda untuk mengikuti fasilitas Internet Banking Bank Mandiri


Langkah pertama Adalah mendaftarkan diri Anda untuk bergabung dengan layanan Internet adalah memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan dari bank Mandiri. Persyaratannya adalah sebagai berikut:




  1. Memiliki rekening tabungan, giro rupiah atau mata uang lainnya

  2. Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu ATM Mandiri sedangkan untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Passport, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu ATM MAndiri)


Ada dua cara untuk mendaftarkan diri Anda sebagai pelanggan yang mengikuti e-Banking dari Bank Mandiri, yaitu melalui ATM ataupun melalui Cabang Mandiri terdekat.



Pendafataran Melalui ATM


Berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran Internet Banking Bank Mandiri melalui ATM




  1. Dateng ke mesin ATM (duh, ini gak perlu kali ya :P )

  2. Pilih Bahasa Indonesia (karena di sini akan di terangkan pilihan yang bahasa Indo, bukan londo)

  3. Masukan 4 pin ATM Anda (login kaya biasa aza)

  4. Di menu utama, pilih registrasi e-Banking( Pojok Kiri Bawah, lawannya PKS kayaknya neh)

  5. Pilih jenis layanan Internet Banking (No 2 dari atas)

  6. Anda akan di minta untuk memasukan 4 Pin Anda kembali (jaga-jaga kalo ternyata PIN Anda ketinggalan terus Ada yang mau daftarin diri mereka untuk E-Banking, secure banget gak tuh)

  7. Anda akan di infokan tentang perjanjian Anda dengan Bank Mandiri, baca dan cermati, lalu tekan Setubuh eh Setuju kalo ingin melanjutkan (kalo di installer game PC biasanya tinggal klik accept)

  8. Anda akan di minta untuk memasukan Access Code Internet Banking Anda sebanyak 6 digit (Ini jangan sampai Lupa)

  9. Anda akan di minta untuk memasukan kembali Access Code Internet Banking yang tadi Anda masukan (Jaga-jaga kalo aja Tangan Anda tadi keseleo jadi salah masukin data)

  10. Tekan selesai, maka Anda sekarang sudah bisa melakukan registrasi di http://www.bankmandiri.co.id/ (Sengaja tidak saya kasih link, karena untuk akses ke situs-situs kaya gini ada baiknya Anda langsung tulis sendiri url bank tersebut dan pastikan url yang Anda klik benar)

  11. Jika Anda ingin mendapatkan Token (Agar bisa melakukan transaksi dalam internet Banking) anda harus tetap datang ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengisi formulir aplikasi penggunaan Token Pin Mandiri. Ikuti petunjuk atau tanyakan ke CS setempat untuk mengetahui lebih lanjut informasi tentang Token ini.


Pendafataran Melalui Cabang Mandiri Terdekat


Untuk mendaftarkan diri Anda untuk menggunakan Internet Banking Bank Mandiri cukup mudah. Cukup datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat. Ngobrol sama CS-nya agar di berikan formulir pendaftaran Internet Banking Mandiri. Setelah Anda mengisi formulir, maka data Anda akan di proses dan Access ID akan dikirimkan k e E-Mail Anda oleh pihak Bank. Sedangkan untuk Access Code harus Anda ambil kembali ke Cabang Bank Mandiri tersebut setelah beberapa hari pendaftaran (lebih lama prosesnya di bandingkan dengan pendaftaran dari ATM). Ingat Access Code di berikan dalam Amplop tertutup. Jika Anda melihat Amplopnya terbuka atau mencurigakan (Seperti habis di buka terus di lem lagi) protes saja ke manajer-nya. Setelah mendapat Access Code, Anda juga bisa merequest Token Pin Mandiri (Agar bisa melakukan transaksi dalam internet Banking) dengan mengisi formulir aplikasi penggunaan Token Pin Mandiri.



Aktivasi Fasilitas Internet Banking Anda


Setelah melakukan pendaftaran baik itu di ATM ataupun di Cabang Mandiri terdekat, langkah berikutnya adalah melakukan Aktifasi di situ bank mandiri yaitu di http://www.bankmandiri.co.id/.


Langkah pertama Anda, adalah masuk ke http://www.bankmandiri.co.id/ , maka Anda akan mendapatkan tampilan yang kurang lebih seperti di bawah:


mandiri-1


Halaman Utama Situs Bank Mandiri


Pilih Aktivasi, maka Anda akan diinfokan tentang "SYARAT DAN KETENTUAN INTERNET BANKING MANDIRI" . Klik setuju jika Anda ingin menggunakan fasilitas ini (Ingat baca syarat dan ketentuan dengan seksama, agar Anda tidak menyesal nantinya).


Setelah setuju, maka Anda akan diminta untuk memasukan data Access ID dan Access Code Anda.


mandiri-2


Masukan Access Code dan Access ID Anda


Isi Access ID (16 digit) dengan




  • Jika Anda mendaftar melalui ATM, maka Access ID adalah nomer kartu ATM Anda (bisa di lihat di Kartu ATM-nya)

  • Jika Anda mendaftar dengan cara mendatangi cabang terdekat, maka Access ID adalah Kode yang dikirimkan oleh Bank Mandiri ke alamat e-mail Anda.


Sedangkan Access Code ( 6 Digit ) Anda isikan dengan

  • Jika Anda mendaftar melalui ATM,maka Access Code Adalah nomer / kode yang Anda buat di mesin ATM pada saat pendaftaran Internet Banking

  • Jika Anda mendaftar dengan cara mendatangi cabang terdekat, maka Access Kode adalah Kode rahasia yang dapat Anda ambil dari Cabang Mandiri tempat Anda mendaftar Internet Banking beberapa hari setelah proses pendaftaran Anda. Pastikan Kode Anda terima dalam Amplop tertutup.


Setelah Access ID dan Access Code Anda isi, klik tombol Aktifkan. Jika Access ID dan Access Code sesuai maka Anda akan di bawa ke halaman untuk membuat user id (Maaf gak ada gambarnya, soalnya masuk ke sini hanya bisa saat account Anda belum Aktif saja ).

Di sini Anda akan di minta untuk megisi data-data sebagai berikut:

  • USER ID, Anda di wajibkan untuk membuat user ID sebanyak 6-10 digit di mana User ID harus merupakan kombinasi antara Huruf dan Angka. Nantinya USER ID dan PIN INTERNET BANKING akan anda butuhkan untuk mengakses Internet Banking. Contoh USER ID: B4B1M4T1

  • PIN INTERNET BANKING, Anda di minta untuk memasukan PIN INTERNET BANKING Anda sebanyak 6 digit dan harus berupa Angka. Nantinya USER ID dan PIN INTERNET BANKING akan anda butuhkan untuk mengakses Internet Banking. PIN INTERNET BANKING tidak boleh sama dengan ACCESS CODE. Contoh PIN INTERNET BANKING: 656439
    Catatan: Hindari menggunakan PIN INTERNET BANKING seperti 123456, 987654, 000000, 111111,222222, ... 999999 karena jika Ada orang yang mengetahui USER ID Anda, maka jika mereka iseng, maka PIN INTERNET BANKING seperti itulah yang akan mereka gunakan pertama kali untuk mencoba-coba membuka password Anda.

  • KONFIRMASI PIN INTERNET BANKING, Cukup masukan kembali PIN INTERNET BANKING Anda.

  • Lengkapi informasi standar lainnya lalu Klik tombol Aktifkan


Setelah itu, jika proses berhasil maka Anda akan diinfokan bahwa Fasilitas Internet Banking Anda telah Aktif.



Login Ke Dalam Internet Banking Bank Mandiri


Setelah fasilitas Internet Banking Anda aktif. Anda bisa kembali ke layar utama dan kemudian Anda bisa Login dengan cara mengklik tombol login (di atas tombol aktifkan di layar utama, yang berwarna kuning).


mandiri-1


Kali ini bukan klik tombol aktivasi user melainkan Login



Maka Anda akan di minta untuk melakukan login:

mandiri-3


Masukan USER ID dan PIN INTERNET BANKING Anda untuk Login


Masukan User ID dan PIN INTERNET BANKING Anda, maka setelah itu Anda akan bisa memilih menu-menu Internet Banking Anda.


mandiri-4


Menu di Internet Banking Bank Mandiri


Menu-menu yang bisa Anda gunakan jika Anda belum Aktifasi token hanya sedikit. Anda hanya bisa menggunakan informasi yang bersifat historical saja, seperti cek saldo dan cek transfer. Anda juga bisa melakukan setting Administrasi dan personalisasi, tapi untuk menu-menu transaksi, Anda memerlukan password Token.



Aktivasi Token


Jika Anda ingin melakukan transaksi dengan Token, maka setelah Anda mengisi formulir penggunaan Aplikasi Token Di cabang mandiri terdekat, dan mendapatkan Token (alatnya) maka Anda bisa mengaktifkan token di bagian Adminsitrasi. Saya sendiri tidak meggunakan Token, jadi saya tidak tau pasti penggunaannya selain dari apa yang ada di petunjuk yang ada di Bank Mandiri.


Langkahnya adalah sebagai berikut (di ambil dari tutorial resmi Internet Banking Bank Mandiri):


Di Komputer Anda:




  1. Pilih Menu “Administrasi”

  2. Pilih “Aktivasi Token PIN Mandiri”


Pada PIN TOKEN Mandiri Anda

  1. Aktifkan Token PIN Mandiri Anda dengan menekan tombol merah pada keypad

  2. Pada layar Token PIN Mandiri akan ter-display :
    PIN _ _ _ _ _ _

  3. Masukan 6 digit angka password Token PIN Mandiri Anda

  4. Pada layar akan ter-display:
    APPLI

  5. Tekan angka 2 (dua) pada keypad (Metoda APPLI 2) dan pada layar Token PIN Mandiri akan tampil 6 digit nomor PIN Mandiri


Di Komputer Anda:

  1. Masukkan 6 digit Nomor PIN Mandiri tersebut pada kolom “Masukkan PIN Mandiri Anda untuk Aktivasi ” di layar komputer Anda

  2. Tekan tombol “KIRIM”


Pada PIN TOKEN Mandiri Anda

  1. Tekan Tombol merah untuk kembali ke menu APPLI

  2. Tekan Tombol merah sekali lagi jika ingin mematikan Token PIN Mandiri Anda

  3. Proses Aktivasi Token PIN Mandiri Anda telah selesai


Ok, itu saja dari saya. Setelah ini maka fasilitas Internet Banking Bank Mandiri Anda sudah bisa di gunakan secara sepenuhnya:

Cat:

  • Access ID (16 Digit) dan Access Code (6 Digit ) adalah kode yang akan digunakan pada saat aktivasi di situs Internet Banking Mandiri.

  • Token PIN Mandiri adalah adalah alat pengaman tambahan untuk transaksi finansial di Internet Banking Mandiri

  • Tanpa Token PIN Mandiri Anda masih bisa log-on kedalam sistem Internet Banking Mandiri untuk mendapatkan Informasi Saldo dan mutasi transaksi

  • Pastikan Anda menelpon Call Mandiri 14000 (atau 021 - 5299 7777 ) sebelum membuat / meng aktifkan internet banking untuk mendapatkan informasi terupdate


8 Responses to “Bagaimana Cara Untuk Mendaftarkan Diri Anda di Internet Banking Mandiri?”

  1. Rivai says:

    Wow! Keren situsnya, keknya BCA bakalan gak mau kalah nih sama desain situsnya mandiri,kita tunggu aja ;p
    Jadi berminat nih buka tabungan mandiri :D

  2. admin says:

    Wkekeke, ternyata belum pake mandiri toh, wah gw jadi sponsornya mandiri donk!!! Padahal gw gak di bayar :(

    hehhehe

  3. arief says:

    siiiip informasinya , than’ks yach

  4. dan's says:

    salam kenal bos…mau tanya, dulu waktu mau aktivasi token pernah mengalami masalah ga? soalnya saya kemarin dari tanggal 20-11-2009 belum bisa langsung diotorisasi penggunaan tokennya. CS nya bilang karena ad gangguan sitem. terus tgl 23 sy k mandiri lg & tetep masih belum diotorisasi dengan alasan yang sama. makasih informasi & sharingnya

  5. saya sendiri si pk e-banking hnya utk ck cek history aj, gak utk trnsksi, gk pke token jadina

    tpi pnglaman tmn saya pAS Aktifasi gk ad mslh tuh

    thank

  6. sigeledek says:

    jah gw dikerjain nih ma mandiri..bolakbalik mulu..
    mana hari libur pula. token abis. sampe sekarang masih blm daftar2..aarrgghh

  7. wakakak, sabar gan, mending telp dulu aja gan sblm bulak balik.

    He he he


2 komentar:

prayogo.net mengatakan...

wow mantab panjang lebar. Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia apapun keinginan anda, Mandiri saja deh.

Johan Firdaus mengatakan...

He he he, kayaknya puas banget nih sama bank mandiri :D